Abstrak Karya Ilmiah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Abstrak? Mungkin anda pernah mendengar kata Abstrak? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, fungsi, manfaat, karakteristik, struktur, jenis, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan. 

Abstrak Karya Ilmiah

Pengertian Abstrak

Abstrak merupakan suatu ringkasan isi dari suatu karya tulis ilmiah yang berupa penyajian singkat mengenai isi tulisan sehingga pada tulisan, ia menjadi bagian tersendiri. yang berfungsi sebagai alat bantu seorang pembaca agar bisa  mengerti inti dari tujuan seorang penulis. Biasanya terdapat pada bagian awal tulisan untuk menjelaskan secara singkat tentang isi dari karya tulis tersebut.


Ciri Abstrak

Berikut adalah ciri-ciri Abtsrak antara lain yaitu sebagi berikut:

  • Biasanya dalam karya ilmiah abstrak menggunakan satu atau beberapa paragrap yang baik, merupakan satu kesatuan (unified), koheren, concise dan dapat berdiri sendiri (able to stand alone).
  • Adanya transisi secara logika diantara informasi yang diberikan
  • Tidak menambahkan informasi baru, hanya meringkas laporan/tulisan
  • Dapat dimengerti oleh banyak pembaca
  • Terdapat beberapa paragraf yang merupakan satu kesatuan, yang dapat berdiri sendiri.
  • Mengikuti kronologis dari tulisan pembahasan.
  • Adanya transisi secara logika, antara informasi yang di sampaikan.

Fungsi Abstrak

Berikut adalah fungsi abstrak antara lain sebagai berikut:


1. Komponen Utama Laporan Hasil Penelitian

Komponen utama dalam laporan hasil penelitian disebut abstrak. Dengan adanya abstrak maka pembaca dapat mengetahui apa inti atau hasil dari suatu laporan penelitian.


2. Gambaran Umum Tentang Isi Laporan Penelitian

Biasanya didalam abstrak suatu penelitian menjelaskan gambaran umum tentang isi laporan penelitian yang dibuat oleh penulisnya. Dengan begitu, maka laporan penelitian tersebut akan lebih mudah untuk dipelajari.


3. Bahan Pertimbangan Bagi Pembaca

Abstrak juga membantu pembaca untuk mempertimbangkan apakah akan membaca keseluruhan isi suatu laporan penelitian atau tidak. Dengan membaca abstrak maka pembaca mengerti bahwa isi tulisan tersebut sesuai atau tidak dengan apa yang dicarinya.


Manfaat Abstrak

Berikut adalah beberapa manfaat abstrak diantaranya yakni:


  1. Supaya dapat menghemat waktu dalam pembacaan dokumen aslinya
  2. Supaya dapat memperbanyak jumlah bacaan yang dapat dibaca dalam jangka waktu yang bersamaan
  3. Supaya dapat mempermudah dalam seleksi bacaan sebab dengan membaca judul-judul saja , pembaca belum diketahui jelas seluruh isi dalam karangan
  4. Supaya dapat membantu menghilangkan kesulitan bahasa didalam membaca karangan aslinya
  5. Supaya dapat membantu mencari literature sebab banyak karangan yang tidak diterbitkan
  6. Supaya dapat meningkatkan efisiensi pembuatan indeks
  7. Supaya dapat membantu dalam pembuatan tinjauan pustaka.
Baca Lainnya :  Struktur Modal

Karakteristik Abstrak

Adapun dibawah ini merupakan karakteristik abstrak yakni:

  1. Abstrak disajikan secara singkat, terdiri atas 200 s.d. 300 kata atau sekitar 7 s.d. 10 paragraf dan diletakkan sebelum daftar isi.
  2. Abstrak tidak memuat latar belakang, contoh, penjelasan berupa alat, cara kerja, dan proses yang sudah dikenal atau lazim.
  3. Abstrak hanya memuat metode kerja dari pengumpulan data sampai penyimpulan dan data yang sudah diolah.
  4. Dalam penyusunan abstrak, perlu diperhatikan ketelitian penyajian sumber informasi asli secara cermat, mudah dipahami, dan menggunakan kata atau istilah yang sama dengan tulisan aslinya.
  5. Pengetikan berspasi satu, menggunakan tipe tulisan standar times new roman atau arial, dengan ukuran tulisan 12 pt.
  6. Panjang abstrak terdiri atas satu paragraf
  7. Berketelitian tinggi : (1) menggunakan sumber dokumen asli secara cermat, mudah dipahami (2) menggunakan kata atau istilah yang sama dengan dokumen aslinya.
  8. Bentuk tulisan: (1) informatif kualitatif atau kuantitatif bergantung pada naskah asli, (2) deskriptif, analisis, induktif, atau deduktif, bergantung pada  naskah asli.
  9. Struktur abstrak harus terdiri dari:
  • Judul laporan
  • Nama asli penulis laporan(dokumen), dan nama lembaga
  • Kata ABSTRAK dalam huruf kapital disertai nama lembaga penulis atau alamat email
  • Tujuan atau masalah
  • Cara kerja, proses atau metode kerja
  • Hasil kerja dan validitas hasil
  • Kesimpulan
  • Inisial penulis abstrak, dalam bentuk singkatan nama

Struktur Penulisan Abstrak

Berikut adalah struktur penulisan abstrak antara lain sebagai berikut:

  • Judul penelitian diketik dengan menggunakan capital font dan size 14, positin center text dan di buat dengan Bold
  • Jika ada sub judul maka sama dengan judul hanya saja size di ubah menjadi 12
  • Nama Peneliti ditulis tanpa menggunakan gelar hanya saja di beri nomor urut dengan superscript posisi center dengan font size 12 dan cetak Bold
  • Nama jurusan/ program studi peneliti dan alamat institusi posisi center dengan font size 12 dan cetak Bold
  • Email ketua peneliti saja yang di cantumkan posisi center dengan font size 12
  • Judul bagian “ABSTRAK” ditulis dengan huruf besar posisi center dengan cetak tebal atau bold
  • Isi abstrak ditulis dengan posisi rata kanan kiri dengan jumlah kata maksimal 250 kata dengan menggunakan font size 12
  • Kata kunci dibuat dengan rata kanan-kiri.

Jenis-Jenis Abstrak

Berikut adalah jenis-jenis abstrak antara lain sebagai berikut:


1. Abstrak Informatif

Abstrak informatif merupakan jenis abstrak yang menyajikan informasi dan data secara lengkap sehingga pembaca tidak harus membaca tulisan aslinya, kecuali bila ingin menggalinya lebih dalam.

Baca Lainnya :  Manajemen Strategi

Abstrak informatif ini dapat menyajikan suatu hasil dan prinsip-prinsip dari hasil kerja (tujuan, metode) kesimpulan dari sebuah artikel asli secara jelas untuk dapat diorientasikan para pembaca yang tidak dapat mengakses dokumen aslinya.


2. Abstrak Indikatif

Abstrak Indikatif merupakan jenis abstrak yang menguraikan secara ringkas dan padat tentang masalah yang terdapat pada suatu karya tulisan atau laporan lengkapnya.

Adapun tujuan dari abstrak ini adalah untuk menjelaskan isi informasi asli secara singkat, padat, dan hanya menyampaikan indikasi sasaran cakupan tulisan.


3. Abstrak Kritis (Critical Abstract)

Abstrak kritis merupakan sebuah absrtak yang menggambarkan temuan dan informasi utama, penilaian atau komentar tentang validitas, reliabilitas, atau kelengkapan studi. Peneliti mengevaluasi makalah dan sering membandingkannya dengan karya lain pada subjek yang sama.

Abstrak kritis umumnya memiliki panjang 400 sampai dengan 500 kata karena komentar interpretatif tambahan. Jenis abstrak ini jarang digunakan.


4. Abstrak Deskriptif (Descriptive Abstract)

Abstrak deskriptif merupakan sebuah abstrak yang menunjukkan jenis informasi yang ditemukan dalam suatu karya tulis. Abstrak ini tidak membuat penilaian tentang pekerjaan, juga tidak memberikan hasil atau kesimpulan penelitian. Itu memasukkan kata-kata kunci yang ditemukan dalam teks dan mungkin termasuk tujuan, metode, dan ruang lingkup penelitian.

Intinya, abstrak deskriptif hanya menggambarkan penelitian yang dirangkum. Beberapa peneliti menganggapnya sebagai garis besar pekerjaan, bukan ringkasan. Abstrak deskriptif biasanya sangat pendek, 100 kata atau kurang.


Contoh Abstrak


1. Contoh Abstrak

Pariwisata memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian di wilayah terutama di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Wilayah Malang Raya yang terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu memiliki banyak destinasi wisata. Namun, sebagian besar destinasi wisatanya belum diketahui oleh wisatawan asing sehingga mengakibatkan sektor pariwisata kurang berkontribusi dalam perekonomian wilayah Malang Raya.

Sosialisasi yang kurang serta informasi yang dangkal terkait wisata di wilayah Malang Raya menjadi penyebab dalam masalah ini. Hadirnya media internet menjadi perantara informasi yang mudah diakses dan juga praktis penggunaannya sehingga membantu penggunanya untuk menggali informasi terkait wisata yang ada di wilayah Malang Raya secara detail dan terperinci.

Oleh karena itu, pembuatan aplikasi berbasis android yang dinamakan TtM (Trip to Malang) dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi masalah ini. Pembuatan aplikasi ini berbasis pemrograman android yang terdiri dari bahasa XML dan JAVA. XML berfungsi untuk mendesain layout sedangkan JAVA berfungsi untuk pemrosesan. Semua proses di dalam aplikasi android diambil alih sepenuhnya oleh bahasa pemrograman JAVA. JAVA adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang bersifat case sensitive, artinya huruf besar dan huruf kecil dibedakan.

Baca Lainnya :  Pelayanan Adalah

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur seperti rute menuju lokasi, info mengenai titik-titik rawan, dan info lain mengenai destinasi wisata yang akan dituju. Aplikasi ini juga di desain sedemikian rupa sehingga menarik saat dilihat dan mudah diakses untuk berbagai kalangan usia. Bahasa tampilan yang digunakan dalam aplikasi ini tentunya bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris agar wisatawan asing memahami setiap informasi yang didapat serta Bahasa Indonesia sebagai bahasa induk Negara Indonesia.

Hasil dari pembuatan aplikasi ini dapat membantu pengguna aplikasi dalam berwisata yang aman dan nyaman, serta memperkenalkan pariwisata yang ada di wilayah Malang Raya secara Internasional.

Kata Kunci : Wilayah Malang Raya, wisata, android, Sistem Informasi


2. Contoh Abstrak

Tingginya tingkat pengangguran di Indonesia menyebabkan pengangguran terus menjadi fokus pemerintah hingga saat ini. Data terakhir pada Februari 2016 menujukkan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,02 juta orang.

Salah satu jenis pengangguran, yaitu pengangguran friksional, terjadi akibat ketidaksesuaian antara keterampilan yang dimiliki oleh angkatan kerja dengan kebutuhan penyedia kerja. Walaupun demikian, keterampilan yang dimiliki oleh pengangguran friksional tersebut sebenarnya masih dibutuhkan oleh pihak-pihak tertentu.

Akan tetapi, belum ada sarana yang dapat mempertemukan antara keduanya. Selain itu, keterampilan yang dimiliki oleh angkatan kerja ini merupakan sebuah potensi yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan lapangan kerja baru secara mandiri dan mendukung tumbuhnya perekonomian dengan peningkatan partisipasi kerja.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah sarana yang mampu mewadahi keterampilan yang dimiliki oleh pengangguran friksional sehingga dapat menawarkan keterampilannya dalam bentuk jasa kepada pihak yang membutuhkan.

Essay ini akan membahas mengenai platform ekonomi Ladang-Jasa yang merupakan sebuah sarana untuk menampung keterampilan serta potensi-potensi lainnya yang dimiliki oleh pengangguran friksional. Dengan konsep pasar digital dan outsourcing tenaga kerja, platform Ladang-Jasa ini memberikan ruang bagi para penganggur friksional untuk dapat menawarkan keterampilannya dalam bentuk jasa bagi pihak yang membutuhkan. Melalui platform ini, pengangguran friksional hanya perlu menyediakan keterampilan dan modal tetap pendukung untuk dapat memulai pekerjaanya.

Selebihnya, modal lancar akan dipenuhi oleh pihak yang membutuhkan jasa keterampilan sesuai dengan kebutuhan jasanya melalui mekanisme perjanjian tertentu maupun uang muka. Platform Ladang-Jasa diharapkan mampu mendukung peningkatan penghasilan pengangguran friksional yang berdampak pada peningkatan PDB daerah serta nasional dalam jangka pendek dan penyediaan modal usaha bagi pengangguran friksional tersebut dalam jangka panjang.

Kata kunci: platform, jasa, keterampilan, pengangguran, friksional.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Abstrak Karya Ilmiah:Pengertian, Ciri, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Struktur, Jenis, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi