Surat Pembaca adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Surat Pembaca? Mungkin anda pernah mendengar kata Surat Pembaca? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, kerangka, ciri, fungsi, hal, langkah, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Surat-Pembaca

Pengertian Surat Pembaca

Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca dan akan muncul di surat kabar / koran, tabloid, atau majalah, termasuk tanggapan, kritik, saran, keluhan, kekecewaan, undangan, banding, dan terima kasih. Surat pembaca biasanya ditujukan untuk lembaga, pemerintah, perusahaan, kelompok, kantor, organisasi, atau perorangan. Salah satu contoh menggunakan surat pembaca adalah laporan / keluhan tentang banjir, kemacetan lalu lintas, dan lubang. Semua laporan telah dipublikasikan di media.

Tarigan (2008) menyatakan bahwa surat pembaca dikategorikan sebagai surat pribadi, karena simbol, sintaksis sehari-hari, dan memang surat pribadi dari seseorang, secara alami menggunakan bahasa. Klaim itu. Surat pembaca adalah surat pribadi resmi.

Surat pembaca disebut pribadi karena mengandung kepentingan pribadi yang dikirim atas nama seseorang, ditujukan kepada orang lain, kelompok, atau lembaga tertentu. Karena surat pembaca adalah resmi, teks juga harus memperhatikan aturan bahasa standar. Surat pembaca berbeda dari surat lain karena surat pembaca umumnya tidak memiliki beberapa bagian dari surat itu.

Ada beberapa hal yang membuat surat Anda berbeda dari teks lainnya. Pertama, struktur surat Anda berbeda dari huruf lainnya. Dalam surat pembaca, alamat tujuan surat itu biasanya ke editor. Namun, Anda dapat melihat, secara implisit atau eksplisit, di mana pembaca diarahkan ke surat.

Kedua, gaya bahasa surat pembaca sangat beragam, tergantung pada gaya penulis, termasuk pertanyaan, dukun, mempesona, puisi dan bentuk anekdotal.


Kerangka Surat Pembaca

Prinsip atau elemen surat pembaca adalah 5W + 1H:

  1. What à Apa yang terjadi?
  2. Who à Siapa yang terlibat?
  3. Where à Dimana itu terjadi?
  4. When à Kapan  itu terjadi?
  5. Why à  mengapa itu terjadi?
  6. How à Bagaimana hal itu terjadi?

Selain elemen 5W + 1H di atas, surat pembaca berisi konten dalam bentuk kritik dan saran untuk lembaga yang dimaksud, dan termasuk identitas penulis surat pembaca.


Ciri-Ciri Surat Pembaca

Surat pembaca memiliki ciri khas dari jenis surat lain: surat pembaca.

  • Ini adalah surat yang berisi pesan: keluhan, pujian, banding, undangan, dll. Ke lembaga atau orang tertentu. Selain itu, surat pemimpin bisa dalam bentuk balasan yang dikirim untuk mengatasi keluhan dari surat pemimpin sebelumnya.
  • Sifat umum mengacu pada surat yang dapat dibaca oleh banyak orang, mengingat bahwa isi dari pesan yang dikirimkan mempengaruhi kehidupan banyak orang.
  • Pendek, padat dan jelas. Surat pembaca terdiri dari satu hingga empat paragraf, yang isinya dikomunikasikan langsung kepada subjek dalam surat pembaca.
  • Gunakan bahasa komunikasi standar dan sopan.
Baca Lainnya :  Teks Cerpen

Surat Anda dapat berbentuk saran tentang masalah atau sesuatu, atau dapat berupa respons terhadap suatu masalah. Surat pembaca tidak bersifat rahasia karena isinya secara umum diketahui. Karena surat pembaca ditulis dalam bahasa yang sopan, jelas, dan komunikatif, pesan yang ditulis melalui surat pembaca bisa mendapatkan umpan balik dari publik atau pemangku kepentingan.

Surat pembaca dapat digunakan sebagai alat untuk menyelesaikan perubahan dan masalah sosial. Apa pun cara Anda mengirim surat dari pembaca, sopan untuk diingat. Baik dalam kritik, pertanyaan, dan saran, itu harus disampaikan sepenuhnya dan sopan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di sisi tujuan yang dituju.

Surat pembaca umumnya sekitar tiga hingga lima paragraf. Surat pembaca harus jelas dan dapat dimengerti, agar tidak membingungkan pembaca. Saat menulis surat pembaca, penulis harus menghindari penerapan singkatan yang tidak biasa atau menggunakan bahasa asing atau asing yang tidak standar.

Pembaca surat mendiskusikan maksud atau isinya secara langsung, tanpa surat umum dan bagian-bagian lain, seperti di mana surat itu dibuat, tanggal, dan alamat surat itu. Bagian surat, seperti salam pembuka dan catatan penutup, dapat ditemukan dalam surat pembaca.

Pada dasarnya, menulis surat pembaca tidak jauh berbeda dengan menulis surat lain. Satu perbedaan adalah bahwa surat pembaca diterbitkan di surat kabar dan dibaca oleh banyak orang. Oleh karena itu, konten dan bahasa harus dikemas dengan cara yang mempertimbangkan norma atau aturan yang berlaku.


Fungsi Surat Pembaca

Fitur dan Manfaat Menulis Surat Pemimpin, Menulis Surat Pemimpin memiliki fitur dan manfaat berikut:

  1. Untuk membantu pengirim surat pembaca mendapatkan jawaban, surat pembaca yang dikirim berisi pertanyaan, keluhan, dll. Yang membutuhkan jawaban atau tanggapan. Dengan menulis surat pembaca, pengirim surat akan puas dengan jawaban yang dikirim oleh pihak-pihak terkait.
  2. Sebagai media perantara, “pihak ketiga” antara orang pertama “mengirim surat” dan orang kedua “objek yang dituju”.
  3. Karena ini adalah informasi penting bagi banyak orang, surat pembaca terbuka untuk umum, sehingga banyak orang dapat membaca dan memperhatikan bahwa “masalah dan pujian dll” didistribusikan. Kamu.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Penulis Surat Pembaca

Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan penulis Anda:


1. Struktur

Urutan surat pembaca tentu berbeda dengan korespondensi yang biasa. Dalam surat itu, alamat pemimpin tidak menyatakan alamat tujuan pembaca di bagian terpisah sebagai surat biasa. Namun, itu adalah implisit bahwa pembaca tahu kepada siapa surat yang ditujukan ditujukan.

Baca Lainnya :  Pengertian CPANEL

2. Gaya bahasa

Dalam gaya bahasa surat itu, para pembaca sangat beragam, tergantung pada gaya masing-masing pengirim surat pula. Ada pertanyaan, saran, dan surat pemimpin gaya yang menarik, dan beberapa bahkan menulis surat pemimpin dalam bentuk puisi dan anekdot.


3. Kesantunan

Apa yang tak terlupakan adalah kesopanan, seperti cara surat-surat disampaikan dari pembaca. Kritik, pertanyaan, saran, dll. Harus disampaikan dengan hati-hati agar tidak mengganggu pihak yang dituju.


Langkah-Langkah Menulis Surat Pembaca

Di bawah ini adalah beberapa langkah untuk menulis surat dari pembaca.


  • Tentukan masalah, usul, atau saran untuk disampaikan dalam surat

Fokus masalah harus terkait dengan tema, memberikan solusi terbaik, mengkomunikasikan pro dan kontra, dan menyampaikan wacana alternatif.


  • Menentukan hal-hal pokok yang akan ditulis dalam surat pembaca

Karakteristik penulisan pembaca harus singkat dan ringkas. Surat pembaca yang dicetak, seperti surat kabar, tabloid, dan majalah, hanya memuat hingga tiga hingga lima paragraf. Menulis mengikuti aturan dan tidak bertahan lama.


  • Tulis sesuai dengan format surat pembaca

Judul, permulaan, isi surat, dan identitas lengkap pengirim adalah dalam bentuk surat pembaca. Bahasa yang digunakan dalam surat pemimpin bersifat semi-formal dan tidak diperbaiki oleh aturan bahasa, tetapi ditulis dengan cermat dalam bahasa yang baik dan tidak mengandung kebohongan.


  • Menyunting surat pembaca

Setelah menulis, jangan mengirim langsung ke media cetak. Silakan periksa lagi. Mungkin ada kesalahan dalam menulis surat atau kata-kata. Bahkan, mungkin ada kalimat yang tidak relevan. Periksa ulang bahwa semua penulisan telah selesai.


  • Mengirimkan surat pembaca ke redaksi media yang dituju

Satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika mengirim surat pembaca, baik melalui surat atau email (email), adalah bahwa editor media massa biasanya memerlukan kartu ID yang valid (KTP, SIM, kartu pelajar, kartu ID lain, dll.) .


Contoh Surat Pembaca

Berikut adalah 3 contoh surat pembaca yang sudah direkomendasikan, yakni sebagai berikut:


Contoh 1:

Palembang harus mengatur dirinya sendiri sebelum pertandingan SEA

Editor yang terhormat,

Saya Wong Palembang belajar di Jakarta. Minggu lalu saya pulang. Selama dua hari di Palembang, kami mengambil tur Jakabaring Sport City “JSC” sebagai area olahraga masa depan untuk SEA Games XXVI yang terintegrasi.

Kami bangga telah menunjuk Palembang sebagai penyelenggara permainan kembar SEA dengan Jakulta. Di luar Monumen Parameswala, kami mengunjungi stadion sepak bola Gerolasliwijaya yang megah dengan arsitekturnya yang mempesona.

Tetapi di tengah-tengah pujian saya atas kemajuan pembangunan yang cepat yang dicapai oleh kota Palembang, terutama sambutan dari implementasi game SEA bulan depan, itu adalah “pekerjaan rumah” yang agak berat yang semakin kacau lalu lintas kota Meninggalkan pekerjaan rumah.

Baca Lainnya :  Reformasi Adalah

Hal ini tercermin dari ketidakmampuan untuk memprediksi kapan akan perlu melakukan perjalanan dari bandara ke rumah atau sebaliknya. Jalanan dipenuhi dengan sepeda motor, angkutan umum, bus kota atau mobil pribadi. Saya berharap pemerintah dapat mengatasi kemacetan lalu lintas di kota Palembang dalam waktu yang sangat singkat ini.


Contoh 2:

Kualitas toilet sekolah buruk

Kebersihan lingkungan sangat mendukung proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Namun, kondisi toilet kotor dengan bau tak sedap, saluran air yang tersumbat, sampah di toilet, terlalu banyak goresan kotor dan lukisan dinding yang rusak sangat tidak menyenangkan. Itu adalah kebersihan sekolah kami. Saya hanya bisa mengatakan itu bersih di pagi hari, tetapi kotor lagi di sore hari.

Tidak hanya saya tetapi juga siswa lain yang menggunakan toilet merasakan ketidaknyamanan ini. Menurut pendapat saya, ini bukan hanya karena kurangnya perhatian dari administrator sekolah, tetapi juga siswa yang tidak bertanggung jawab atas penggunaan toilet dan tidak peduli dengan kebersihan toilet yang `diabaikan ‘di sekolah. toilet Untuk memberi kesan itu

Pembersih sekolah, terutama pembersih sekolah, harus dapat lebih memperhatikan kebersihan toilet, terutama pada siang hari. Ingat siswa lain sebagai pengguna toilet. Anda perlu menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman yang sadar diri untuk menjaga kebersihan toilet dan dapat mendukung keberhasilan proses belajar mengajar.


Contoh 3:

Perkembangan Pendidikan Indonesia

Pendidikan adalah sarana utama untuk membentuk generasi orang berikutnya, dan semakin tinggi kualitas pendidikan, semakin maju negara itu. Untuk meningkatkan layanan pendidikan yang berkualitas, pemerintah juga perlu mendukung berbagai elemen masyarakat. Pendidikan yang tidak merata juga mengakibatkan kualitas masyarakat Indonesia tertinggal dari negara lain. Padahal, pendidikan adalah faktor kunci dalam membangun kepribadian suatu negara dan faktor pendorong dalam perekonomian suatu negara.

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap kualitas pendidikan di Indonesia, saya mengundang semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam Gerakan Peduli Pendidikan. Dalam meningkatkan pendidikan Indonesia, pastikan bahwa kualitas pendidikan yang baik didistribusikan secara merata di seluruh negeri, mulai dari daerah tempat mereka tinggal.

Undang-Undang No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk membuat siswa menjadi religius, mulia, sehat, berpengetahuan, kompeten, kreatif, mandiri, demokratis, dan warga negara yang bertanggung jawab. Kami secara eksplisit mengamanatkan bahwa kami meningkatkan potensi kami. Bagaimana tujuan ini dapat dicapai jika masih banyak anak usia sekolah yang tidak dapat menikmati pendidikan karena kekurangan uang? Apakah kondisi ini berlanjut? Nah, jika terus begini, kemana arah pendidikan kita sebenarnya diambil?


Demikian Penjelasan Materi Tentang Surat Pembaca: Pengertian, Kerangka, Ciri, Fungsi, Hal, Langkah dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi