Contoh Tumbuhan Monokotil

Diposting pada

Selamat datang di PakDosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Contoh Tumbuhan Monokotil? Mungkin anda pernah mendengar kata Contoh Tumbuhan Monokotil? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, pengelompokan, dan contoh secara lengkap. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Contoh Tumbuhan Monokotill

Pengertian Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil adalah sebagai tumbuhan yang bagian bijinya tunggal atau mono atau tak berkeping. Adapun karakter yang paling kuat dari tanaman berkeping tunggal ini adalah daun tembaga, akar yang berbentuk serabut, daun yang berselang seling, bagian tulang daunnya sejajar dan cenderung berbentuk layaknya pita serta masih banyak lagi lainnya. Di dalam sistem taksonomi, tumbuhan monokotil dilekatkan beberapa nama kelompok besar terdiri dari Liliopsoda, liliidae, dan juga Monocotyledodeae. Di bawah ini terdapat beberapa pengelompokan secara lengkap, antara lain sebagai berikut:

  1. Monocotyledoneae dalam sistem de Candolle dan sistem Engler.
  2. Monocotyledones dalam sistem Bentham & Hooker dan sistem Wettstein.
  3. Kelas Liliopsida dalam sistem Takhtajan dan sistem Cronquist.
  4. Anak kelas Liliidae dalam sistem Dahlgren dan sistem Thorne (1992).
  5. Klad monocots dalam sistem APG dan sistem APG II.

Ciri-Ciri Tumbuhan Monokotil

  • Bentuk akar Memiliki sistem akar berserat
  • Jumlah potongan benih atau kotiledon hanya dengan satu lapisan biji.
  • Secara umum, ada tiga kelopak atau kelipatannya.
  • Di dalam isi akar dan batang, tidak ada kambium.
  • Akar dan batang pelindung lembaga ditemukan di bagasi lembaga atau koleoptil dan pada akar lembaga atau koleorhiza.
  • Bentuk akarnya memiliki sistem akar berserat.
  • Tutup akar atau calyprogen adalah tutup akar atau calypress.
  • Pertumbuhan batang dan akar tidak bisa berkembang menjadi besar.
  • Bentuk pola daun atau sumsum tulang melengkung dan sejajar.

Struktur Tumbuhan Monokotil

Berikut terdapat beberapa struktur tumbuhan monokotil, terdiri atas:

Baca Lainnya :  Cerita Rakyat

1. Struktur anatomi akar

Secara umum, struktur anatomi akar terdiri dari jaringan epidermis, sistem jaringan dasar dalam bentuk korteks, endoderm dan sumsum; dan sistem pancaran kapal. Pada akar sistem bundel pembuluh darah terdiri dari xilem dan floem yang disusun secara bergantian. Struktur anatomi dari akar monokotil dan dikotil berbeda.


2. Struktur anatomi batang

Secara umum, batang terdiri dari epidermis kutikula dan kadang-kadang ada stomata, sistem jaringan dasar dalam bentuk korteks dan sumsum, dan sistem bundel pembuluh yang terdiri dari xilem dan floem.

Xilem dan floem disusun secara berbeda di dua kelas tanaman. Xilem dan floem disusun dalam lingkaran di atas tanaman dikotil dan didistribusikan di atas tanaman monokotil.


3. Struktur anatomi daun

Daun tanaman tersusun dari epidermis kutikula dan ada stomata atau trikoma. Perbedaan dibuat antara sistem jaringan dasar monokotil dan daun dikotil.

Dalam dikotil, sistem jaringan dasar (mesofil) dapat dibedakan dengan pagar dan spons, bukan untuk monokotil, terutama keluarga Gram.


Contoh Tumbuhan Monokotil

Pada dasarnya banyak kita bisa menjumpai contoh tumbuhan monokotil di lingkungan sekitar kita. Sebab itu tumbuhan yang masuk ke dalam golongan ini memang dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Salah satu contoh tumbuhan monokotil adalah padi. Di Indonesia sendiri, padi merupakan makanan pokok yang begitu penting. Selain padi-padian atau Graminae, contoh tumbuhan monokotil lainnya adalah jagung, pinang-pinangan (Palmae), kelapa, pisang-pisangan (Musaceae), anggrek, bawang-bawangan (alliaceae) vanili, jahe, kunyit, dan masih banyak lagi lainnya. Tumbuhan monokotil dikategorikan sebagai kelompok tumbuhan yang sangat berguna karena hampir semuanya memiliki peranan baik itu sebagai sumber pangan, sumber bahan baku dalam berbagai industri, dekorasi, sumber energi nabati, zat pewarna, pakaian, perumahan dan masih banyak lagi lainnya.


Di bawah ini adalah macam-macam contoh tumbuhan monokotil beserta dengan nama latinnya,antara lain  sebagai berikut:

  1. Sawit (Elais Guinensis)
  2. Ketimunan (Timonius sericcus)
  3. Pisang (Musa paradisiaca)
  4. Kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis)
  5. Vanili (Vannili planifolia)
  6. Bawang merah (Allium ascolonicum)
  7. Srikaya (Annona squamosa)
  8. Kelapa (Cocos nucifera)
  9. Malaka (Phylantus emblica)
  10. Bunga Matahari (Helianthus annus)
  11. Ketimunan (Timonius sericcus)
  12. Salak (Salacca edulis)
  13. Enau (Arenga pinnata)
  14. Salak (Salacca edulis)
  15. Mengkudu (Morinda citrifolia
  16. Sawo (Manilkara kauki)
  17. Hangkang (Palaquium leiocarpum)
  18. Kemenyan (Styra sp)
  19. Enau (Arenga pinnata)
  20. Strwaberry (Fragaria daltoniana)
  21. Kurma (Phoenix dactylifera)
  22. Salak (Salacca zalacca)
  23. Buah Naga (Hylocereus undatus)
  24. Melon (Cucumis melo)
  25. Ceremai (Phyllanthus acidus)
  26. Kiwi (Actinidia deliciosa)
  27. Persik (Prunus persica)
  28. Siwalan (Borassus sp)
  29. Kedondong (Spondias dulcis)
  30. Anggur (Vitis vinivera)
  31. Bacang (Magnifera foetida)
  32. Nanas (Ananas comocus)
  33. Blueberry (Vaccinium corymbosum)
  34. Pinang
  35. Nibung
  36. Ganyong Hutan
  37. Bunga Lili
  38. Melinjo
  39. Rotan Lilin
  40. Sagu
  41. Aren
  42. Rumput Gajah
  43. Palem Janggut
  44. Lengkuas
  45. Jukut Ibun
  46. Putri Malu
  47. Safron
  48. Pandan Wangi
  49. Bunga Bakung
  50. Tulip
  51. Asparagus
  52. Palem Kipas
  53. Padi Ketan
Baca Lainnya :  Kritik Sastra

Beberapa Jenis Tumbuhan Monokotil

Ada beberapa suku tumbuhan yang tergolong ke dalam jenis tumbuhan monokotil. suku tumbuhan tersebut antara lain rumput-rumputan (Graminae), anggrek-angrekan (Orchidaceae), pinang-pinangan (Palmae), pisang-pisangan (Musaceae), dan jahe-jahean (Zingiberaceae). Dari suku-suku tersebut, berikut ini 10 contoh tumbuhan monokotil yang termasuk ke dalam suku tersebut.


  1. Jagung (Zea mayssp)

Jagung

Tanaman bernama latin Zea mays sp adalah salah satu tanaman penting penghasil karbohidrat di dunia. Selain padi dan gandum, jagung adalah salah satu makanan pokok bagi sebagian penduduk Amerika, Afrika, dan Asia. Secara morfologi, jagung tergolong kedalam tumbuhan monokotil atau berkeping biji satu. Bijinya tidak membelah saat berkecambah.


  1. Padi (Oryza sativaL)

Padi

Padi memiliki nama latin Oryza sativa L, Tumbuhan ini adalah penghasil energi terpenting dalam peradaban umat manusia. Padi adalah berasal dari India dan China. padi menyebar ke seluruh penjuru dunia melalui migrasi manusia dari daratan Asia pada sekitar tahun 1.500 SM.


  1. Kelapa (Cocos nucifera)

Kelapa

Kelapa adalah contoh tumbuhan monokotil yang mempunyai nama latin (Cocos nucifera). Tumbuhan ini memiliki manfaat yang sangat banyak sekali. Semua bagian tanaman ini bisa digunakan untuk keperluan hidup manusia. Tanaman ini berasal dari pesisir Samudra Hindia dan menyebar ke seluruh dunia melalui arus air laut.


  1. Tebu (Saccharum sp)

Tebu

Tebu dalam bahasa Inggris disebut sugar cane, Tebu adalah tanaman yang menjadi bahan baku pembuatan gula. Tanaman bernama latin Saccharum sp ini adalah contoh tumbuhan monokotil karena hanya memiliki satu keping biji saja. tanaman ini berasal dari Papua Nugini dan menyebar ke seluruh daerah beriklim tropis, terutama di kawasan Asia Tenggara.


  1. Kelapa Sawit (Elaeis guinennsiss Jacq)

Kelapa Sawit

Kelapa sawit atau yang sering kita sebut (Elaeis guinennsiss Jacq) adalah tumbuhan penghasil minyak yang paling penting di dunia. Indonesia sendiri menjadi negara dengan produksi kelapa sawit tertinggi di dunia. Tumbuhan yang termasuk ke dalam suku aren-arenan (palmae) ini juga adalah salah satu contoh tumbuhan monokotil dengan keping bijinya yang hanya satu.

Baca Lainnya :  Pantun dan Syair

  1. Pisang (Musa sp)

Pisang

Pisang adalah contoh tumbuhan monokotil dengan nama latin Musa sp. Tumbuhan ini menghasilkan buah yang sangat kaya manfaat. Kandungan kalium dan karbohidratnya yang sangat tinggi membuat buah ini sering digunakan sebagai buah meja. Ada banyak jenis pisang yang bisa kita temukan di dunia, misalnya pisang kepok, pisang lilin, pisang raja, dan lain-lain.


  1. Anggrek (Orchidaceae)

Anggrek

Anggrek adalah contoh tumbuhan monokotil yang hidupnya sering kali bersifat epifit. Tumbuhan bernama latin Orchidaceae ini sering digunakan untuk sebagai tanaman hias. Perkembangbiakannya yang sulit membuat tanaman ini sering diperbanyak menggunakan teknik kultur jaringan.


  1. Vanili (Vanilla planifolia)

Vanili

Vanili adalah contoh tumbuhan monokotil yang bernama latin Vanilla planifolia. Tanaman ini menghasilkan bubuk vanili yang umum digunakan sebagai pengharum masakan. Bubuk vanili dihasilkan dari buah vanili yang bentuk berupa polong. Vanili diperkirakan berasal dari Meksiko.


  1. Jahe (Zingiber officinale)

Jahe

Contoh tumbuhan monokotil selanjutnya adalah jahe. Tanaman bernama latin Zingiber officinale ini adalah tanaman penghasil rimpang yang kaya minyak atsiri. Rimpang jahe banyak digunakan sebagai obat tradisional, selain itu juga umum digunakan sebagai bumbu masakan di daerah tropis.


  1. Kunyit (Curcuma domestica)

Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit (Curcuma domestica Val.) juga berada dalam ordo Zingiberaceae. Tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai rempah, bumbu masakan, dan bahan obat tradisional. Tanaman yang diperkirakan berasal Asia Tenggara ini adalah contoh tumbuhan monokotil karena hanya memiliki satu keping biji.


Demikian Penjelasan Materi Tentang 53 Contoh Tumbuhan Monokotil: Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi