Hukum Pasakal

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Hukum Paskal? Mungkin anda pernah mendengar kata Hukum Paskal? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, rumus, bunyi, prinsip, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Hukum Paskal

Pengertian Hukum Paskal

Hukum Paskal merupakan sebuah hukum yang dicetuskan pertama kali oleh blaise pascal yang melakukan suatu eksperimen terhadap percobaan tentang air dan ia menyatakan bahwa air keluar lebih deras dan lebih jauh lewat lubang pada wadah yang permukaan atasnya terbuka, dibandingkan dengan wadah yang permukaan atas ditutup, hal ini dikenal dengan nama prinsip pascal. pascal yang isinya menyatakan bahwa ” Tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar.


Fungsi Hukum Pascal

Berikut ini merupakan fungsi dari hukum Pascal antara lain yaitu :


  • Untuk mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan alat berat sehingga menjadi lebih ringan, terutama jika berhubungan dengan beban.
  • Dapat mempermudah suatu kegiatan di suatu industri yang ada di dunia.
  • Dapat diaplikasikan pada banyak teknologi dan kebutuhan.
  • Biasanya Alat-alat yang menggunakan prinsip hukum pascal ini masih bisa terus dikembangkan agar semakin memudahkan kehidupan manusia.

Rumus Hukum Paskal

Berikut adalah rumus hukum paskal antara lain sebagai berikut:


F2=(F1.A2) : A1
A1=(F1.A2) : F2
F1=(F2.A1) : A2
A2=(F2.A1) : F1

F1 = Gaya pada A1
Satuan Newton ( N )
F2 = Gaya pada A2
Satuan Newton (N )
A1 = Luas Penampang 1
Satuan meter kuadrat ( m pangakat 2 )
A2 = Luas penampang 2
Satuan meter kuadrat ( m pangkat 2 )

Baca Lainnya :  Peta Adalah

Biasanya Setiap benda yang menggunakan istilah Hidrolik merupakan aplikasi dari hukum pascal.  Alat-alat yang bekerja berdasarkan hukum Pascal diantaranya adalah alat pengangkat mobil, dongkrak hidrolik, kempa hidrolik, dan rem mobil yang mampu mengangkat  beban yang berat seperti saat harus mengganti ban mobil


Bunyi Hukum Paskal

Hukum Pascal yang dikemukakan oleh Blaise Pascal berbunyi :
Tekanan yang diberikan kepada zat cair di dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dan sama besar (sama kuat)


Prinsip Kerja Hukum Paskal

Adapun beberapa prinsip kerja hukum paskal antara lain yakni:


1. Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik merupakan sebuah alat yang dipakai untuk mengangkat sebuah mobil ketika mengganti ban mobil atau kepentingan lainnya. Alat ini memanfaatkan dua buah silinder, yakni silinder besar dan silinder kecil. Prinsip alat ini dengan memberikan tekanan kecil pada penghisap kecil akan diteruskan oleh minyak melalui pipa ke penghisap besar sehingga bisa menghasilkan gaya angkat.


2. Pompa Hidrolik

Pompa hidrolik merupakan sebuah alat yang memakai tenaga kinetik energi dan cairan yang dipompakan pada suatu kolom dan energi itu diberikan tekanan yang tiba-tiba menjadi energi yang berbentuk lain (energi tekan). Pompa ini fungsinya untuk memindahkan energi mekanik menjadi energi hidrolik. Pompa hidrolik bekerja dengan cara mengisap oli yang asalnya dari tangki hidrolik dan mendorongnya ke dalam sistem hidrolk berupa aliran. Aliran ini yang digunakan dengan cara mengubahnya menjadi tekanan. Tekanan dihasilkan dengan cara menghambat aliran oli dalam sistem hidrolik.


3. Mesin Pres Hidrolik

Mesin pres hidrolik Umumnya untuk mesin pencetak alat – alat rumah tangga. mesin pre hidrolik sangat bergantung dengan prinsip hukum pascal, yaitu tekanan seluruh sistem tertutup adalah konstan. Salah satu bagian dari sistem tertutup yaitu piston bekerja sebagai pompa, dengan kekuatan mekanik sederhana yang bekerja pada luas penampang kecil, bagian lain yakni piston yang dengan luas lebih besar menghasilkan kekuatan mekanik yang besar pula.

Baca Lainnya :  Identitas Nasional

4. Rem Cakram Hidrolik

Rem cakram hidrolik merupakan bentuk dari pemanfaatan hukum pascal diterapkan pada rem (cakram) hidrolik. Rem (cakram) memakai fluida minyak. Pada saat kaki menginjak pedal rem, piston (pipa penghubung) akan memberi tekanan pada minyak yang ada didalamnya. Tekanan tersebut selanjutnya diteruskan pada kedua piston keluaran yang fungsina sebagai pengatur rem. Rem ini akan menjepit piringan logam yang mengakibatkan dapat timbul gesekan pada piringan yang melawan arah gerak piringan sehingga putran roda berhenti


Contoh Soal

Sebuah mobil yang beratnya 8.000 N akan diperbaiki bagian bawahnya. Mobil tersebut diangkat dengan alat pengangkat mobil. Piston kecil pada alat pengangkat mobil itu diberi gaya sebesar 200 N. Jika luas penampang piston kecil 5 cm2, berapakah luas penampang piston besar?

Pembahasan

Diketahui:
F1 = 8.000 N
A1 = 5 cm2 = 5 x 10-4 m2
F2 = 200 N

Ditanya:
A2 = …?

Jawab:
F1 : A1 = F2 : A2
A2 = (F2 : F1 ) x A2
= (8.000 : 200) x 5 x 10-4 x 10-1 m2

Jadi, luas penampang piston besar adalah 0,2 m2

2. Luas penampang dongkrak hidrolik masing-masing 0,04 m2 dan 0,10 m2. Jika gaya masukan adalah 5 Newton, berapa gaya keluaran maksimum ?
Pembahasan :
Diketahui :
A1 = 0,04 m2
A2 = 0,10 m2
F1 = 5 N
Ditanya : F2 ?
Jawab :F1/A1 = F2/A2
5/0,04 = F2/0,10
125 = F2/0,10

F2 = (125)(0,10) = 12,5 N


Demikian Penjelasan Materi Tentang Hukum Paskal : Pengertian, Fungsi, Rumus, Bunyi, Prinsip, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya.