Gigi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Gigi? Mungkin anda pernah mendengar kata Gigi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Gigi Pengertian, jenis, anatomi, bagian, penyakit, penyebab, cara mengatasinya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Gigi adalah

Pengertian Gigi

Gigi merupakan sebuah alat pencernaan mekanik yang terdapat di bagian mulut. Gigi termasuk salah satu organ penting dalam tubuh, sehingga penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi untuk memastikan kinerja fungsi gigi tetap optimal. Dianjurkan pula untuk memeriksakan diri ke dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun atau 6 bulan sekali. Adapun fungsi gigi yaitu untuk mengunyah, mengoyak dan mencerna makanan, tapi gigi juga berperan penting dalam berbicara.


Jenis Gigi Dan Fungsinya

Berikut adalah jenis gigi dan fungsinya antara lain sebagai berikut:


1. Gigi seri (identis insisivus)

Gigi seri merupakan gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya.  Gigi seri terdiri atas 8 gigi yakni di depan mulut Anda (4 di atas dan 4 di bawah). Gigi seri digunakan untuk mengigit makanan. Gigi seri biasanya merupakan gigi pertama yang muncul, sekitar 6 bulan usia bayi.


2. Gigi taring (identis kaninus)

Gigi taring merupakan gigi yang paling tajam dan digunakan untuk merobek makanan. Gigi taring muncul antara usia 16-20 bulan dengan gigi taring berada tepat di atas dan bawah. Namun, pada gigi permanen, urutannya terbalik, gigi taring baru akan berganti di sekitar usia 9 tahun. Gigi taring memiliki fungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya.


3. Gigi premolar

Premolar merupakan gigi yang digunakan untuk mengunyah dan menggiling makanan. Orang dewasa memiliki 8 premolar di setiap sisi mulut, 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah. Premolar pertama muncul sekitar usia 10 tahun dengan premolar kedua muncul sekitar setahun kemudian. Premolar terletak di antara gigi taring dan gigi geraham.

Baca Lainnya :  Motherboard adalah

4. Gigi geraham

Gigi geraham merupakan gigi paling besar dan kuat di antara lainnya. Fungsi gigi geraham adalah untuk mengunyah dan menggiling makanan. Umumnya orang dewasa memiliki delapan gigi geraham, yang terbagi empat di bagian atas dan empat di bagian bawah bawah.


5. Gigi geraham bungsu

Gigi geraham bungsu merupakan gigi yang paling akhir muncul, terletak di paling belakang gigi geraham. Biasanya gigi bungsu ini belum akan muncul hingga menginjak usia 18-20 tahun. Namun, pada beberapa orang gigi ini mungkin tidak akan tumbuh sama sekali. Sayangnya, gigi bungsu ini bisa tumbuh mendesak gigi yang lain dan menyebabkan nyeri sehingga harus segera dicabut.


Anatomi Gigi

Berikut adalah susunan anotomi gigi manusia antara lain yakni:


  • Enamel merupakan bagian luar gigi yang paling keras dan putih dari gigi. Enamel melindungi jaringan vital di dalam gigi, yang sebagian besar terbuat dari kalsium dan fosfat.
  • Dentin merupakan lapisan di bawah enamel. Ini adalah jaringan keras yang mengandung tabung kecil. Ketika enamel rusak, suhu panas atau dingin dapat masuk gigi melalui jalur ini dan menyebabkan sensitifitas gigi atau rasa sakit.
  • Cementum merupakan lapisan jaringan ikat yang mengikat akar gigi dengan kuat ke gusi dan tulang rahang. Karena lebih lembut dari enamel dan dentin, cara terbaik untuk melindungi jaringan lunak dari pembusukan adalah dengan merawat gusi Anda dengan baik. Cementum memiliki warna kuning muda dan biasanya tertutup oleh gusi dan tulang. Kalau tidak merawat gigi dengan baik, gusi bisa menjadi sakit dan menyusut, membuat cementum tertumpuk plak dan bakteri berbahaya.
  • Pulpa merupakan bagian dalam anatomi gigi yang lebih lembut, dapat ditemukan di pusat dan inti gigi Anda serta berisi pembuluh darah, saraf, dan jaringan lunak lainnya. Bagian ini berguna untuk memberikan nutrisi dan sinyal ke gigi Anda.
  • Periodontal ligamentum merupakan jaringan yang membantu menahan gigi dengan kuat melawan rahang.
  • Gusi merupakan jaringan lunak yang menutupi dan melindungi akar gigi. Gusi tidak menempel pada gigi.
Baca Lainnya :  Pengertian Musyawarah

Bagian-Bagian Gigi

Adapun beberapa bagian bagian gigi antara lain sebagai berikut:


1. Mahkota gigi

Mahkota gigi merupakan bagian dari anatomi gigi yang selama ini terlihat dengan jelas di rongga mulut. Mahkota gigi merupakan tempat dari enamel dan sebagian lapisan dentin. Kerusakan mahkota gigi, yang selama ini sering disebut sebagai gigi berlubang, adalah jenis penyakit gigi yang paling umum terjadi.


2. Leher gigi

Leher gigi merupakan bagian yang berada di antara mahkota gigi dan akar gigi. Jika dilihat di dalam rongga mulut, leher gigi adalah daerah yang berada di pinggir gusi. Leher gigi disebut juga dengan serviks gigi.


3. Akar gigi

Akar gigi merupakan bagian gigi yang tertanam di dalam gusi dan tulang rahang. Saluran akar gigi merupakan tempat pembuluh darah serta saraf gigi berdiam. Sehingga, kerusakan yang sudah sampai hingga akar gigi, biasanya adalah kerusakan parah.


Penyakit Pada Gigi

Berikut adalah beberapa macam penyakit yang sering terjadi pada gigi diantaranya yaitu:


  • Gingivitis merupakan jenis penyakit gigi yang mana  terjadi radang gusi. Gingivitis seringkali disebabkan oleh penimbunan plak dan karang gigi di permukaan gigi dekat gusi.
  • Plak pada gigi merupakanlapisan lengket yang terdiri dari bakteri dan zat lain yang tertinggal di permukaan gigi setelah mengonsumsi makanan manis.
  • Karang gigi merupakan lapisan keras dan tebal yang menumpuk di permukaan gigi. Karang gigi timbul saat plak tidak dibersihkan dan bercampur dengan mineral yang ada di mulut. Plak yang berubah menjadi karang gigi hanya dapat dibersihkan oleh dokter gigi.
  • Infeksi pada gusi merupakan penyakit gigi berupa peningkatan peradangan akan mengakibatkan gusi menyusut dan membentuk kantong diantara gigi dan gusi. Ini disebabkan pleh perangkap kantong karang gigi plak dan juga sisa-sisa makanan yang mengakibatkan terjadinya infeksi dan abses. Penyakit gusi akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada tulang yang akan mendukung gigi dan merupakan salah satu penyebab utama hilangnya gigi pada orang dewasa.
  • Hipersensitifitas gigi merupakan rasa nyeri pada gigi atau terjadinya bengkakpada gigi ataupun gusi. Sering terjadi pada gigi geraham pada gigi bawah maupun gigi atas.
  • Radang mulut, radang ini disebabkan oleh jamur, penyakit ini memiliki tanda dan gejala seperti lidah yang berwarna pucat dan juga terdapat bercak kuning dan keputihan dan sangat mudah untuk dikeruk. Bercak ini mengakibatkan rasa perih saat digunakan makan atau mengosok gigi. Dan untuk mengobati akan serangan ini biasanya mengunakan tablet hisap antifungal.

Penyebab Sakit Gigi

Berikut adalah penyebab sakit gigi antara lain sebagai berikut:

Baca Lainnya :  Kritik Sastra

  • Tidak kosistennya menjaga kebersihan gigi
  • Terlalu banyak memakan yang manis-manis
  • Terlalu sering minum minuman yang sangat dingin
  • Jarang menggosok gigi

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Berikut adalah cara mengatasi sakit gigi yakni:


  1. Bila ringan bisa minum obat sakit gigi tetapi ini hanya bisa menurunkan rasa nyerinya saja tidak mengobati/menyembuhkan
  2. Bisa dengan berkumur air garam karena dengan berkumur air garam dapat membunuh bakteri yg ada dlm gigi
  3. Dianjurkan untuk memeriksanya kedokter agar mendapatkan perawatan dan resep yg lebih terjamin
  4. Untuk mencegah rajin” menyikat gigi dan kurangi makan makanan yang mengandung gula, kafein , dan yg masih panas atau terlalu dingin
  5. Dengan cara  menyikat gigi secara teratur dan meminum obat sakit gigi

Demikian Penjelasan Materi Tentang Gigi adalah: Pengertian, Jenis, Anatomi, Bagian, Penyakit, Penyebab, Cara Mengatasinya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya