Androphobia adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Androphobia?Mungkin anda pernah mendengar kata Androphobia? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, penyebab, cara mengatasi. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Androphobia adalah

Pengertian Androphobia

Androphobia merupakan suatu bentuk rasa takut berlebihan terhadap laki-laki hal ini terjadi biasanya disebabkan oleh peristiwa traumatis, seperti pernah mendapat pelecehan seksual atau verbal atau pernah menjadi korban pemerkosaan. Apabila phobia ini dibiarkan akan memiliki dampak buruk terhadap kehidupan seseorang kemungkinan seorang perempuan tersebut memilih untuk melajang dari pada menikah.


Ciri-Ciri Androphobia

Berikut adalah beberapa ciri-ciri androphobia diantaranya yakni:


  • Memiliki rasa takut terhadap laki-laki
  • Merasa panik apabila bertemu dengan laki-laki terlebih laki-laki asing yang tak dikenalnya
  • Muncunya sebuah perasaan seperti diteror
  • Merasa cemas serta sering menghindari hal-hal tertentu yang berhubungan dengan laki-laki.
  • Panik saat melihat pria semakin dekat dengannya
  • Mual, pusing, atau pingsan saat didekati pria
  • Jantung deg-degan, sesak dada, dan sesak napas saat melihat pria
  • Gampang keringatan saat menyadari ada pria di sekitarnya
  • Tidak berhasrat untuk memikirkan pria
  • Malas ke kantor atau sekolah karena ada banyak pria
  • Benar-benar menghindari situasi dengan laki-laki

Penyebab Androphobia

Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya androphobia diantaranya yakni:


  1. Adanya pengalaman negatif dengan pria di masa lalu, seperti pemerkosaan, kekerasan fisik, atau pelecehan seksual.
  2. Pernah melihat kondisi traumatis laki-laki bersikap buruk pada wanita
  3. Kelainan fungsi otak
  4. Mengalami kejadian traumatis yang melibatkan fitur atau ciri laki-laki
  5. Akibat mendengar cerita mengenai keburukan pria, bahkan dari orang asing sekalipun
Baca Lainnya :  Ambigu adalah

Cara Mengatasi Androphobia

Berikut adalah beberapa cara mengatasi androphobia antara lain sebagai berikut:


1. Cari Tahu Akar Masalah

Trauma terhadap laki laki ini bisa diatasi jika wanita mengetahui penyebabnya. Psikolog terlatih bisa membantu mengatasi rasa takutnya dan membuat androphobia hidup normal tanpa rasa takut. Obat-obatan biasanya akan diresepkan oleh psikiater untuk mengatasi rasa takut yang mendalam.


2. Cobalah Melakukan Hypnosis

Terapi hipnotis bisa sangat sukses dalam pengobatan fobia dan dapat digunakan oleh diri sendiri untuk mengatasi ketakutannya.


3. Melakukan Kontak dengan Bertahap

Melakukan kontak dengan laki-laki secara bertahap. Hal ini biasanya memerlukan bantuan dari psikolog, wanita akan secara bertahap mulai kontak dengan laki-laki dalam situasi yang tidak mengancam hingga nantinya durasi kontak tersebut akan meningkat. Latihan metode pernapasan dan berbicara sendiri (self-talk). Berbagai teknik mengenai pernapasan dan bicara sendiri (memotivasi diri sendiri) bisa membantu mengurangi kecemasan yang terkait dengan objek dari trauma terhadap laki laki.


4. Alihkan Pikiran

Berusaha sekuat tenaga untuk menghilangkan pikiran yang berhubungan dengan perasaan trauma terhadap laki laki, mungkin wanita yang trauma terhadap laki laki terhadap laki laki dapat mengalihkan pikiran pada hal yang lain seperti mencari kesibukan jangan hanya berdiam diri karena hal tersebut akan membuat wanita yang trauma terhadap laki laki selalu teringat akan peristiwa trauma, melakukan hobi akan membuat wanita yang trauma terhadap laki laki lupa akan peristiwa trauma, juga refreshing atau rekreasi, dan aktivitas lainnya.


5. Selalu berpikir positif

Hilangkan perasaan khawatir dan was was dalam diri wanita yang trauma terhadap laki laki terhadap laki laki dan coba untuk selalu berpikir positif. Hal ini akan membuat wanita yang trauma terhadap laki laki lebih nyaman dan rileks dan juga dapat menghilangkan trauma terhadap laki laki.

Baca Lainnya :  Novel Adalah

6. Berdoa

Berdoa memang memberikan efek yang sangat baik sekali bagi kesehatan jiwa wanita. Dengan berdoa maka akan merasa tenang dan percaya diri.


7. Akui Perasaan Bahwa Wanita Butuh Laki Laki

Mungkin selama ini Wanita yang trauma terhadap laki laki terhadap laki laki memendam rasa tersebut dari masa lalu. Di hadapan orang lain, Wanita yang trauma terhadap laki laki berusaha tampil baik-baik saja. Tapi, ketika Wanita yang trauma terhadap laki laki sudah memiliki gejala seperti susah tidur, gangguan makan, kecanduan, dll, inilah saatnya Wanita yang trauma terhadap laki laki benar-benar mendengarkan suara batin.


8. Relaksasi

Relaksasi dikembangkan dari tehnologi brainwave  atau gelombang otak yang berguna untuk meningkatkan kualitas hidup gangguan psikologis. Terapi ini bekerja dengan mengakses pikiran bawah sadar dan melakukan pemprograman dengan skrip visualisasi yang telah disesuaikan, dan akan membawa Wanita yang trauma terhadap laki laki terhadap laki laki ke tempat dan waktu di mana peristiwa menyedihkan terjadi. Mengatasi memori lama ini secara sadar dan akan membuat Wanita yang trauma terhadap laki laki terhadap laki laki untuk lebih memahami kejadian tersebut serta mulai melihatnya dengan cara yang tidak lagi mengancam. Bila ini tercapai, maka Trauma terhadap laki laki akan hilang.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Androphobia adalah: Pengertian, Ciri, Penyebab, Cara Mengatasi
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya