Insecure adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Insecure? Mungkin anda pernah mendengar kata Insecure?  Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, penyebab, cara mengatasinya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Insecure adalah

Pengertian Insecure

Insecure merupakan perasaan dimana seseorang mengalami rasa tidak aman, seseorang cenderung hidup dalam ketakutan. Semakin tidak percaya diri, semakin banyak rasa tidak aman yang ada dalam pikiran. Perasaan insecure ini muncul karana kurang penghargaan terhadap diri sendiri seseorang merasa tidak puas dan tidak yakin oleh kemampuan dirinya. Rasa insecure bisa datang kapan saja dan dimana saja. Bisa pula membuat keseharian kita menjadi terganggu. Insecurity akan muncul karena berbagai hal, yakni disebabkan oleh diri sendiri atau bahkan orang lain. Misalnya karena kurangnya bersyukur dan selalu membandingkan diri dengan orang lain yang dianggap lebih punya poin plus, sehingga kita tidak mampu melihat kelebihan yang ada pada diri kita sendiri. Terlebih lagi di era sekarang media sosial menjadi platform untuk seseorang bebas mengekspresikan dirinya atau untuk sekedar membagikan apa yang mereka punya baik dari segi fisik, akademik maupun materi, itu bisa menjadi pemicu seseorang menjadi insecure.


Ciri-Ciri Insecure

Berikut adalah beberapa ciri-ciri seseorang merasa insecure diantaranya yakni:


  • Memandang diri sendiri lebih rendah menilai bahwa diri mereka tidak lebih baik dari orang lain.
  • Menghindari berinteraksi dengan orang lain orang yang sedang insecure akan merasa lebih terpuruk ketika membicarakan pencapaian satu sama lain, apalagi jika ia merasa tidak ada apa-apanya dibandingkan orang lain.
  • Mengalami ketakutan karna pernah dikhiyanati atau memiliki pengalaman yang buruk dimasa lalu pernah mengalami penolakan.
  • Sering membandingkan diri dengan yang lain karna mereka merasa tidak percaya diri dan tidak yakin dengan kemampuan dirinya.
  • Haus akan pengakuan dan pujian dari orang lain orang yang sedang merasa insecure akan cenderung minder dan memiliki kepercayaan diri yang turun, sehingga mereka selalu merasa membutuhkan pengakuan dan pujian atas apa yang mereka lakukan dari orang lain.
Baca Lainnya :  Komunikasi Interpersonal

Penyebab Insecure

Berikut adalah beberapa penyebab seseorang menjadi insecure diantaranya yakni:


1. Membanding-bandingkan diri dengan orang lain

Pada saat kita membandingkan diri dengan orang lain, kita melihat kelebihan orang lain yang tidak dimiliki oleh kita. Hal itu bisa membuat kita menjadi insecure dan tidak percaya diri. Daripada membandingkan diri dengan orang lain, ingat bahwa Tuhan menciptakan kamu spesial dan unik setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekuranganya masing-masing.


2. Pernah Mengalami Kegagalan Dan Menerima Penolakan

Kegagalan dan penolakan merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami insecure. Oleh karna itu penolakan dan kegagalan dapat menurunkan tingkat kebahagiaan dan menyebabkan menurunnya self-esteem seseorang. Ketika self-esteem menurun, ia akan mudah menolak kesempatan karena takut kembali menerima penolakan dan kegagalan dan menjadi seorang pemalu untuk mencoba kembali.


3. Merasa Kehilangan Kepercayaan Diri Karena Lingkungan Sosial

Seringkali kita merasa iri dengan orang lain, entah karena kecantikannya, kesuksesannya atau bahkan karena keramahtamahannya pada orang lain. Selain itu, pada kasus ini komentar orang lain juga bisa menjadikan kita merasa insecure dan meragukan diri sendiri. Setelah mendapatkan komentar, kita malah down dan enggan untuk berinteraksi kembali dengan orang lain karena takut dipandang serupa.

4. Insecure karena Selalu Ingin Terlihat Sempurna

Seringkali kita ingin terlihat sempurna dimata orang lain bahkan dalam mengerjakan apapun karna ingin dipuja dan dipuji seolah-olah kita adalah yang terbaik dan mampu melakukan pekerjaan kita dengan maksimal, namun apabila kita melakukan suatu kesalahan dan orang lain mulai membicarakan kita dan bahkan tau keburukan kita yang tentu saja membuat hati sangat kecewa. Kekecewaan ini membuat hati kita menjadi takut, cemas dan merasa tidak layak saat akan mengerjakan pekerjaan itu kembali. Sepanjang waktu didera rasa gelisah dan stres yang berkepanjangan.

5. Terlalu Banyak Melihat Sosial Media

Sosial media memang bisa menjadi tempat kamu mendapat inspirasi. Namun, bila kamu terlalu sering melihat sosial media orang lain, kamu bisa menginginkan apa yang mereka miliki dan merasa tidak cukup dengan talenta atau barang yang kamu miliki. Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki dan jangan sering-sering cek sosial media temanmu ya.

Baca Lainnya :  Pengertian Penilaian Kinerja

6. Menoleh ke masa lalu

Mungkin kamu memiliki masa lalu yang gelap dan itu membuat kamu merasa tidak layak untuk hidup. Ingat, masa depanmu tidak ditentukan oleh apa yang kamu lakukan kemarin namun ditentukan oleh apa yang kamu lakukan hari ini! Apa yang sudah berlalu, biarkanlah berlalu. Jangan membiarkan masa lalumu mendefinisikan siapa dirimu sekarang.


Cara Mengatasi Insecure

Berikut adalah beberapa cara mengatasi insecure antara lain sebagai berikut:

1. Self-love

Kunci kedua setelah bersyukur adalah mencintai dirimu sendiri, self-love sendiri bisa berupa apa saja, contohnya kamu bisa  selalu bilang didepan kaca “kamu cantik hari ini” atau mungkin kamu bisa menulis sesuatu di kertas tentang poin plus-mu, apa yang kamu suka dari dirimu, tentang pujian-pujian positif yang orang-orang pernah sampaikan kepada  dirimu, tulis apa saja tentang poin plus-mu dan selalu ingat setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Each of us are special and unique in our own, bahwa tidak ada produksi lain seperti dirimu di dunia ini.


2. Tulis kata-kata positif di jurnalmu

Saat kamu sedang merasa insecure, kamu butuh kata-kata positif untuk melawan insecurity di dalam dirimu. Salah satu cara paling ampuh adalah dengan membaca kata-kata positif yang ada di jurnalmu keras-keras atau terus ulangi kata-kata itu dalam hatimu. Seperti “I am smart. I am loved. I am accepted. I am not who I used to be.”


3. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang suportif

Semua orang pasti membutuhkan teman yang bisa mendukung dirinya di saat mereka sedang tidak percaya diri. Saat kamu mulai merasa insecure, komunikasikan kepada teman-teman terdekatmu dan minta mereka untuk mengingatkanmu akan hal positif yang kamu miliki.

Baca Lainnya :  Komponen Kebugaran Jasmani

4. Kurangin penggunaan sosial media

Sosial media adalah salah satu penyebab insecure. Dengan mengurangi penggunaan sosial mediamu, kamu menjadi tidak fokus dengan kehidupan orang lain dan tidak membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain


5. Dengarkan lagu-lagu yang membangun

Sekarang ini, banyak sekali lagu-lagu positif yang bisa membuat kita semakin percaya diri. Seperti antara lain “Pink-Perfect”, “Selena Gomez-Who Says”, “Jessie J-Who You Are” dan masih banyak lagi.


6. Lupakan masa lalumu

Berhenti menengok ke belakang. Melihat ke masa lalu tidak akan membantumu menjadi lebih baik jika kamu hanya bisa menyesalinya dan mengasihani diri sendiri. Belajarlah dari masu lalu, namun jangan biarkan masa lalumu membuat kamu merasa insecureYou are not who you were! 


7. Lakukan hal-hal yang positif

Temukan hobimu. Saat kamu disibukkan dengan kegiatan yang kamu senang lakukan, kamu tidak ada waktu untuk merasa insecure. Bila kamu belum tahu kegiatan apa yang kamu senangi, jangan takut untuk mencoba semua hal! Never try, never know!


8. Temukan kelebihan-kelebihanmu.

Seringkali, kita terlalu fokus dengan kekurangan kita sehingga kita menjadi insecure. Coba deh, lihat kelebihanmu yang selama ini kamu anggap biasa. Bersosialisasi dengan baik juga merupakan suatu kelebihan loh, girls! Jadi, temukan 1 kelebihan yang selama ini kamu anggap tidak berarti dan fokus pada kelebihan itu ya.


9. Stop membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain dan jangan lupa bersyukur

Tuhan menciptakan setiap makhluknya berbeda-beda yang pastinya dengan ukuran kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda juga, jangan selalu berpikiran bahwa kamu tidak berharga, kamu tidak pintar ataupun memandang dirimu rendah, dan berakhir selalu membanding-bandingkan dirimu dengan dirinya. Ingat setiap orang mempunyai takarannya masing-masing jadi tetaplah bersyukur dengan apa yang sekarang kamu punya.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Insecure adalah: Pengertian, Ciri, Penyebab, Cara Mengatasinya 
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswa