Demografi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Demografi? Mungkin anda pernah mendengar kata Demografi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, tujuan, manfaat, aspek, faktor, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan. 

Demografi

Pengertian Demografi

Demografis merupakan sebuah ilmu kependudukan yang meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan. Secara umum demografis dapat dikatakan sebagai catatan mengenai kependudukan yang ada pada suatu negara, tak terkecuali Indonesia.


Pengertian Demografi Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian demografis menurut para ahli antara lain yakni:


1. Philip M Hauser dan Duddley Duncan

Menurut Philip demografi merupakan suatu ilmu yang membahas tentang ukuran, struktur dan distribusi penduduk. Serta terjadinya perubahan penduduk akibat kelahiran, perpindahan penduduk, kematian dan lain sebagainya.


2. Donald J. Boague

Menurut Donald demografi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari secara statistika dan matematika tentang besar, komposisi dan distribusi penduduk serta perubahan-perubahannya sepanjang masa melalui bekerjanya 5 komponen demografi, yaitu kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas), perkawinan, migrasi dan mobilitas sosial.


3. Johan Susczmilch

Menurut Johan demografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari hukum Ilahi dalam perubahan-perubahan pada umat manusia yang tampak dari kelahiran, kematian dan pertumbuhannya.


4. Achille Guillard

Menurut Achille demografi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari segala sesuatu dari keadaan dan sikap manusia yang dapat diukur.

Baca Lainnya :  Otot Adalah

5. D.V. Glass

Menurut D.V. Glass demografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang hal penduduk yang di dalamnya termasuk fersilitas, mortalitas, dan migrasi.


Tujuan Demografi

Berikut adalah tujuan demografi antara lain yaitu:

  • Untuk mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalam suatu daerah tertentu.
  • Sebagai bahan pertimbangan dalam menjelaskan pertumbuhan penduduk masa lampau, penurunannya dan persebarannya dengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.
  • Untuk mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial.
  • Sebagai bahan untuk memprediksi tingkat pertumbuhan penduduk di masa yang akan datang serta kemungkinan konsekuensinya
  • Menjelaskan setiap perkembangan penduduk, seperti apa masa lalu mereka, bagaimana tingkat perkembangannya, dan bagaimana tingkat persebarannya dengan cara memanfaatkan data yang tersedia.

Manfaat Demografi

Adapun manfaat dari demografi adalah sebagai berikut:


  1. Dapat membantu pemerintah dalam melakukan evaluasi kinerja pembangunan. Dalam hal ini, pemerintah bisa melihat jumlah komposisi penduduk di masa lalu dan masa sekarang. Dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  2. Dapat membantu pemerintah dalam merencanakan pembangunan di berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan, pertanian, perpajakan, kemiliteran dan lain sebagainya.
  3. Dapat mengetahui tingkat perkembangan ekonomi suatu negara, dengan cara melihat jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan, jumlah persentasi penduduk yang sudah bekerja dan lain sebagainya.
  4. Dapat mengetahui tingkat harapan hidup rata-rata penduduk.

Aspek-aspek Demografi

Berikut termasuk dalam aspek demografis diantaranya yaitu:

1. Populasi Penduduk.

Populasi penduduk merupakan bagian dari ilmu demografi. Mempelajari populasi penduduk berarti akan berurusan dengan aspek kuantitas atau jumlah penduduk. Setiap negara memiliki kebijakan tersendiri mengenai perhitungan jumlah penduduk. Di Indonesia perhitungan jumlah penduduk dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali. Data jumlah penduduk ini nantinya akan dianalisa oleh pemerintah untuk menentukan arah kebijakan kependudukan di masa depan.

2. Pengelompokan Penduduk.

Pengelompokan penduduk merupakan upaya pemilahan/komposisi penduduk berdasarkan variabel-variabel tertentu misalkan usia, jenis kelamin, status perkawinan, agama, kasta dan lainnya.

3. Distribusi Penduduk

Distribusi penduduk pada dasarnya berkaitan dengan aspek geografi atau wilayah tempat bermukimnya suatu penduduk. Perhitungan distribusi penduduk mencakup kepadatan penduduk dan persentase penduduk per wilayah. Faktor yang memengaruhi distribusi populasi penduduk antara lain keadaan geografis, ekonomi, sosial dan politik. Mengapa sekarang banyak terjadi urbanisasi?Mengapa penduduk banyak bermukim di daerah dataran rendah? Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor. Berbicara distribusi penduduk berarti akan berkaitan pula dengan pola pemukiman penduduk tersebut.

4. Kelahiran

Kelahiran merupakan salah satu aspek penting dari demografi karna berkaitan dengan kontrasepsi, angka perkawinan dan angka harapan hidup bayi. Tingkat kelahiran yang sangat tinggi tanpa diimbangi dengan peningkatan taraf ekonomi akan berdampak pada kesejahteraan penduduk itu sendiri.

5. Kematian

Kematian merupakan suatu hal yang terjadi pada setiap orang. Biasanya kematian dapat diukur dengan angka kematian kasar dan angka kematian bayi. Kematian penduduk dapat terjadi karena berbagai faktor seperti penyakit, kecelakaan, perang atau pembunuhan. Angka kematian di wilayah negara maju dan berkembang dapat berbeda karena berbagai faktor.

6. Migrasi

Migrasi merupakan perpindahan penduduk dalam arti melewati batas teritorial wilayah. Migrasi dapat bersifat internal maupun eksternal. Ahli demografi dapat menganalisa penyebaran migrasi penduduk, rata-rata usia migrasi hingga faktor pendukungnya. Migrasi dapat terjadi salah satunya akibat dorongan ekonomi.

7. Tenaga Kerja

Tenaga kerja merupakan salah satu bagai dari kependudukan karena pada dasarnya manusia memiliki profesi tertentu dalam menjalankan kehidupannya. Ahli demografi dapat menganalisa tingkat partisipasi kerja penduduk, angka pengangguran sampai tingkat rata-rata pendapatan penduduk. Dengan memantau perkembangan kaum pekerja maka akan diketahui perkembangan suatu negara.

8. Kelembagaan Penduduk

Kelembagaan penduduk berkaitan dengan keluarga dan pernikahan. Studi tentang kelembagaan penduduk meliputi status pernikahan, rata-rata usia pernikahan per area dan faktor perceraian.

9. Kebijakan Penduduk

Kebijakan kependudukan sangat erat dengan peran pemerintah sebagai pemangku kebijakan. Pertumbuhan penduduk yang cepat di negara berkembang seperti Indonesia akan memicu lahirnya kebijakan-kebijakan seperti pembatasan kelahiran, batasan umur perkawinan dan pemerataan penduduk per wilayah. Kebijakan kependudukan akan berbeda tiap negara karena masalah penduduk yang dialami negara-negara relatif berbeda sehingga memerlukan penanganan yang berbeda.

Faktor-Faktor Demografi

Faktor-faktor demografi yang mempengaruhi tinggi rendahnya pertumbuhan penduduk :

Baca Lainnya :  Modul Adalah

  • Struktur umur merupakan pengelompokan usia dan jenis kelamin
  • Struktur perkawinan merupakan aturan dalam perkawinan
  • Umur kawin pertama merupakan umur pada saat laki-laki dan wanita melakukan perkawinan secara hukum dan biologis yang pertama kali Menurut Badan Kependudukan Keluarga Berenacana Nasional (BKKBN) usia pernikahan pertama bagi remaja saat ini idealnya 21 hingga 25 tahun.
  • Paritas merupakan adalah keadaan melahirkan anak baik hidup ataupun mati, tetapi bukan aborsi.
  • Disrupsi perkawinan bisa diartikan sebagai pembaruan sistem seperti pencatatan perkawinan menggantikan seluruh sistem lama dengan cara-cara baru dengan digital
  • Proporsi yang kawin artinya kriteria aturan apakah orang tersebut sudah masuk dan cukup usia untuk melaksanakan pernikahan

Contoh Data Demografi

Contoh Demografis


Demikian Penjelasan Materi Tentang Demografi: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Aspek, Faktor, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya