Hewan Karnivora

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Hewan Karnivora? Mungkin anda pernah mendengar kata Hewan Karnivora?? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, karakteristik, habitat, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan. 

Hewan Karnivora

Pengertian Hewan Karnivora

Hewan Karnivora merupakan pengelompokan jenis hewan pemakan daging. Karena memakan daging, maka hewan-hewan tersebut memiliki kemampuan dalam memburu mangsanya untuk memperoleh makanannya. Dengan kepandaiannya dalam memburu mangsanya, hewan pemakan daging tersebut bisa dikategorikan dengan binatang buas. Meskipun begitu, ada juga hewan pemakan daging yang tidak buas dan tergolong jinak, misalnya kucing. Biasanya hewan karnivora dalam melakukan perburuan dan memakan daging, hewan tersebut memiliki kuku yang tajam dan juga gigi taring untuk merobek daging makanannya. Kemampuan lain yang dimiliki oleh hewan pemakan daging adalah kemampuannya dalam mengincar musuh untuk mendapatkan makanan. Mereka mampu mengintai dan berlari cepat. Dalam perkembangbiakannya, hewan pemakan daging kebanyakan berkembang biak dengan cara melahirkan, namun beberapa hewan pemakan daging berkembang biak dengan bertelur seperti buaya dan ular.


Ciri-Ciri Hewan Karnivora

Berikut adalah ciri-ciri hewan karnivora antara lain sebagai berikut:

  • Makanan utamanya daging.
  • Sebagian hewan karnivora masuk kedalam hewan menyusui atau mamalia.
  • Memiliki kemampuan dalam berburu mangsa.
  • Sebagian besar hewan karnivora memiliki tulang belakang (vertebrata).
  • Sebagian besar nya hidup di darat.
  • Memiliki gerakan yang cepat
  • Memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam
  • Termasuk kedalam hewan buas, meskipun ada juga yang tidak (seperti kucing).
  • Memiliki kuku dan taring yang tajam, berguna untuk mengoyak ngoyak daging mangsanya.
Baca Lainnya :  Model Pembelajaran Artikulasi

Karakteristik Hewan Karnivora

Hewan Karnivora memiliki kecepatan berlari, pendengaraan dan penglihatan yang super tajam dan mempunyai insting berburu yang sangat  baik namun dalam hal berinteraksi dan bergabung dengan hewan lain dalam spesien yang sama misalnya Singa dan harimau ataua Srigala dengan macan atau keempat hewan tersebut, merejka tidak mampu dalam berbagi wilayah dan hasil buruan. mak dari itu hewan buas selalu berkelahi jika sudah berbeda wilayah kekuasaan.


Habitat Hewan Karnivora

Secara umum kebanyakan hewan karnivora ( hewan pemakan daging) habitat hidupnya berada di darat, meskipun ada juga hewan pemakan daging yang hidup di air dan hidup di udara. Hal ini dikarenakan di darat terdapat lebih banyak mangsa besar untuk dijadikan sumber buruan untuk memperoleh makanan. Hewan-hewan pemakan daging tersebut banyak hidup di alam liar seperti hutan, karena di dalam hutan terdapat banyak hewan besar.


Contoh Hewan Karnivora

Adapun beberapa contoh hewan karnivora antara lain sebagai berikut:


1. Singa

Singa

Singa merupakan hewan pemakan daging yang memiliki julukan raja hutan. Dengan kemampuannya memburu mangsa, singa dikenal sebagai hewan yang menakutkan dan berbahaya karena kebuasannya. Singa merupakan hewan yang masih satu kerabat dengan kucing yakni masuk dalam keluarga felidae. Meskipun singa jantan terlihat ganas, justru yang aktif dalam berburu adalah singa betina. Singa mempunyai jenis-jenis yang berbeda diberbagai wilayah dunia. Singa mempunyai kelemahan yang berbeda dengan spesies lainya, yaitu singa tidak bisa memanjat pohon.


2. Serigala

Serigala

Serigala adalah hewan karnivora yang mempunyai ukuran tubuh sangat kecil jika dibandingkan dengan ukuran tubuh dari hewan karnivora yang lainya. Jika diamati dengan teliti ukuran tubuh dari serigala mirip dengan hewan pemakan daging yang sering dipelihara oleh manusia yaitu anjing. Serigala adalah hewan yang sangat ganas dan juga memiliki ciri khas yang terkenal yaitu suara aunganya di malam hari. Serigala sering ditemui di daerah Eropa dan di Indonesia tidak ada serigala.

Baca Lainnya :  Adaptasi Adalah

3. Cheetah

Cheetah

Contoh hewan karnivora atau pemakan daging selanjutnya adalah cheetah. Cheetah merupakan hewan yang terkenal dengan kecepatan berlarinya yang sangat cepat. Cheetah memiliki ukuran tubuh yang bisa dibilang cukup besar yang hampir sama dengan ukuran harimau. Cheetah dalam mencari mangsa yaitu dengan cara individu atau sendiri dalam mencari mangsanya untuk dimakan. Cheetah berkembangbiak didalam hutan yang sangat luas dan sangat lebat. Karena didalam hutan cheetah akan mudah dalam mencari mangsanya karena ada banyak buruan. Cheetah sering memakan hewan lain seperti babi, kijang, rusa dan lain sebagainya.


4. Beruang

Beruang

Beruang merupakan salah satu jenis hewan yang masih banyak spesiesnya diberbagai belahan dunia. Beruang memiliki ukuran ada yang sedang dan aja juga yang besar. Di Indonesia ada juga beruang asli dari Bengkulu. Ciri khas yang dimiliki oleh beruang adalah warna hitam disetiap tubuhnya. Beruang madu tersebut bisa dibilang dengan binatang pemakan rumput dan tinggal di hutan yang dekat dengan lahan pertanian warga.


5. Komodo

Komodo

Komodo adalah hewan langka yang banyak ditemui di pulau komodo Indonesia yang berkategorikan kadal terbesar di dunia. Komodo memiliki kulit yang sangat tebal dan keras. Komodo memiliki ukuran sampai 3 meter saat sudah berumur tua. Kekuatan yang sering digunakan oleh komodo terdapat pada ekor dan rahangnya yang kuat dan juga air liurnya yang beracun.


6. Burung Rajawali

Rajawali

Contoh hewan karnivora atau pemakan daging selanjutnya adalah burung rajawali. Rajawali merupakan burung yang berhabitat didalam hutan yang belum pernah dijelajahi oleh manusia. Burung rajawali adalah hewan pemakan daging yang banyak ditemukan di Benua Eropa, Asia, dan Tiongkok. Burung rajawali mempunyai keunggulan dalam terbang. Rajawali mampu bertahan dalam waktu lama saat terbang di udara.

Baca Lainnya :  Modul Adalah

7. Buaya

Buaya

Buaya merupakan hewan pemakan daging yang tergolong kedalam reptil yang sangat buas. habitat dari buaya terdapat pada airyang sangat tenang. Contohnya seperti sungai dan rawa, Tetapi tidak semua jenis buaya yang tinggal di tempat lembab dan kumuh. Buaya memburu mangsanya dengan cara mengintai mangsanya dari permukaan air. Buaya memiliki pergerakan yang sangat cepat jika didalam air jika dibandingkan dengan hewan-hewan lainya.


8. Ikan Hiu

Ikan Hiu

Ikan hiu merupakan sekelompok ikan yang mempunyai kerangka tulang lengkap dan memiliki bentuk tubuh ramping. Hewan yang satu ini merupakan hewan karnivorayang hidup di dalam air. Binatang ini bernafas dengan mengunakan lima liang insang bahkan kadang-kadang dengan enam sampai tujuh insang. Hal itu tergantung pada jenis spesies hiu itu sendiri. Binatang ini memiliki tubuh yang dilapisi kulit demal denticles untuk melindungi tubuhnya dari kerusakan dan untuk menambah dinamika air. Hiu biasanya memiliki deret gigi yang bisa digantikan. Sebagian besar jenis hiu menjadi ikan pemangsa yang ganas.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Hewan Karnivora: Pengertian, Ciri, Karakteristik, Habitat, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi