Ekonomi Industri

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Ekonomi Industri? Mungkin anda pernah mendengar kata Ekonomi IndustriDisini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, tujuan, jenis, unsur, ruang lingkup. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Ekonomi Industri

Pengertian Ekonomi Industri

Ekonomi Industri merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari aspek ekonomi dari industri yaitu aspek pasar dan perusahaan. Tujuan dari ekonomi industri yaitu menerangkan cara-cara perkembangan dalam sektor ekonomi. Ekonomi Industri termasuk dalam cabang dari ekonomi mikro yang mempelajari keterkaitan antara struktur industri, perilaku industri dan kinerja industri. Dalam Ekonomi Industri menjelaskan tentang struktur pasar dan perusahaan dalam suatu industri untuk merebut pangsa pasar dan mengalahkan pesaingnya.


Pembagian Ekonomi Industri

Berikut adalah pembagian ekonomi industri yakni:

  1. Ekonomi industri dari segi mikro ialah kumpulan perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang-barang yang homogen dan substitusi yang erat (Hasibuan).
  2. Ekonomi industri dari segi makro ialah pembentukan pendapatan dan dapat menambah nilai tambah yang lebih besar. Dalam ekonomi industri terdapat 2 pendekatan yaitu :
  • Pendekatan empiris : nyata/fakta yang terjadi di lapangan
  • Pendekatan teoritis :

Beberapa alasan mengapa kita mempelajari ekonomi industri :

  1. Masalah pasar yang makin konsentrasi dalam bisnis
  2. Dengan adanya konsentrasi akan mengadakan persaingan
  3. Konsentrasi yang tinggi membawa kekayaan dan usaha kemerataan yang tidaak adil
  4. Adanya penyelesaian masalah-masalah ekonomi dan interpensi pemerintah

Tujuan Mempelajari Ekonomi Industri

Berikut adalah tujuan mempelajari ekonomi industri antara lain yakni:

  • Dengan mempelajari ilmu ekonomi industri kita menjadi tau tentang praktek-praktek struktur pasar yang semakin terkonsentrasi dalam kegiatan bisnis dan telah dikenal sejak lama dan kita bisa memperaktekanya pada usaha kita
  • Dapat mencoba untuk meningkatkan pangsa pasar
  • Mengetahui cara mengurangi persaingan antara perusahaan yang kemudian membawa prilaku yang kurang effisien ( melalui pembatasan masuk pasar )
  • Mampu melihat peluang untuk memajukan ekonomi indsutri yang dijalankan termasuk bagaimana pemerataan pendapatan, kesempatan kerja maupun kesempatan berusaha.
  • Dapat mengetahui kajian tentang struktur pasar, prilaku dan kinerja industri tidak terlepas dari masalah apa yang diproduksi, bagaimana, dan untuk siapa barang tersebut di produksi.
Baca Lainnya :  Sistem Periodik Unsur

Jenis Ekonomi Industri

Berikut adalah beberapa jenis-jensi ekonomi industri diantaranya yaitu:


1. Ekonomi Industri Berdasarkan Bahan Baku


  • Industri ekstraktif merupakan kegiatan ekonomi industri yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar. Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan, dan lain lain.
  • Industri nonekstaktif merupakan suatu bentuk kegiatan ekonomi industri yang bahan baku didapat dari tempat lain selain alam sekitar.
  • Industri fasilitatif merupakan suatu kegiatan ekonomi industri yang produk utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya. Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi, dan lain sebagainya.

2. Ekonomi industri berdasarkan produktifitas perorangan

  • Industri primer merupakan kegiatan ekonomi industri yang barang-barang produksinya bukan hasil olahan langsung atau tanpa diolah terlebih dahulu. Contohnya adalah hasil produksi pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan sebagainya.
  • Industri sekunder merupakan suatu kegiatan ekonomi industri yang bahan mentah diolah sehingga menghasilkan barang-barang untuk diolah kembali. Misalnya adalah pemintalan benang sutra, komponen elektronik, dan sebagainya.
  • Industri tersier merupakan kegiatan ekonomi industri dimana produk atau barangnya berupa layanan jasa. Contoh seperti telekomunikasi, transportasi, perawatan kesehatan, dan masih banyak lagi yang

Unsur Ekonomi Industri

Berikut adalah unsur-usnur dalam ekonomi industri


  • Pokok bahasan: tingkah laku perusahaan-perusahaan yg ada di dalam suatu industri.
  • Dipelajari: langkah-langkah yg akan dilakukan oleh perusahaan terhadap para pesaingnya dan terhadap para konsumennya: harga, promosi atau periklanan, serta penelitian dan pengembangan (R&D).
  • Menganalisis keterkaitan antara struktur pasar dan perilaku perusahaan dalam penentuan kinerja perusahaan
    Perbedaan dengan teori ekonomi mikro:
  • Fokus analisis ekonomi mikro pada umumnya membahas struktur pasar yg sederhana—persaingan dan monopoli. Sedangkan ekonomi industri membahas aplikasi-aplikasi penting dari pasar oligopoli
  • Secara fundamental, ekonomi industri sangat konsen dengan permasalahan kebijakan pemerintah terhadap dunia bisnis (antimonopoli, regulasi, perijinan, kepemilikan publik atau negara).
  • Analisa ekonomi industri: Stucture-conduct-performance School danChicago School.
  • Stucture-conduct-performance School berargumen:
Baca Lainnya :  Mekanisme Pernapasan

Monopoli adalah suatu fitur dari kebanyakan pasar:

    1. halangan paling serius untuk berfungsinya pasar secara efektif adalah perilaku strategis oleh beberapa perusahaan untuk mencegah perusahaan lain untuk bersaing.
    2. tujuannya: perusahaan dapat mencapai dan memelihara kekuatan untuk mengendalikan harga dari produk-produk mereka.
    3. Implikasinya: pemerintah harus menerapkan satu kebijakan kompetisi untuk membatasi perilaku strategis.

Ruang Lingkup Ekonomi Industri

Didalam ekonomi industri, terdapat beberapa variabel yang ada didalam perusahaan-perusahaan industri

Variabel-variabel ekonomi industri yaitu

  1. Struktur ndustri
  2. Prilaku industri
  3. Kinerja industri
  • Tipe perusahaan dalam ekonomi industri

Dalam ekonomi industri terdapat dua tipe perusahaan yaitu

  • Perusahaan berkompetisi, contohnya pasar persaingan sempurna
  • Perusahaan bebas,contohnya pasar oligopoli

Perusahaan dalam perekonomian, ada yang mampu bertahan dan ada yang tidak mampu bertahan. Perusaahan yang mampu bertahan menggunakan strategi bisnis sehari-hari. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perusahaan tidak mampu bersaing yaitu :

  1. Kekurangan modal
  2. Kekurangan SDM
  3. Kekurangan strategi

Demikian Penjelasan Materi Tentang Ekonomi Industri: Pengertian, Tujuan, Jenis, Unsur, Ruang Lingkup

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya