Pengertian HRD

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang HRD? Mungkin anda pernah mendengar kata HRD? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, tugas dasar, training, penunjang, tugas dan tanggung jawab. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan. 

HRD

Pengertian HRD

HRD adalah singkatan dari  Human Resources Development. Dalam ilmu terapan, HRD umumnya disebut sebagai “Personalia” atau “Kepegawaian”. HRD dalam dunia manajemen juga biasa disebut sebagai “Human Capitol” atau “Human Resource Management”.

Pengembangan SDM atau sumber daya manusia. Bagian atau departemen perusahaan yang tugas utamanya adalah mengelola orang-orang di dalam perusahaan.

Dimulai dengan tugas perencanaan yang sering disebut sebagai perencanaan SDM, rekrutmen sering disebut sebagai rekrutmen dan seleksi, dan pengembangan sering disebut sebagai pelatihan dan pengembangan.

Manajemen kinerja sering disebut sebagai manajemen kinerja, penggajian sering disebut sebagai kompensasi dan laba, dan itu memfasilitasi hubungan pekerja-manajemen atau hubungan kerja, sering disebut sebagai hubungan pekerja-manajemen.

Beberapa orang menyebut HRD ini hanya sebagai “HR”, sementara yang lain menyebutnya “Personalia”, “Kepegawaian”, “Sumber Daya Manusia”, “Human Capital”, “Human Resources Management”.

Pada prinsipnya, HRD dapat diartikan sebagai manajemen sumber daya manusia. Ini juga terdiri dari berbagai kegiatan seperti:

  • Perencanaan personil
  • Akuisisi personil
  • Pengembangan SDM
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • HR Retaining

Semua ini membantu perusahaan mencapai tujuan, visi, misi, dan nilai-nilai mereka.

Baca Lainnya :  Kepribadian Adalah

HRD adalah departemen di dalam perusahaan yang bertanggung jawab atas manajemen sumber daya manusia atau pemrosesan karyawan dalam perusahaan atau organisasi. HRD juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki karyawan terbaik.


Bisa Di Katakan HRD Yang Baik Adalah

  1. Tidak mudah menyerah. Seseorang yang berhasil dalam pekerjaannya agar tidak menyerah dan terus
  2. menantang semua masalah dan hambatan yang ada.
    Terima kasih untuk semua yang kamu dapat dan selalu terima apa yang dia lakukan. Karena ada kata yang Anda tabur. Itu yang kamu dapatkan.
  3. Orang-orang yang berhasil dalam HRD Integritas adalah mereka yang dapat mengendalikan diri dengan norma-norma lingkungan yang ada, serta berbicara dan menerapkan kata-kata dengan tindakan.
  4. Kemampuan berkomunikasi dengan baik dengan orang lain dan berpartisipasi dalam berbagai kelompok dan faksi.
  5. Keyakinan memberi Anda hasil terbaik.
  6. Bertindak tepat waktu Anda dapat berlatih tepat waktu untuk secara tidak sadar menghargai diri sendiri dan orang lain.
  7. Bersikap terbuka dan ikuti semua perubahan positif yang selalu ada.
  8. Bersikap hormat, hormat dan peka terhadap perubahan lingkungan di sekitar kita.
  9. Anda dapat melakukan semua yang Anda bisa dan melakukan yang terbaik.

Fungsi HRD

  • Internal: HRD bekerja sebagai pelatih untuk karyawan internal.
  • Eksternal: Karyawan HRD yang melakukan konseling di luar kategori perusahaan dapat dilihat dari tingkat kompetensi dan keinginan mereka yang tinggi dan akan terus bersaing.

Tugas Dasar HRD

  1. Kami mencari orang atau karyawan dalam posisi yang sesuai dengan kemampuan kami.
  2. Kami menyediakan pelatihan dan pengembangan staf.
  3. Pantau kinerja semua karyawan.
  4. Tentukan posisi dan penunjukan hadiah Anda.
  5. Distribusi pembayaran kepada karyawan.
  6. Survei dan penilaian karyawan.
  7. Pemantauan peralatan kesehatan dan keselamatan bagi karyawan.
  8. Pemecahan masalah dan pemecahan masalah bagi karyawan.
  9. Menjaga hubungan dengan setiap karyawan.
  10. Buat tim untuk proyek tertentu
Baca Lainnya :  Mitos Adalah

Pelatihan dan Pengembangan Pengawas HRD

Tugas pengawas juga memberikan panduan, tetapi di dunia HRD, pengawas memiliki departemen pelatihan dan pengembangan sendiri, yang tugasnya adalah:

  1. Berikan pelatihan kepada pendatang baru.
  2. Setiap tahun, perlu untuk memotivasi semua karyawan dan mengadakan seminar yang bermanfaat bagi setiap karyawan.
  3. Laporkan pembiayaan pelatihan yang dikirim ke direksi.

Penunjang Tugas HRD

Untuk melakukan tugas-tugas HRD, staf perlu berbagai kemampuan manajemen yang dapat dikoordinasikan dengan semua departemen dalam perusahaan.

Setelah itu, staf HRD juga harus dapat mempelajari aspek-aspek hukum yang ada di negara Indonesia dan mengatur hubungan antara karyawan dan perusahaan. Ini adalah tugas utama HRD. Namun, koordinasi dengan semua karyawan adalah elemen kunci keberhasilan HRD.


Tugas dan Tanggung Jawab HRD


1. Persiapan dan seleksi

  • Persiapan SDM (persiapan), saat melakukan persiapan, HRD juga harus memperhatikan faktor internal dan eksternal. Dalam hal ini, faktor-faktor internal yang sedang dipersiapkan meliputi banyak kebutuhan SDM, struktur organisasi, dll. Faktor-faktor eksternal dalam persiapan termasuk hukum perburuhan, kondisi distribusi tenaga kerja, dll
  • Perekrutan adalah bagian dari proses menemukan karyawan potensial di perusahaan Anda untuk memenuhi kebutuhan SDM Anda. Dalam proses perekrutan ini, HRD perlu melakukan analisis pekerjaan dan menjelaskan deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan.
  • Seleksi SDM (seleksi) adalah berbagai proses seleksi karyawan yang diterapkan pada perusahaan Anda untuk membantu Anda menemukan karyawan yang paling cocok. Dalam proses ini, HRD juga harus memperhatikan resume (CV) dan melakukan wawancara awal dan tes psikologis, wawancara kerja, dan proses lainnya.

2. Pengembangan dan evaluasi

Pengembangan dan evaluasi karyawan (pengembangan dan evaluasi) juga sangat penting untuk memastikan bahwa setiap karyawan dapat memberikan kontribusi terbesar bagi perusahaan. Proses ini memberikan pengarahan kepada karyawan untuk menguasai bidang dengan lebih baik dan meningkatkan kinerja.

Baca Lainnya :  Gamophobia adalah

3. Memberikan kompensasi dan perlindungan

Kompensasi adalah salah satu gaji atau remunerasi karyawan atas kontribusi mereka kepada perusahaan. Remunerasi ini harus dibayar secara teratur oleh perusahaan tempat karyawan bekerja dan harus mematuhi kondisi pasar tenaga kerja yang ada di lingkungan eksternal yang berbeda agar tidak menimbulkan masalah atau kerugian kerja bagi perusahaan.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian HRD: Fungsi, Tugas, Pelatihan, Penunjang dan Tanggung Jawab
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi