Blog Adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Blog? Mungkin anda pernah mendengar kata Blog? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, pengertian menurut para ahli, sejarah, ciri, keuntungan, kekurangan, cara, perbedaan, jenis, tampilan, istilah, tujuan dan manfaat. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Blog Adalah

Pengertian Blog

Blog adalah kependekan dari Web dan Log, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger (1997). Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok Website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu dan berisi link-link ke Website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Blog merupakan situs Web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbarui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi. Web ini mampu memuat tulisan- tulisan, gambar atau sering dikenal dengan istilah posting. Posting di blog artinya kita mengisi blog kita dengan tulisan ataupun gambar yang bersifat informasi, hiburan, penawaran bisnis, iklan, dan banyak lagi. Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.


Pengertian Blog Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian blog menurut para ahli yaitu:

1. Menurut Harvard University

Weblog adalah hiraki, teks, gambar, objek, media dan data yang tersusun secara kronologis dan dapat dilihat dalam browser HTML.


2. Menurut Wikipedia

Blog adalah sebuah situs yang itemnya diposkan secara berkala dan ditampilkan dalam kronologis  urutan kronologis mundur.


3. Menurut Marketingterms Dictionary

Blog adalah sebuah publikasi kronologis yang menyebarkan mengenai pikiran seseorang dan dalam bentuk Link Web.


Sejarah Munculnya Blog

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen (1993). Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian (1994) Justin Hall memulai Website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga (1998), jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan Website, HTML, dan Web Hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri. Weblog di populerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Lab yang kemudian diambil oleh om Google (2002). Semenjak itu banyak terdapat aplikasi – aplikasi yang diperuntukkan terhadap perkembangan para penulis blog.


Ciri-ciri Blog

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri blog yaitu:

  1. Memiliki nama dan alamat yang bisa diakses secara online
  2. Memiliki tujuan
  3. Memiliki isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
  4. Postingan atau isi Blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan, dan tahun postingan)
  5. Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan Blog

Keuntungan dan Kekurangan dari Aplikasi Blog

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kekurangan dari aplikasi blog yaitu:

1. Keuntungan blog

  1. Melalui Weblog, kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
  2. Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting Blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung Blog yang tak terbatas. Beda dengan Email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung Blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting Blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di Blog tersebut.
  3. Weblog bisa dijadikan media publikasi, media iklan, penawaran bisnis perusahaan, catatan harian dll. Sebagian besar Blog dipelihara oleh seorang penulis, namun ada juga yang dikerjakan oleh sebuah tim.

2. Kekurangan blog

  • Rentan terkena virus
  • Hacker atau Spywere
  • Mudah disalahgunakan fungsinya
  • Tulisan yang ada didalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan

 Cara Pembuatan Blog/Blogspot atau Weblog

Sebelum anda membuat Blog, terlebih dahulu anda harus mempunyai alamat E-mail. Baik dari gmail.com ataupun yahoo.com. Mengenai kata Email ini mungkin sudah tidak asing lagi terdengar, akan tetapi tidak sedikit pula orang yang belum tahu cara pembuatan Email bahkan mungkin ada orang yang belum tahu apa itu Email. Untuk itu, kami memaparkan terlebih dahulu mengenai cara pembuatan Email lewat gmail.com.

  1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
  2. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan atas, ubah ke bahasa indonesiaagar lebih mudah dipahami. Silahkan langsung login dengan menggunakan username serta password gmail anda (akun email anda bisa untuk Login ke Blogger).
  3. Klik tombol bertuliskan BLOG BARU.
  4. Isilah nama judul Blog serta alamat Blog yang diinginkan. Ingat dalam membuat alamat Blog harus benar-benar serius karena itu permanen tidak dapat digantikan lagi (kecuali nanti ganti dengan custom domain). Jika alamat yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan , masukan kembali alamat lain yang masih tersedia. Jika alamat Blog yang tersedia, silahkan klik anak panah bertuliskan BLOG BARU.
  5. Silahkan pilih template yang anda sukai (template ini nanti bisa diubah lagikapan saja anda mau), kemudian klik BUAT BLOG.
  6. Silahkan lanjutkan dengan klik tombol MULAI BLOGGING.
  7. Setelah masuk post Editor, silahkan isi apa saja (disarankan untuk langsung posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik Blogger, dan Blog anda akan diLock). Contoh : Hello World. Klik tombol pratinjau untuk melihat tampilan yang yang nanti akan muncul diblog, klik tombol TERBITKAN ENTRI jika posting anda mau dipublikasikan ke Public.

Perbedaan blog dengan Website

Blog itu bagian dari website (situs web). Dengan kata lain, sebuah blog sudah pasti sebuah website, tapi sebuah website belum tentu sebuah blog. Ibaratnya, website itu sebuah rumah. Yang namanya rumah, tentu ada kamar-kamar (ruangan), seperti ruang tamu, ruang tidur, dapur, dll. Nah, blog itu ibaratnya salah satu kamar (ruangan) dalam rumah (website) itu. Satu hal yang menarik, menurut Jeff Korhan, Google menyukai blog karena konten yang dipublikasikannya itu segar, relevan, dan aktual. Jika berkualitas tinggi, justru blog yang biasanya ada di peringkat teratas hasil pencarian Google.

Baca Lainnya :  Etos Kerja

Perbedaan blog dan website biasanya dilihat dari sisi:

  1. Kepemilikan
  2. Tampilan
  3. Domain – Hosting
  4. Gaya Bahasa

Blog biasanya dimiliki individu atau perorangan yang hobi menulis yang disebut blogger. Website biasanya dimiliki lembaga atau perusahaan. Namun, banyak juga lembaga/perusahaan memilih jenis blog sebagai situs webnya –dengan menggunakan nama domain sendiri (cutom domain) atau blog selfhosting dengan menggunakan CMS Wordpress misalnya. Tampilan blog biasanya lebih simple daripada website. Namun, dengan platform blogger (blogspot.com), tampilan blog bisa lebih bagus dari website. Banyak template blog yang keren dan bagus, layaknya web profesional. (Lihat misalnya: Template Blog SEO Responsif). Gaya bahasa blog biasanya personal, gaya ngobrol atau percakapan. Namun, blog yang dimiliki lembaga juga menggunakan gaya bahasa “formal” layaknya website.


Jenis-jenis Blog

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis blog yaitu:

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

Tampilan Blog

Tampilan blog merupakan salah satu hal penting dalam blogging karena dapat menarik minat pembaca untuk mengunjungi blog kita. Ada banyak cara untuk mempercantik tampilan blog, berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat mempercantik tampilan blog sehingga terlihat lebih menarik

1. Mengganti Template jadi Profesional

Untuk bisa memiliki template/skin atau tampilan blog yang menarik dan tampak bagus layaknya blogger professional maka syaratnya kita harus merombak semua, tapi soal ini bukan berarti kita harus rubah satu per satu kode scriptnya karena kalau bukan Programmer sudah pasti tidak akan bisa melakukannya. Solusinya adalah dengan jalan mengganti template bawaan dengan yang baru, berikut caranya :

  1. Kunjungi situs http://btemplates.com/
  2. Pilih template yang bagus tampilannya, dan karena sekarang lagi marak penggunaan HP pintar untuk mengakses internet maka disarankan pilih jenis template yang ukurannya bisa menyesuaikan semua gadget dan perangkat, dalam hal ini disebut juga dengan Template Responsive. Kebetulan di tahun 2015-2016 ini Google baru saja meluncurkan algoritma baru bernama Mobilegeddon yang mana dengannya pencarian dari pengguna internet akan disesuaikan dengan perangkat yang mereka gunakan, misalnya saja si visitor sedang pakai gadget ketika melakukan Browsing maka secara otomatis google akan mendahulukan blog yang responsive dari pada yang tidak karena umumnya blog demikian menyulitkan pembaca saat dibuka.
  3. Lihat demonya – ini penting dilakukan, yakni melihat tampilan sebenarnya pada saat online, bukan cuma dengan gambar dan screenshot, dan baru setelah itu bisa diputuskan akan digunakan atau tidak.
  4. Download – Untuk tahap ini mudah saja dilakukan, cukup cari tulisan ‘Download’ di bawah gambar tampilan template di btemplates.com tersebut dan secara otomatis akan muncul halaman kecil yang meminta kamu men-savenya di komputermu.
  5. Upload – Setelah tersimpan di komputer, sekarang waktunya menggunakan template tersebut dengan mengganti yang lama.
  6. Selanjutnya, jika anda sudah mengganti dengan tampilan yang custom maka tinggal menatanya agar semakin baik di mata mesin pencari, terutama Google. Ini karena jika sebuah blog dianggap baik maka ia akan diberi ranking yang baik pula, paling tidak, walau tidak jadi ranking 1, tapi bisa masuk halaman pertama.
Baca Lainnya :  Indikator adalah

2. Menggunakan Widget

Untuk kepentingan tampilan saja mungkin anda akan menggunakan widget seperti Jam, gambar flash dan sebagainya, tapi untuk tujuan SEO sebaiknya jangan digunakan, lebih baik pakai widget yang baik untuk mensin pencari saja, seperti untuk Artikel Terpopuler dan Terbaru, Profil Google Plus dan Likenya, Fanpage Facebook atau Twitter. Selain yang disebutkan sebaiknya dihindari saja karena akan memperlambat loading blog. Dan untuk mendapatkan semua widget tersebut sudah tersedia di dalam blogspot anda. Caranya, pilih menu “Tata Letak” lalu tulisan biru “Tambahkan Widget” anda klik dan selanjutnya tinggal pilih jenis widget blog yang mana yang mau digunakan. Untuk pengguna WordPress kami sarankan gunakan yang lazim dan paling penting saja digunakan, seperti Tombol Share di setiap Artikel dan untuk ini disarankan pakai yang simple saja seperti AddToAny dan AddThis. Selain itu, jika ingin membuat blog lebih menarik lagi maka disarankan gunakan Plugin seperti :

  1. FeedBurner Form – Plugin ini untuk menggait banyak pembaca setia dengan jalan mereka menginput alamat emailnya.
  2. Protect WP-Admin – Gunanya untuk menyamarkan alamat login blog sehingga lebih aman.
  3. WP Social Popup and Get Traffic – Sebagai halaman popup untuk mengajak orang me-like sosial media anda.
  4. WP Super Cache – Gunanya untuk mempercepat loading blog dengan mencatat cache dari pengunjung sebelumnya.
  5. WordPress SEO by Yoast – Untuk menata meta tag dan teknik SEO lainnya. Ini penting sekali.
  6. No Follow All External Links – Untuk membuat semua link keluar jadi no-follow.

Istilah-istilah Dalam Blog

Berikut ini adalah beberapa istilah dalam blog yaitu:

  • Blog, merupakan kependekan dari Weblog yang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum.
  • Blogger, sebutan bagi seseorang yang menulis di blog mereka
  • Blogging, kegiatan – kegiatan yang dilakukan dalam dunia Blog
  • Blogroll, merupakan fitur dari Blogger yang menampilkan Link – link tertentu sesuai yang mereka tambahkan. Fitur ini biasanya digunakan untuk Tukeran link sesama blogger.
  • Blogosphere, istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan Blog.
  • Postingan, suatu kegiatan oleh seorang Blogger untuk mengirimkan Artikel ke dalam Blognya.
  • Laman, hampir sama dengan Postingan, tapi tulisan yang diketik di Laman, nantinya akan muncul tersendiri menjadi menu pada halaman Blog.
  • Komentar, tempat yang dikhususkan untuk para pengunjung untuk memberikan komentar pada suatu postingan, bisa berupa saran, kritik, dan diskusi.
  • Komentar SPAM, komentar yang ditulis semata-mata hanya untuk promosi atau memperoleh backlink dan komentar yang ditulis tidak bersangkutan dengan Postingan yang dibahas.
  • Traffic, adalah orang – orang yang mengunjungi blog kita atau yang biasa disebut dengan Pengunjung.
  • Anchor Text, sebuah teks yang berisi link didalamnya, Misal : Tutorial Blogz
  • Backlink, sebuah link yang terdapat pada blog lain yang menuju ke Blog kita.
  • Tata letak, merupakan bagian dalam Blogger. Pada bagian ini berfungsi untuk menambahkan, menghapus atau mengatur letak Gadget/Widget dalam Blog.
  • Template, suatu pola atau desain pada suatu Blog. Template ini berfungsi untuk mengatur tampilan blog.
  • HTML, Hyper Text Markup Language atau yang disingkat HTML ini adalah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.
  • JavaScript, adalah bahasa pemrograman yang khusus untuk halaman web agar halaman web terlihat lebih hidup.
  • SEO, search Engine Optimization atau yang sering disebut SEO adalah sebuah usaha untuk mengoptimalkan sebuah situs agar mudah ditemukan/terindex oleh Mesin pencari seperti Google.
  • SERP, merupakan kependekan dari Search Engine Result Page yang merupakan hasil pencarian terhadap mesin pencari (search engine). Misalnya Anda sedang melakukan pencarian di Google dengan menggunakan kata kunci yang Anda cari, kemudian akan muncul 10 hasil pencarian sesuai dengan kata kunci Anda tadi. Nah, Itulah yang dimaksud dengan SERP.
  • Keyword, secara singkat, Keyword adalah Kata kunci. Yang merupakan kata/frasa yang diinput seseorang di mesin pencari (search engine). Contohnya, Anda mengetik di Google dengan menggunakan kata kunci “harga blackberry terbaru”.
  • HomePage, halaman utama/awal pada suatu web.
  • Header, bagian paling atas halaman blog. Ini biasa digunakan untuk Menempatkan Judul dan Deskripsi Blog atau Logo Blog.
  • Sidebar, kolom-kolom yang terdapat disisi blog. Biasanya digunakan untuk meletakkan Gadget/Widget tertentu.
  • Footer, bagian paling bawah halaman blog.
  • Gadget, kumpulan elemen atau fitur-fitur (gratis) yang sudah disediakan oleh Pihak Blogger.
  • Label, adalah sebuah kategori untuk mengelompokkan artikel (postingan) yang berhubungan yang telah terdapat di Blogger. Tujuan menampilkan label ini agar mempermudah pengunjung untuk menemukan Artikel yang sedang dicari.
  • Arsip, merupakan gadget Blogger yang berfungsi untuk menampilkan terbaru berdasarkan hari, tanggal, bulan maupun tahun.
  • Favicon, favicon merupakan singkatan dari Favorite Icon adalah sebuah ikon yang ditampilkan dengan logo sebuah web atau blog yang ditampilkan pada Address bar.
  • Followers, gadget dari Blogger untuk mengikuti suatu blog.
  • CSS CSS atau Cascading Style Sheet adalah salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.
  • jQuery, merupakan sebuah library JavaScript yang sangat ringkas dan sangat sederhana untuk memanipulasi komponen di dokumen HTML.
  • Feed, Feed sering disebut juga dengan Feed Web atau Feed News, adalah format data yang digunakan pada pengguna internet untuk berlangganan pada postingan suatu blog.
  • RSS, merupakan singkatan dari Really Simple Syndication, adalah format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah web atau blog yang di update secara berkala.
  • XML, merupakan singkatan dari eXtebsible Markup Language, adalah sebuah format teks sederhana yang diturunkan dari SGML, dan digunakan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan teknologi RSS.
  • Atom, adalah sebuah format indikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan update artikel dari sebuah web atau blog.
  • Ping, merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher, yaitu sebuah tool jaringan komputer yang digunakan untuk menguji apakah sebuah komputer atau hosting bisa dibuka di internet. Dalam dunia blogger, ping merupakan tindakan mengirimkan pesan jaringan ke suatu server untuk menginformasikan bahwa blog kita telah di update.
  • Pro Blogger, seorang blogger profesional atau yang sudah berpengalaman dalam dunia Blogging.
  • URL, merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator, rangkaian karakter menurut format dan standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat link tertentu. Misal : http://tutorial-blogz.blogspot.com.
  • Link, alamat URL yang terdapat pada teks atau gambar.
  • Alexa Rank, sebuah peringkat website yang dibuat oleh situs Alexa.com. Alexa Rank menampilkan peringkat website berdasarkan trafik pengguna internet yang memasang Toolbar Alexa pada browser mereka. Bila nilai angka pada Alexa Rank blog kita semakin kecil, maka akan semakin bagus.
  • PageRank, PageRank merupakan cara (algoritma) untuk memberikan peringkat pada halaman web yang mencerminkan seberapa penting halaman web tersebut dengan halaman web lainnya. PageRank digunakan pada mesin pencari (search engine) seperti Google. Skor PageRank berkisar antara 0 – 10. Bila nilai angkanya semakin besar, maka akan semakin bagus.
  • Domain, adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server pada jaringan komputer atau internet.
  • Hosting, tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.
  • Plug-In, sebuah modul program komputer atau alat yang berinteraksi dengan yang lain untuk menambahkan fungsi tambahan yang spesifik, atau mendukung format file yang spesifik.
  • Social Bookmarking, suatu web untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi alamat situs yang dianggap favorite.
  • Social Network, layanan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam untuk mempermudah pengguna (user) untuk berinteraksi, seperti chat, email, video, blog dan Lain – lain.
  • Social Media, sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
  • Black Hat SEO, suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan (TOS) yang ditetapkan mesin pencari (search engine) seperti Google.
  • White Hat SEO, suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar peraturan (TOS) yang ditetapkan oleh search engine.
  • Duplicate Content, konten hasil duplikasi (biasanya berupa teks/artikel) dalam sebuah situs atau blog.
  • Subscriber, pengunjung yang berlangganan kepada suatu web atau blog, bisa melalui RSS Feed, Email ataupun Atom.
  • Niche Blog, suatu kata/frase untunk topik atau subjek bahasan tertentu yang terfokus dan diminati oleh kalangan tertentu.
  • Dummy Blog, merupakan situs atau blog yang bertujuan hanya untuk memperoleh backlink untuk blog utama.
Baca Lainnya :  Taman Nasional

Tujuan Blog

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari blog yaitu:

  1. Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain
  2. Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
  3. Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
  4. Berkarya atau aktualisasi diri
  5. Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis, pengunjung memberikan tanggapan atau komentar
  6. Berbagi pengalaman
  7. Berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb
  8. Banyak lagi, sesuai dengan jenis / topik yang diangkat

Manfaat Blog

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari blog yaitu:

  • Berbagi tulisan, baik dalam bentuk cerita, pengalaman dan pengetahuan lainnya. Sehingga orang lain yang membutuhkan, lalu menemukan tulisan Anda, merasakan kebermanfaatan blog Anda. Hitung-hitung cari pahala.
  • Saraa untuk mempromosikan produk barang atau jasa. Dengan kata lain, blog bisa Anda manfaatkan sebagai toko online.
  • Dapat menghasilkan uang. Penghasilan tersebut bisa anda jadikan sebagai penghasilan sampingan ataupun penghasilan tetap, asalkan Anda benar-benar serius dalam mengembangkannya. Misalnya mengikuti PPC, bisnis Afiliate, dan lain sebagainya.
  • Mengikuti kontes. Dewasa ini, berbagai kontes dan lomba, sudah menjamur, baik itu berupa kontes SEO, ataupun kontes review, sehingga memungkinkan para blogger berkesempatan untuk menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah.
  • Sarana untuk berkreasi, misalnya Anda suka menulis, edit foto, Fotografer, dll. Anda bisa share dan tunjukkan kepada dunia hasil karya Anda.
  • Menjadi media curhat. Di blog Anda bisa bercerita apa saja yang ingin Anda ceritakan. Tentunya sangat lebih bijak jika itu dapat memberikan dampak positif terhadap pembaca Anda. Sehingga pemikiran-pemikiran Anda dapat anda curahkan dengan plong.
  • Menjadi media untuk mempopulerkan sesuatu atau diri sendiri. Banyak orang sukses, berawal dari iseng-iseng nge-blog.
  • Mencari teman. Dalam dunia blogger, kita tidak bisa hidup sendiri, tanpa blogger lainnya, sebagai blogger tentunya membutuhkan blogger lain untuk saling sharing, bertukar link, dll.
  • Belajar untuk lebih baik. Biasanya sesama blogger akan saling berkomentar satu sama lain, sehingga kita bisa mengetahui kekurangan-kekurangan dalam konten yang kita share.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Blog Adalah : Pengertian, Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Ciri, Keuntungan, Kekurangan, Cara, Perbedaan, Jenis, Tampilan, Istilah, Tujuan dan Manfaat  Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.