Asam Urat

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Asam Urat? Mungkin anda pernah mendengar kata Asam Urat? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, faktor, cara mencegah, dan mengobatinya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Asam Urat

Pengertian Asam Urat

Asam Urat merupakan suatu penyakit sendi dimana kondisi penderitanya dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Biasanya terjadi usia 30 ke atas dimana kondisi yang sangat rentan. Meskipun umumnya terbentuk di sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih.


Ciri-Ciri Asam Urat

Berikut adalah beberapa ciri-ciri asam urat antara lain yakni:


  • Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, tetapi kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.
  • Kesemutan dan linu di persendian.
  • Bengkak pada persendian.
  • Kemerahan pada persendian.
  • Panas pada persendian.
  • Pada cuaca dingin rasa nyeri semakin hebat.
  • Biasanya rasa sakit ini berlangsung sekitar 3-10 hari.
  • Kesulitan untuk berjalan akibar sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  • Bila dipegang akan terasa sakit seperti ada benjolan,terkadang membuat penderitanya demam ,lesu pada malam hari terasa badan kedinginan.
  • Rasa sakit atau nyeri makin terasa sakit dapat disertai rasa panas jika digerakkan.
Baca Lainnya :  Seminar Pendidikan

Faktor Penyebab Asam Urat

Adapun beberapa faktor penyebab asam urat diantaranya sebagai berikut:


  1. Memiliki keluarga yang juga menderita penyakit asam urat.
  2. Baru saja mengalami cedera atau menjalani operasi.
  3. Mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.
  4. Menggunakan obat, seperti diuretik, aspirin, ciclosporin, dan beberapa obat kemoterapi.
  5. Memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.
  6. Makanan yang berzat purin tinggi yang dikonsumsi, seperti jeroan hewan, hidangan laut ,dan daging merah
  7. Banyak mengonsumsi minuman dengan gula tinggi dan minuman beralkohol
  8. Menggunakan obat-obatan dengan jenis tertentu, seperti aspirin, obat penghambat enzim, sislosporin, dan obat-obatan kemoterapi
  9. Baru saja mengalami cedera atau pembedahan.

Cara Mencegah Asam Urat

Berikut adalah beberapa cara mencegah penyakit asam urat diantaranya yakni:


1. Hindari makanan manis

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula juga bisa menjadi penyebab potensial asam urat. Menurut para ahli, jenis gula yang dapat menyebabkan tinginya risiko asam urat adalah fruktosa. Jenis gula ini sering ditemukan dalam makanan olahan dan minuman kemasan. Fruktosa diserap lebih cepat oleh tubuh daripada gula dari makanan yang mengandung gula alami. Hal ini dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan jumlah asam urat yang lebih tinggi.


2. Perbanyak Minum Air Putih

Sebagai langkah pencegahan agar asam urat tidak kembali kambuh, Anda disarankan untuk banyak minum air putih sebanyak 2 hingga 4 liter per harinya. Pasalnya, minum banyak air membantu ginjal membuang asam urat lebih cepat.


3. Hindari Minum Alkohol

Alkohol dapat membuat anda lebih dehidrasi yang juga memicu kadar asam urat tinggi. Hal ini terjadi karena ginjal harus terlebih dahulu menyaring alkohol yang masuk dalam darah daripada asam urat dan limbah lainnya. Beberapa jenis minuman beralkohol seperti bir juga mengandung banyak purin.

Baca Lainnya :  Jaringan Komputer

4. Pertahankan berat badan ideal

Kenaikan berat badan dapat meningkatkan kadar asam urat karena sel-sel lemak menghasilkan lebih banyak asam urat daripada sel otot. Selain itu, berat badan berlebihan dapat mempersulit ginjal untuk menyaring asam urat. 5. Kurangi stres Stres dapat meningkatkan peradangan. Peradangan dapat memicu tingkat asam urat yang tinggi. Melakukan teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga dapat membantu menguragi tingkat stres.


5. Berolahraga rutin

Senam ringan menjaga agar sendi kamu fleksibel dan mudah bergerak untuk mengurangi kekakuan. Hal ini tentunya menjadi salah satu olahraga yang aman untuk penderita asam urat. Latihan senam yang baik untuk kaki adalah dengan memutar pergelangan kaki dalam gerakan melingkar.dapat membuat Anda menjaga berat badan tetap ideal. Semakin bertambah berat badan Anda akibat malas bergerak, maka semakin sering serangan asam urat yang dapat Anda alami di kemudian hari.


Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami

Berikut adalah beberapa cara mengobati asam urat dengan bahan alami diantaranya sebagai berikut:


1. Buah-buahan berry

Sejak lama buah-buahan berry seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry dikenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Penelitian dari University of Maryland menemukan bahwa buah-buahan berry adalah pilihan tepat obat asam urat alami. Kandungan anthocyanins di dalamnya dapat mengurangi peradangan.


2. Air Lemon

Cara mengobati asam urat secara alami pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan rajin mengonsumsi air lemon. Pada lemon, mengandung asam sitrat yang mampu mengusir asam urat di tubuh. Sebagai penyedia vitamin C yang tinggi, air lemon bisa membantu meredakan sakit akibat asam urat. Selain itu, lemon juga membantu menyediakan kalium. Kalium ini digunakan untuk menjaga fungsi ginjal dan membantu menjaga kadar pH darah dan urin sedikit basa. Nah, dengan seimbangnya fungsi ginjal dan kadar pH ini dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat. Kamu bisa mengonsumsi air lemon setidaknya dua kali dalam sehari. Cara membuatnya, peras setengah buah lemon dan campur dengan air hangat. Kemudian minumlah di pagi hari.

Baca Lainnya :  Pengertian Vaksin

3. Air Rebusan Jahe

Selain air lemon, kamu juga bisa mencoba konsumsi air rebusan jahe untuk meredakan asam urat. Disini jahe berperan sebagai zat anti peradangan yang bisa mencegah terjadinya pembentukan kristal dan meredakan gejala asam urat. Pasalnya jahe mengandung berbagai senyawa antiinflamasi. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa merebus jahe dengan air. Minumlah air rebusan jahe alami setiap pagi untuk mengobati asam urat secara alami.


4. Makanan berserat

Selanjutnya ada makanan berserat untuk membantu mengurangi asam urat. Makanan dengan serat tinggi bisa menyerap asam urat dari aliran darah, kemudian membuang kelebihan limbahnya lewat pencernaan dan ginjal. Pilihan yang baik adalah oat, timun, wortel, brokoli, atau buah pear yang bisa Anda masukkan dalam daftar menu sehari-hari.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Asam Urat:Pengertian, Ciri, Faktor, Cara Mencegah, Dan Mengobatinya 
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi semuanya.