Bunga adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Bunga? Mungkin anda pernah mendengar kata Bunga? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, fungsi, manfaat, bagian, jenis, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Bunga adalah

Pengertian Bunga

Bunga merupakan organ penting pada tanaman yang berfungsi sebagai tempat terjadinya perkembangbiakkan generatif dengan melalui proses penyerbukan dan pembuahan. Bunga dapat diartikan sebagai modifikasi tunas dan tunas batang, di mana warna, bentuk dan komposisi dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Modifikasi tunas batang dan daun inilah yang dapat membentuk sejumlah bagian bunga di mana setiap organ memiliki fungsinya.


Ciri- Ciri bunga

Berikut adalah beberapa ciri-ciri bunga diantaranya yakni:


Ciri- Ciri Bunga Sempurna

  • Memiliki kelopak bunga sebagai pelindung
  • Mahkota bunga sebagai pemanggil hewan penyerbuk
  • Benang sari sebagai kelamin jantan
  • Putik sebagai kelamin betina dan juga tangkai bunga sebagai tempat penyokong bunga.

Ciri- Ciri  Bunga Tak Sempurna

  • Perkembangbiakan hanya memiliki benang sari tapi tak memiliki putik.
  • Warna mahkota bunga gelap.
  • Mempunyai nectar sedikit karna hanya mempunyai satu kelamin saja sehingga nantinya tidak akan termodifikasi tumbuh menghasilkan buah, namun akan rontok bila sudah menjalankan tugasnya.

Fungsi Bunga

Setiap bagian bunga mempunyai fungsi dan perannya masing masing, terdapat bagian bunga yang berfungsi sebagai pelindung dari mahkota bunga, ada yang berfungsi sebagai alat untuk berkembang biak, ada bagian yang berfungsi sebagai alat untuk menarik perhatian lebah guna membantu penyerbukan dan lain sebagainya. Adapun fungsi biologis dan non biologis bunga antara lain yakni:


Fungsi biologis dari bunga

  • Sebagai organ berkembang biak pada tanaman, hal tersebut dikarenakan bunga merupakan tempat menyatunya gamet jantan dan juga gamet betina pada tumbuhan;
  • Pada tanaman yang memiliki bunga, biasanya menggantungkan perkembang biakkannya dan penyebarannya dari bunga tersebut.
  • Saat tumbuhan berada dalam kondisi kekurangan air, tumbuhan tersebut akan membentuk bunga sebagai bentuk pertahanan bagi kondisi yang kurang menguntungkan.
  • proses penyerbukan pada bunga membutuhkan bantuan dari serangga lain, mahkota bunga berfungsi sebagai penarik serangga tersebut.
  • Bunga memiliki calon lembaga yang akan menjadi calon tanaman baru sebagai proses perkembang biakan selanjutnya.
Baca Lainnya :  Seni Rupa Murni

Fungsi non biologis

  • Sebagai alat yang membantu mengusir nyamuk dan juga serangga yang mengganggu
  • Sebagai penghasil nectar, yang oleh beberapa serangga sebagai makanan, seperti lebah dan juga burung kolibri.
  • Sebagai aroma terapi, karena beberapa jenis bunga memiliki aroma yang menenangkan.
  • Sebagai penanda bahwa tanaman tersebut berada dalam kondisi yang baik.
  • Sebagai hiasan pada pekarangan dan ruangan serta aksesoris

Manfaat Bunga

Berikut adalah beberapa manfaat bunga antara lain sebagai berikut:


  1. Dapat membantu menyejukkan udara.
  2. Dapat menghilangkan stress apabila seseorang hobi menanam tanaman hias maka akan membantu menghilangkan stres karena keindahan yang dimiliki tanaman hias tersebut.
  3. Menambah nilai estetika di lingkungan menjadi lebih indah dan menyenangkan.
  4. Sebagai aroma terapi baik itu dalam bentuk pengharum ruangan, parfum, sampai merambah dalam dunia kecantikan.
  5. Bunga dapat membantu dalam hal pengobatan salah satu jenis bunga yang dapat diadikan sebagai obat adalah bunga anyelir air rebusan dari bunga anyelir mampu membantu meredakan beberapa penyakit seperti, radang, diare, pusing, sampai untuk cuci darah.

Bagian-Bagian Bunga

Berikut adalah bagian-bagian bunga antara lain sebagai berikut:


1. Benang Sari

Benang Sari merupakan organ reproduksi jantan pada bunga (stamen). Benang sari memiliki beberapa bagian antara lain filamen (tangkai sari) dan anter (kepala sari). Anter sendiri mempunyai 4 kotak sari yang disebut mikrosporangia. Selanjutnya mikrosporangia serta spora haploid yang berkembang memiliki kandungan serbuk sari di dalamnya ( hal ini mirip dengan gimnosperma, misalkan pinus atau lumut). Serbuk sari tersebut akan dilepaskan melalui anter serta akan jatuh dan terbawa oleh angin, hewan, air, ataupun faktor exsternal lainnya ke pada putik bunga lain sehingga terjadi proses penyerbukan.


  • Kepala sari adalah ujung dari sebuah tangkai sari. Dalam kepala sari terdapat ruang yang dapat dipergunakan untuk tempat menampung serbuk sari
  • Tangkai sari ialah bagian penopang kepala sari yang berfungsi agar posisi kepala sari lebih tinggi dari mahkota bunga sehingga serbuk sari lebih mudah terkena angin atau hewan lalu bertemu dengan putik dan terjadi proses penyerbukan.
  • Tepung sari merupakan bagian benang sari yang sangat penting karena terdiri dari banyak sel kelamin jantan yang akan membantu dalam proses penyerbukan.

2. Putik

Putik merupakan bagian reproduksi betina dari bunga. Letak putik umumnya berada pada tengah-tengah bunga. Di dalamnya terdapat sel telur yang sangat berguna ketika proses pertumbuhan tanaman. Di bawah ini adalah beberapa bagian penting yang ada pada putik.


  • Kepala putik ialah bagian bunga yang berada pada ujung tangkai sari. Kepala putik mempunyai fungsi sebagai penyalur bakal dari biji agar dapat melalui proses penyerbukan secara sempurna.
  • Tangkai putik adalah bagian bunga yang terdapat antara kepala putik dan bakal buah. Tangkai putik berfungsi sebagai penyangga kepala putik supaya tetap pada posisi seharusnya. Di dalamnya, terdapat rongga untuk jalan lewatnya polen ke inti generatif.
  • Bakal buah  (ovary) adalah bagian dari sebuah putik bunga di mana di dalamnya terdapat sel telur yang apabila telah melalui proses penyerbukan akan menjadi buah/bibit baru.
Baca Lainnya :  Pabrik adalah

3. Mahkota Bunga

Mahkota bunga merupakan salah satu perianthium (perhiasan bunga). Mahkota bunga akan mempunyai warna mencolok yang berfungsi menarik perhatian hewan seperti serangga yang bermanfaat dalam penyerbukan.


4. Bakal Biji

Bakal biji (ovulum) merupakan tempat yang digunakan oleh tumbuhan berbiji untuk menyimpan ovum (sel telur). Sel telur tersebut akan dibuahi oleh serbuk sari dalam proses penyerbukan. Jika kita mau memperhatikan bakal biji akan mudah dilihat, terutama pada jenis tanaman biji terbuka. Bakal biji yang sudah berkembang akan mempunyai 3 bagian utama, seperti integumentum, nuselus, serta megagametofit.


5. Kelopak Bunga

Kelopak bunga merupakan bagian terluar dari bunga yang menjadi selimut bunga saat masih dalam keadaan kuncup. Fungsi utama dari kelopak ialah melindungi bagian mahkota saat kuncup dan akan terbuka jika telah mekar.


6. Dasar Bunga

Seperti namanya, dasar bunga terdapat pada bagian bawah tepatnya pada atas tangkai. Fungsi dari dasar bunga adalah sebagai tempat untuk menempelnya mahkota.


7. Tangkai Bunga

Tangkai bunga terletak tepat di bawah bunga. Tangkai tersebut menopang dan menjadi penghubung ranting dengan bunga. Bila tidak ada tangkai maka bunga tak akan dapat berdiri.


Jenis Bunga

Berikut adalah beberapa jenis-jenis bunga antara lain sebagai berikut:


1. Bunga lengkap

Bunga lengkap merupakan jenis bunga yang memiliki bagian kelopak, benang sari, mahkota, dan putik. Bunga juga memiliki dua jenis alat kelamin maka dari itulah jenis bunga ini dapat disebut juga sebagai bunga berkelamin ganda  atau hermafrodit. Contoh bunga lengkap adalah bunga bakung, bunga sepatu.


2. Bunga tidak lengkap

Bunga tidak lengkap merupakan jenis bunga yang tidak memiliki satu atau beberapa bagian bunga seperti perhiasan atau alat kelamin. Bunga tidak lengkap dapat dibagi lagi menjadi dua kelompok, yaitu perhiasan bunga yang tidak lengkap dan alat kelamin yang tidak lengkap. Perhiasan bunga tidak lengkap adalah jenis bunga yang tidak memiliki perhiasan berupa mahkota dan kelopak bunga. Jenis bunga ini dapat disebut sebagai bunga telanjang. Contoh dari bunga ini yaitu bunga kelapa, bunga rambutan, bunga jepung bali, dan lain-lain. Sedangkan untuk alat kelamin yang tidak lengkap ialah jenis bunga yang tidak memiliki alat kelamin atau hanya memiliki salah satu kelamin disebut juga bunga berkelamin tunggal, contohnya seperti bunga salak dan bunga mentimun.

Baca Lainnya :  Pengertian Domisili

Contoh Bunga Sempurna Dan Tidak Sempurna

Berikut adalah beberapa contoh bunga sempurna dan tidak sempurna antara lain yakni:


1. Bunga Sempurna

  1. Mawar bunga mawar merupakan salah satu jenis flora atau tanaman semak dari genus Rosa. Dalam satu bunga mawar terdapat 5 helai daun mahkota namun tidak untuk jenis mawar Rosa sericea karena pasa mawar jenis Rosa sericea hanya memiliki 4 helai daun mahkota.
  2. Bunga Matahari bunga matahari adalah bunga yang memiliki warna kuning cerah dengan kepala bunga yang cukup besar. Diameter bunga jenis ini bisa mencapai 30 cm. Ini menunjukkan bahwa bunga ini unik karena wajah bunga matahari selalu miring ke arah matahari.
  3. Bunga Strawberry bunga strawberry atau stroberi adalah tanaman yang jarang ditemui dan habitatnya tidak bisa hidup disembarang tempat. Bunga strawberry merupakan bunga yang tergolong sempurna karena memiliki dua alat reproduksi dalam satu bunga.
  4. Bunga Tulip bunga tulip atau dalam bahasa latin yaitu Tulipa merupakan bunga yang termasuk dalam keluarga Liliaceae. Bunga tulip ini tersebar dan dapat tumbuh secara liar di wilayah Asia Tengah daerah pegunungan Pamir, Kazakhstan dan sebagian daerah Hindu Kush.
  5. Bunga Anggrek anggrek memiliki nama latin Orchidaceae merupakan jenis bunga yang memiliki anggota terbanyak yang tersebar luas diwilayah tropika basah sampai lokasi sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di wilayah tropika.

2. Bunga Tidak Sempurna

  • Bunga Salak bunga salak merupakan jenis palm namun dapat dikonsumsi atau dimakan dan biasanya disebut buah ular. Salak adalah buah yang bersisik dan banyak tumbuh didaerah Padang Sidempuan, Jakarta, Yogyakarta dan Bali.
  • Bunga Vanili vanilla adalah bunga yang biasanya digunakan sebagai bumbu makanan, terutama kue atau roti yang terbuat dari buah-buahan berbentuk polong. Bunga vanilla secara morfologis hanya sebesar jari-jari berwarna hijau, sedikit lunak, lebar dan berbentuk buku dan panjangnya hanya 15 cm.
  • Bunga Pepaya bunga pepaya yang terlihat secara fisik berwarna putih dan terasa lengket saat dipegang. Viskositas bunga-bunga ini disebabkan oleh adanya getah yang melekat pada bunga. Proses penyerbukan bunga pepaya biasanya didukung oleh serangga seperti kupu-kupu.
  • Bunga Melinjo bunga Melinjo adalah bunga yang tidak lengkap karena bunga jantan dan betina terpisah. Ada benang sari melinjo di bunga jantan, sedangkan di bunga betina ditemukan di bundel telinga. Secara umum, bunga Melinjo dibantu dalam proses penyerbukan oleh serangga atau oleh angin.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Bunga adalah: Pengertian, Ciri, Fungsi, Manfaat, Bagian, Jenis, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya