Hewan Vertebrata

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Hewan Vertebrata? Mungkin anda pernah mendengar kata Hewan VertebrataDisini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, klasifikasi, manfaat, contoh beserta gambarnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Hewan Vertebrata

Pengertian Hewan Vertebrata

Hewan Vertebrata merupakan golongan hewan yang memiliki tulang belakang. Hewan Vertebrata juga dapat berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan dari berbagai jenis spesisnya masing-masing.


Ciri Ciri Hewan Vertebrata

Berikut adalah beberapa ciri-ciri hewan vertebrata antara lain sebagai berikut:


  • Memiliki tulang dibagaian belakang nya
  • Alat pernafasan berupa paru-paru, kulit, atau insang
  • Memiliki perkembangan dengan baik
  • Memiliki ukuran tubuh yang bervariasi
  • Mempunyai alat gerak yang aktif
  • Memiliki alat pada pencernaan yang baik
  • dapat melakukan perkembangan sebagai vertebrata yang dilindungi oleh tengkorak
  • Memiliki suhu yang cenderung dapat beradaptasi pada lingkungan
  • Memiliki penciuman yang sangat tajam.
  • Memiliki organ reproduksi yang sangat baik
  • Ukuran tubuh bervariasi.
  • Memiliki sistem peredaran darah tertutup.

Klasifikasi Hewan Vertebrata

Berikut adalah klasifikasi hewan vertebrata antara lain sebagai berikut:


  • Mamalia merupakan jenis hewan yang memiliki ciri khas menyusui. Mamalia memiliki kelenjar susu di bagian dada atau perut, yang digunakan untuk memberi makan anaknya ketika masih kecil. Mamalia adalah hewan bertulang belakang, dan merupakan hewan yang berdarah hangat. Mamalia sebagian besar bersifat vivipar atau melahirkan, seperti kambing, kuda dan harimau. Namun ada juga mamalia yang bertelur, hewan ini disebut monotremata, misalnya Echodna. Ada juga mamalia yang melahirkan namun membesarkan anaknya dalam kantung, atau marsupalia, misalnya kanguru.
  • Aves merupakan hewan jenis burung, yang ditandai dengan adanya bulu burung, paruh dan berdarah panas. Aves umunya berkembang biak dengan bertelur. Contoh aves adalah ayam, merpati dan kakaktua.
  • Pisces merupakan hewan jenis ikan Ikan hidup di air, memiliki tukang belakang, berkembang biak dengan bertelur dan berdarang dingin. Ikan terdiri dari ikan bertulang keras, seperti teri dan gurami serta ikan bertulang rawan seperti hiu dan pari.
  • Amfibi merupakan jenis hewan yang hidup di dua alam, air dan darat, dengan ciri kulit yang tidak bersisik dan lembab. Amfibi memiliki ciri bermetamorfosis dengan fase larva pada anakan. Amfibi adalah hewan tukang belakang, berkembang biak dengan bertelur dan berdarang dingin. Contoh amfibi adalah katak.
  • Reptilia merupakan jenis hewan darat yang memiliki ciri bersisik. Reptilia memiliki tukang belakang, berkembang biak dengan bertelur dan berdarang dingin, sama seperti amfibi. Namun reptilia tidak mengalami metamorfosis. Reptilia misalnya adalah ular, kadal dan kura-kura.
Baca Lainnya :  Pranata Sosial

Manfaat Hewan Vertebrata

Adapun beberapa manfaat yang terdapat pada Hewan Vertebrata diantaranya adalah sebagai berikut.


  • Pisces atau ikan sebagai sumber makanan yang kaya protein, sebagai produksi dengan cara peliharaan.
  • Amfibi, sebagai bahan makanan
  • Reptil sebagai bahan untuk obat-obatan
  • Aves dapat digunakan sebagai bahan makanan yang mengandung protein
  • Mamalia sebagai sumber protein untuk produksi

Contoh Hewan Vertebrata

Berikut adalah beberapa contoh hewan vertebrata diantaranya yaitu:


1. Ikan (Pisces) 

Ikan

Ikan merupakan hewan yang memiliki habitat di air. Mempunyai struktur tubuh khusus yang dapat bergerak dengan cepat di air. Ikan memiliki sirip yang digunakan untuk berenang. Sirip pada ikan terdiri dari 5 jenis sirip, yaitu sirip dada, sirip perut, sirip punggung, sirip belakang, dan sirip ekor. Ikan bernafas menggunakan insang contohnya seperti ikan tuna, ikan kakap, ikan hiu, dan lain-lain. namun, hewan seperti paus dan lumba-lumba bukan merupakan ikan. Karena mereka merupakan hewan yang menyusui atau mamalia. Ikan merupakan hewan vertebrata karena mereka adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Dalam struktur tulang ikan tersusun atas tulang sejati dan tulang rawan. Ikan memiliki tulang yang memberikan bentuk dasar pada ikan. Namun beberapa ikan memiliki struktur yang sedikit unik, misalnya ikan pari, kuda laut, ikan hiu, dan lain-lain.


2. Kodok (amfibi)

Kodok

Amfibi adalah salah satu hewan yang dapat hidup di darat maupun di air. Hal ini dikarenakan mereka mempunyai dua sistem pernapasan yaitu paru-paru dan kulit, sehingga mereka dapat tinggal di darat maupun di air. Kodok atau katak adalah salah satu jenis hewan amfibi yang sangat mudah ditemukan dan memiliki proses metamorfosis yang sangat sempurna kodok juga dibuahi secara eksternal di luar tubuh sehingga dapat melakukan bertelur dan menetas. Hewan kodok bernafas melalui insang dan kemudian tumbuh menjadi dewasa dengan menarik bagian depan dan belakang organ pernapasan berubah menjadi paru-paru dalam bentuk insang dan memiliki penyebab kodok pada Amphibi. Katak juga merupakan salah satu hewan amfibi mereka dapat hidup di dua alam. Walaupun begitu katak harus dekat dengan air untuk menjaga agar kulinya tetap lembab. Katak juga merupakan hewan vertebrata, karena tubuhnya tersusun dari kerangka yang disana terdapat tulang belakang. Struktur tulang katak juga unik. Mereka diciptakan mempunyai tulang kaki yang panjang sehingga dapat digunakan untuk melompat hingga jauh.

Baca Lainnya :  Juru Bicara

3. Ular (Reptil)

Ular

Ular merupakan salah satu jenis reptil yang tidak memiliki kaki dan hewan ini dapat bernafas dengan kulit dan paru-paru sehingga tingkat ular yang bisa membantu dengan membunuh mangsa. Snakes atau ular adlah hewan yang muncul di berbagai daerah dengan warna dan ukuran yang berbeda. sehingga dengan mudah untuk melakukan perkembang biakan.


4. Burung (Aves)

Burung

Burung  merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki bulu dan sayap. Sebagian besar dari aves ini bisa terbang, namun ada pula yang tidak bisa terbang, seperti ayam, burung unta, penguin. Selain itu hewan tercepat yang ada di bumi berasal dari aves, yaitu peregrine falcon atau yang bisa disebut alap-alap kawah. kecepatan alap-alap kawah dapat mencapai kecepatan 389 km/jam.


5. Kanguru (Mamalia) 

Kangguru

Kanguru merupakan salah satu jenis hewan mamalia dengan marsupial karena mereka dapat melahirkan bayi yang lebih muda sehingga mereka masih membutuhkan tas untuk tinggal bersama ibunya.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Hewan Vertebrata: Pengertian, Ciri, Klasifikasi, Contoh, Manfaat, Gambarnya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya