Aqidah adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Aqidah?Mungkin anda pernah mendengar kata Aqidah? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, tujuan, manfaat, macam, ruang lingkup, prinsip. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Aqidah adalah

Pengertian Aqidah

Aqidah merupakan suatu keyakinan yang pasti tanpa adanya sedikit keraguan sedikit pun kepada dasar-dasar ajaran islam yang diberikan oleh ayat-ayat alquran dan hadist nabi. Serta suatu pengetahuan dalam memahami perkara-perkara yang berkaitan keyakinan terhadap Allah swt dan sifat-sifat kesempurnaanNya. Aqidah dapat disimpulkan suatu keyakinan seyakin yakin nya dan mengikuti segala ajaran yang telah di sampaikan oleh Nabi Muhammad SAW Sebagai suri tauladan baik melalui Akhlak.  dan aqidah islam beristilah keyakinan teguh yg tidak tercampur keraguan dengan sesuatu apapun.


Fungsi Aqidah

Berikut adalah beberapa fungsi aqidah diantaranya yakni:


  • Sebagai pondasi untuk mendirikan bangunan Islam.
  • Termasuk dalam akhlak yang mulia. Apabila seseorang memiliki aqidah yang kuat pasti akan melaksanakan ibadah dengan tertib, memiliki akhlak yang mulia, dan bermu’amalat dengan baik.
  • Semua ibadah yang kita laksanakan jika tanpa ada landasan aqidah maka ibadah kita tersebut tidak akan diterima.
  • Aqidah dapat menuntun kita kepada kebaikan.

Tujuan Mempelajari Aqidah

Adapun tujuan mempelajari aqidah diantaranya yaitu:


  1. Untuk meningkatkan ibadah kepada Allah Swt.
  2. Dapat menentramkan jiwa, akal dan pikiran dari kekacauan yang timbul dari kosongnya hati dari akidah.
  3. Untuk meningkatkan amal baik karena apabila seseorang mengimani aqidah maka ia akan percaya pada kebangkitan serta balasan terhadap seluruh perbuatan dan dapat menghindari perbuatan dosa.
  4. Meluruskan tujuan dan perbuatan dari penyelewengan dalam beribadah kepada Allah dan bermuamalah dengan orang lain.
Baca Lainnya :  Etika Profesi adalah

Manfaat Aqidah

Adapun manfaat mempelajari aqidah diantaranya sebagai berikut:


  1. Meningkatkan keimanan kepada Allah, dengan akidah yang baik maka kita akan senantiasa beribadah dengan ikhlas hanya karena mengharap ridha Allah.
  2. Memperbanyak amalan baik, karena tujuan akidah adalah menghindarkan diri dari perbuatan yang tidak benar atau sesat. Kita akan ingat selalu ingat bahwa apa yang kita kerjakan akan dibalas nanti di akhirat.
    Menegakkan agama, dengan semakin kuatnya akidah dalam diri seseorang maka akan memperkuat hatinya dalam menjalankan islam.
  3. Mendapatkan petunjuk yang benar dengan mempelajari aqidah kita dapat menemukan jalan atau petunjuk yang benar, karena sebaik baiknya petunjuk kebenaran adalah al quran.
  4. Mendapatkan ketenangan hidup karna orang yang beriman dan menyakini aqidah hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah.
  5. Tidak mudah terpengaruh dengan dunia yang sifatnya sebentar,yang kekal adalah akherat.
  6. Mendapat jaminan surga jika akidahnya tak tercampur dengan syirik dan selamat dari kekalnya Neraka.
  7. Selamat dari pengaruh kepercayaan yang akan membawa kerusakan dan jauh dari kebenaran.

Macam-Macam Aqidah

Berikut adalah macam-macam aqidah menurut ulama diantaranya sebagai berikut:


  1. Tauhid Al-Uluhiyyah, (al-Fatihah ayat 4 dan an-Nas ayat 3)
    mengesakan Allah dalam ibadah, yakni beribadah hanya kepada Allah dan karenaNya semata.
  2. Tauhid Ar-Rububiyyah, (al-Fatihah ayat 2, dan an-Nas ayat 1) mengesakan Allah dalam perbuatanNya, yakni mengimani dan meyakini bahwa hanya Allah yang mencipta, menguasai dan mengatur alam semesta ini.
  3. Tauhid Al-Asma’ was-Sifat, mengesakan Allah dalam asma dan sifatNya, artinya mengimani bahwa tidak ada makhluk yang serupa dengan Allah, dalam dzat, asma maupun sifat.

Ruang Lingkup Aqidah

Adapun beberapa ruang lingkup aqidah diantaranya yakni:


  1. Ilahiyat merupakan suatu pembahasan hal yang berkenaan dengan masalah ketuhanan, khususnya membahas mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan ilah (Tuhan, Allah), seperti wujud Allah, nama-nama dan sifat-sifat Allah, perbuatan-perbuatan (af’al) Allah dan sebagainya.
  2. Nubuwwat merupakan suatu pembahasan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan nabi dan Rasul, termasuk pembicaraan mengenai kitab-kitab Allah, mukjizat, karamat dan sebagainya.
  3. Ruhaniyat merupakan suatu pembahasan hal yang berkenaan dengan mahluk gaib. Misalnya malaikat, iblis, dan jin.
  4. Sam’iyyat merupakan suatu pembahasan hal yang berkenaan dengan alam gaib. Misalnya surga, neraka, alam kubur, dan lainnya.
Baca Lainnya :  Gotong Royong

Prinsip Aqidah

Berikut adalah beberapa prinsip aqidah diantaranya yakni:


  1. Taat Kepada Allah Swt dengan melakukan ketaataan artinya berprinsip menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Ketaatan berarti menjalankan perintah dan menjauhi larangan. Jadi tidak cukup menjadi seorang muwahhid (meyakini Allah itu diesakan dalam ibadah) tanpa ada amal.
  2. Berlepas diri dari syirik dan pelaku syirik artinya apabila seseorang menyakini aqidah islam prinsip seorang muslim adalah ia meyakini batilnya kesyirikan dan ia pun mengkafirkan orang-orang musyrik. Seorang muslim harus membenci dan memusuhi mereka karena Allah. Karena prinsip seorang muslim adalah mencintai apa dan siapa yang Allah cintai dan membenci apa dan siapa yang Allah benci.
  3. Berserah dir pada allah swt dengan bertauhid artinya seseorang yang meyakini aqidah islam harus beribadah murni kepada Allah semata, tidak pada yang lainnya.
  4. Aqidah Islam pada dasarnya tidak berbeda dengan aqidah yang diajarkan oleh para Nabi terdahulu sebagaimana nabi dan Rasul bertugas menyampaikan ajaran-ajaran Allah, oleh karena sumber ajaran yang dibawakan oleh para nabi dan rasul itu adalah satu, yaitu berasal dari Allah, maka isi ajaran yang diajarkan sejak nabi Adam hingga Nabi Muhammad adalah sama, yaitu Islam. Sehingga di antara mereka tidak ada perbedaan dalam mengajarkan aqidah kepada ummatnya.

Contoh Aqidah Islam

Berikut beberapa contoh aqidah Islam, diantaranya yaitu:

  • Beriman kepada Allah dan sifat-sifatnya dengan cara menerima dan meyakini sesuai dengan apa yang tertulis dalam Al-Quran dan As-Sunah (hadits).
  • Melakukan 6rukun iman dalam kehidupan sesuai dengan ajaran Islam dengan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.
  • Saling menghormati dan menyayangi sesama anggota keluarga dan masyarakat sesuai ajaran Islam.
  • Tidak menerima fatwa, kecuali berdasarkan Al-Quran dan Sunnah yang tsabit (kokoh).
  • Saling menghargai satu sama lain sehingga tercipta suatu masyarakat yang tentram dan harmonis.
Baca Lainnya :  Pantun dan Syair

Demikian Penjelasan Materi Tentang Aqidah adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Macam, Ruang Lingkup, Prinsip
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya