Brainware adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Brainware?Mungkin anda pernah mendengar kata Brainware? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, jenis, komponen, tugas, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Brainware adalah

Pengertian Brainware

Brainware merupakan orang yang mengoperasikan atau menggunakan sebuah komputer. Adapun contoh brainware yaitu programer, netter, dan para pengguna komputer lainnya. Biasanya brainware sering juga disebut sebagai perangkat intelektual yang akan memakai atau menjelajahi kemampuan hardware/perangkat keras maupun software /perangkat lunak. Pengguna komputer biasa disebut dengan user.


Fungsi Brainware

Adapun beberapa fungsi brainware antara lain sebagai berikut:


  • Mengoperasikan komputer yang bertugas membuat, menjalankan, memelihara sebuah program komputer.
  • Melakukan input data dan memanfaatkan output dari komputer.
  • Menyusun perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Jenis-Jenis Brainware

Adapun beberapa jenis jenis brainware antara lain sebagai berikut:


1. Operator Komputer

Operator komputer adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harusmengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telahdisusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selamaprogram itu berjalan.


2. Trainer

Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.


3. Teknisi

Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harusmempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dansebagainya.

Baca Lainnya :  Budidaya Wortel

4. Project Manager

Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertentu.


5. Graphic Designer

Graphic Designer adalah seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.


6. Konsultan

Konsultan adalah seorang Brainware yang akan bertanggung jawab layaknya seorang pemandu yang handal di dalam bidangnya.


7. Spesialis Jaringan

Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware  yang  sudah mahir didalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.


Komponen Brainware

Berikut adalah beberapa komponen brainware antara lain yaitu:


1. Operator

Operator Komputer merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang akan ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak akan dapat memodifikasi program sebelum maupun selama program itu berjalan.


2. Analis Sistem

Analis sistem merupakan seseorang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan penelitian di dalam memilih perangkat lunak beserta dengan kebutuhan yang sesuai dengan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang analis harus memiliki keahlian seperti manajerial, teknis, analisis dan interpersonal.


3. Konsultan

Konsultan merupakan seorang brainware yang memiliki pengetahuan dibidang komputerisasi namun biasanya tidak berperan untuk menangani secara langsung, hanya sebagai penasehat yang handal. Bisnis atau perusahaan memerlukan komponen ini untuk mencari solusi terkait cara manajemen sistem informasi yang tepat dan meminimalisir terjadinya data yang tidak dikelola dengan baik.


4. Teknisi

Teknisi merupakan seorang yang akan bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus dapat mempunyai pengetahuan yang luas mengenai troubleshooting atau juga sebagainya. Teknisi akan memiliki beberapa spesialisasi tergantung dari bidang yang akan di dalami yakni:

  • Network Engineer merupakan orang yang akan merancang teknik-teknik baru dalam bidang neworking. Dia akan bertanggungjawab untuk mengembangkan metode-metode baru dalam akan menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking.
  • Hardware Engineer merupakan orang yang akan bertanggung jawab untuk yang mengembangkan metode atau teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah hardware, sehingga akan muncul sebuah produk baru dengan adanya teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.
  • Software Engineer merupakan orang yang akan bertanggung jawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah software (aplikasi, driver, ataupun juga sistem operasi).

5. Administrator

Administrator merupakan seseorang yang memiliki tugas dan kemampuan untuk mengelola suatu sistem operasi beserta program yang dijalankan pada sebuah komputer maupun jaringan dalam perusahaan. Ada juga yang disebut dengan database administrator yang bertanggung jawab langsung terhadap sistem database perusahaan yang tugasnya mengatur, mengelola dan menyimpan sebagai arsip perusahaan yang tidak boleh hilang.

Baca Lainnya :  Asteroid Adalah

Tugas Seorang Brainware

Adapun tugas seorang brainware diantara lain yaitu:


  1. Tugas utama brainware yang bertugas sebagai administrator sistem yaitu menerima laporan leaver, stayer, dugaan cheater (MH, bugs,dan lain sebagainya) dari users yang berada di channel dan memproses banned sesuai dengan bukti yang ada. Biasanya brainware ini berada di suatu sistem yang besar seperti layanan sosial media yang mengawasi para penggunanya, dan melakukan tindakan represif apabila terjadi pelanggaran aturan yang berlaku.
  2. Menjaga ketertiban dan keteraturan sistem, seorang brainware yang bertugas sebagai administrator akan menjadi penanggung jawab atas segala yang terjadi, jika terjadi suatu konflik di suatu diskusi sosial media, maka seorang administrator akan melakukan tindakan yang keras seperti banned dan mematikan komentar sehingga dapat menghentikan kekacauan yang terjadi, karena apabila hal tersebut marambah ke dunia nyata, maka pihak kepolisian akan mengejar administrator untuk di jadikan tersangka utama.
  3. Mencegah flooding, seorang brainware akan melakukan atau mencegah kejadian flooding yakni terjadinya pengulangan kata yang sama dalam waktu bersamaan, sehingga bisa mencegah terjadinya penumpukan data yang akan memberatkan disk penyimpanan pada server.
  4. Mencegah flaming, apabila terjadi kericuhan pada suatu diskusi di sosial media, maka seorang admin harus bertanggung jawa atas segala sesuatu yang terjadi, jadi seorang admin harus mencegah flaming atau penggunaan kata-kata yang memancing terjadinya emosi berlebihan.

Contoh Brainware

Berikut adalah beberapa contoh brainware antara lain yakni:


  • Programer adalah orang yang punya kemampuan dalam bahasa pemorograman, sering berperan sebagai membuat program yang diperlukan pada sistem komputerisasi.
  • Administrator adalah orang yang bertugas mengelola sebuah sistem operasi dan program yang digunakan pada komputer atau jaringan komputer.
  • Operator adalah orang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam perangkat komputer, misalnya merawat sistem operasi komputer, menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dan sebagainya.
Baca Lainnya :  BMKG Adalah

Demikian Penjelasan Materi Tentang Brainware adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Komponen, Tugas, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya