Hewan Herbivora

Diposting pada

Selamat datang di Pakosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Hewan Herbivora? Mungkin anda pernah mendengar kata Hewan Herbivora? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, karakteristik, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Hewan Herbivora

Pengertian Hewan Herbivora

Hewan Herbivora merupakan pengelompokan hewan berdasarkan dari jenis makananya. Hewan yang termasuk dalam golongan herbivora yaitu hewan yang makanan utamanya adalah rumput. Oleh karna itu selain hewan yang memakan rumput tidak termasuk sebagai golongan hewan herbivora. Hewan herbivora termasuk hewan yang jinak dan buka termasuk hewan buas. Oleh karnya itu hewan herbivora ini sering di pelihara manusia untuk di pelihara. Dengan demikian sangat mudah untuk hewan herbivora menemukan makanan yang tersedia di alam, misalnya di padang rumput, hutan dan semak-semak, Hewan herbivora pada umumnya tidak memiliki gigi taring yang tajam. Karena giginya tidak terlalu tajam, ia dapat dengan mudah mencerna makanannya.


Ciri-Ciri Hewan Herbivora

Berikut adalah beberapa ciri-ciri hewan herbivora antara lain sebagai berikut:


  • Hewan jenis ini melahirkan anaknya dengan cara beranak.
  • Hewan ini berdarah panas.
  • Hewan herbivora berkaki 4.
  • Hewan pemakan tumbuhan tergolong hewan mamalia.
  • Kebanyakan hewan ini hidup didaratan.
  • Memiliki gigi geraham yang lebar
  • Biasanya sekelompok mamalia atau mamalia
  • Makanan utama adalah rumput atau dedaunan lainnya
  • Hidup secara berkelompok.
  • Sebagian dari hewan herbivora hidup di darat, karena sumber makan mereka berada di darat.
  • Golongan hewan yang berdarah panas
  • Mempunyai gigi geraham yang lebar.
  • Kebanyakan hewan herbivora yaitu berkaki empat.
  • Termasuk golongan hewan yang memiliki tulang belakang.
Baca Lainnya :  Antibodi adalah

Karakteristik Hewan Herbivora

Secara umum hewan herbivora tidak mempunyai keterampilan dalam mengejar mangsa karena mereka tidak makan daging. Hewan Herbivora hanya memakan dedaunan dan rumput tanpa harus bersusah payah berlari lalu menerkam dan mengoyak mangsanya. walaupun hewan jenis herbivora tak mempunyai insting berburu namun kehebatnnya dalam berinteraksi dan berbaur dengan jenis hewan lain tetapi masih sama sama dalam keluarga herbivora, mereka tidak akan pernah berseteru, tidak saling berebut lahan dan tidak mempunyai minat atau berusaha menguasai wilyah tertentu.


Contoh Hewan Herbivora

Berikut adalah beberapa contoh hewan herbivora antara lain sebagai berikut:


1. Kambing

Kambing

Kambing merupakan salah satu contoh hewan herbivora. Hewan yang memiliki nama ilmiah Capra aegagrus hircus ini sudah mulai di budidayakan oleh manusia sejak 9000 thun yang lalu. Didalam alam luar atau alam bebas, hewan yang satu ini biasanya hidup berkelompok mulai dari 7 hingga 20 ekor dalam satu kelompok. Kambing ialah hewan yang sanggup memakan apapun, tetapi makan yang utama atau makanan yang paling ia sukai adalah rumput-rumputan dan dedaunan. Pada zaman modern seperti ini, kambing sering diakomodasi sebagai hewan ternak. Selain itu daging kambing juga banyak dimanfaatkan untuk barang konsumsi karena mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh manusia. Pada perkembangannya sampai saat ini terdapat jenis kambing yang biasa disebut kambing etawa yang dapat menghasilkan susu. Susu kambing etawa memiliki nilai gizi sedikit lebih tinggi dari susu sapi perah, sehingga tidak jarang sering dimanfaatkan sebagai barang konsumsi yang menyehatkan.


2. Gajah

Gajah

 

Gajah merupakan hewan menysusi (mamalia) yang mempunyai tubuh yang cukup besar, mempunyai mata yang sipit, telinga yang lebar, serta hidung yang berupa belalai. Gajah merupakan hewan herbivora yang dapat kita jumpai diberbagai habitat. Seperti sabana, hutan, gurun, bahkan rawa-rawa. Hewan yang memiliki nama ilmiah Elephas maximus ini tergolong hewan yang cerdas dan bertubuh besar. Hewan ini banyak tersebar dari wilayah Afrika , Asia Selatan hingga Asia Tenggara, gajah memiliki belalai yang digunakannya sebagai alat untuk mengambil makanan. Gajah memiliki gigi geraham yang cukup banyak untuk mengunyah makanannya. Belalai gajah merupakan gabungan hidung dan bibir atas pada gajah. Belalai merupakan organ yang sangat penting bagi gajah, selain memiliki otot yang kuat, belalai juga digunakan gajah untuk membantu melakukan aktifitas seperti makan, minum, dan lain-lain.

Baca Lainnya :  Banjir adalah

3. Sapi

Sapi

 

Hewan yang memiliki nama ilmiah Bos taurus ini adalah hewan yang tergolong sebagai hewan ternak yang sangat menjadi salah satu dari kebutuhan hidup manusia mulai dari dagingnya hingga susunya. Sapi merupakan hewan pemakan tumbuhan yang gemar memakan rumput dan dedaunan. Oleh karena hewan yang satu ini memiliki pencernaan sistem yang baik dan sangat canggih yang memudahkan dalam mencerna berbagai macam rerumputan yang keras.


4. Kuda

Kuda

Hewan memiliki nama ilmiah Equus caballus ini adalah jenis hewan yang cukup berperan penting dalam kehidupan manusia sejak dari bertahun-ahun yang lalu. Hewan yang satu ini tergolong dalam hewan yang cukup kuat karena mampu membantu manusia dalam mengangkut barang dan lainnya. Kuda merupakan hewan pemakan tumbuhan. Kuda banyak dimanfaatkan untuk transportasi tradisional seperti delman dan andong. Pada zaman dahulu, sebelum adanya mobil dan berbagai transportasi modern seperti sekarang, kuda digunakan sebagai transportasi perang dan pengembaraan. Kuda memakan tumbuh-tumbuhan seperti rumput dan dedaunan. Kuda mempunyai kecepatan lari diatas rata-rata hewan berkaki empat lainnya. Kuda memiliki gigi geraham yang cukup banyak sehingga memungkinkan untuk mengunyah makanan yang berupa tumbuh-tumbuhan dan dedaunan.


5. Tapir

Tapir

Tapir merupakan jenis hewan pemakan tumbuhan, mereka biasanya memakan dedaunan dan rerumputan yang mengandung air. Mereka bertahan hidup di hutan dan di pinngiran sungai. Tapir memiliki bentuk tubuh seperti babi, telinga yang mirip badak dan moncongnya yang panjang mirip trenggiling, sementara lenguhannya lebih mirip suara burung daripada binatang mamalia. Tapir merupakan hewan soliter, yaitu hewan yang hidup menyendiri dan suka bersosialisasi dengan hewan-hawan lainnya. Pada umumnya, hewan ini aktif pada siang hari, dan istirahat pada malam hari.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Hewan Herbivora: Pengertian, Ciri, Karakteristik, Cotoh Dan Gambarnya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi