Internet Marketing

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Internet Marketing?Mungkin anda pernah mendengar kata Internet Marketing? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, manfaat, komponen, jenis, kelebihan, kekurangan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Internet Marketing

Pengertian Internet Marketing

Internet Marketing merupakan suatu cara atau segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet. Dalam hal ini memudahkan penjual untuk memasarkan produknya ke seluruh penjuru secara online serta dapat meningkatkan volume penjualan, dan mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang/jasa.


Ciri-Ciri Internet Marketing

Berikut adalah beberapa ciri-ciri internet marketing antara lain sebagai berikut:


  • Tipe promosi lebih fleksibel dan terpencar, misalnya lewat artikel, update blog, status media sosial, twit, dan semacamnya
  • Ruang lingkup promosi lebih luas, ditujukan untuk siapa saja dan di mana saja
  • Komunikasi dengan konsumen lebih responsif dan terbuka (terlihat dari makin banyaknya e-commerce yang menyediakan layanan pelanggan 24 jam)
  • Komunikasi banyak arah—baik penjual maupun pembeli sama-sama aktif mendiskusikan produk

Manfaat Internet Marketing

Berikut adalah beberapa manfaat internet marketing antara lain sebagai berikut:


  1. Sebagai strategi yang efektif dalam mempromosikan barang / jasa
  2. Dapat menghemat biaya produksi artinya kita tidak perlu mencetak brosur atau membayar seseorang untuk menawarkan produk
  3. Menjadi penghubung yang efektif bagi penjual dan pembeli karna tidak mengenal jarak
  4. Dapat menjangkau target pasar yang lebih luas
  5. Transaksinya sangat mudah dilakukan bahkan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun
  6. Dapat meningkatkan keuntungan karna jumlah pengguna internet begitu banyak dan tersebar diberbagai penjuru
  7. Banyak pilihan pemasaranya mulai dari media sosial, blog, melalui marketplace dll
Baca Lainnya :  Pengertian Market Share

Komponen Internet Marketing

Berikut adalah beberapa komponen internet marketing, diantaranya yaitu :


1. Proses

Program pemasaran melalui Internet melibatkan proses. Terdapat 7 (tujuh) tahap proses program pemasaran melalui internet diantaranya yaitu membentuk peluang pasar, menyusun strategi pemasaran, merancang pengalaman pelanggan, membangun hubungan antar muka dengan pelanggan, merancang program pemasaran, meningkatkan informasi pelanggan melalui teknologi dan mengevaluasi hasil program pemasaran secara keseluruhan.


2. Membangun Dan Mempertahankan Hubungan Dengan Pelanggan

Membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan merupakan tujuan pemasaran. Ada 3 (tiga) tahapan hubungan dengan pelanggan yaitu awareness, exploration dan commitment. Program pemasaran bisa dikatakan berhasil jika mampu untuk mengarahkan pelanggan hingga pada tahap komitmen pada perusahaan. Tujuan pemasaran melalui Internet yaitu menjalin hubungan dengan pelanggan, baik secara online maupun offline.


3. Online

Sesuai definisinya, Internet marketing adalah pemasaran yang dilakukan dalam dunia Internet, akan tetapi tetap terkait dengan program pemasaran tradisional.


4. Pertukaran

Dampak dari program pemasaran online yaitu pertukaran yang tidak hanya terjadi di dalam dunia Internet atau online, tapi juga harus berdampak pada pertukaran di penjualan secara nyata.


5. Pemenuhan Kepuasan Kebutuhan Kedua Belah Pihak

Dengan adanya Internet marketing, pemenuhan kepuasan kedua belah pihak lebih cepat terpenuhi yaitu dari segi perusahaan yang menggunakan Internet marketing dapat mencapai tujuan perusahaan seperti meningkatnya laba perusahaan, pangsa pasar yang semakin meluas dna lain sebagainya. Dari segi pelanggan yaitu terpenuhinya kebutuhan seperti mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat.


Jenis – Jenis Internet Marketing

Berikut adalah beberapa jenis-jenis internet marketing antara lain sebagai berikut:


  1. Iklan (Advertising) merupakan suatu bentuk promosi yang ditampilkan di suatu situs oleh pihak ketiga atau blog untuk supaya lalu lintas mengarah pada situs web perusahaan. Dengan menjalankan pemasangan iklan ini secara langsung akan dapat membuat produksi perusahaan menjadi meningkat.
  2. Search Engine Marketing (SEM) merupakan jenis pemasaran ini merupakan suatu upaya mempromosikan website dengan meningkatkan visibilitas dalam halaman hasil mesin pencarian atau SERPs layaknya Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.
  3. Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah proses menaikan visibilitas situs web atau halaman web pada mesin pencari.
  4. Social Media Marketing merupakan jenis pemasaran yang dijalankan dengan menggunakan sebuah sosial media dengan memanfatkan lalu lintasnya seperti memakai Facebook, instagram, ataupun twitter dan juga media sosial lainnya.
  5. Email Marketing merupakan jenis pemasaran dengan cara ini juga dijalankan dengan email dan melibatkan langsu pemasaran pesan dengan mengirimkan pesan melalui surat elektronik.
  6. Blog Marketing merupakan sebuah situs blog pada perusahaan yang digunakan untuk promosi.
  7. Refferal Marketing merupakan suatu cara yang digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen baru melalui referensi, metode ini biasa terjadi dari mulut ke mulut.
  8. Inbound Marketing merupakan jenis pemasaran inbound ini juga dengan memanfatkan pelanggan untuk membuat dan berbagi.
  9. Viral Marketing merupakan cara pemasaran yang prinsipnya sama saja dengan word of mouth dalam bentuk pesan elektronik yang disebarkan dari seseorang kepada orang-orang yang dikenalnya dengan berkelanjutan.
  10. Dropship atau Reseller merupakan orang yang memperjualkan lagi sebuah produk ataupun jasa dari orang lain hanya dengan katalog atau gambar saja, tidak mempunyai barang yang dijual tersebut.
  11. Afiliasi merupakan sebuah program pada sebuah perusahaan penyedia suatu jasa atau produk, dimana pembelian yang dilakukan para konsumen tidak langsung menuju di pihak utama, tetapi pada para pihak yang terdaftar sebagai afiliansi marketing.

Kelebihan Internet Marketing

Adapun beberapa kelebihan internet marketing diantaranya yakni:

Baca Lainnya :  20 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

  1. Pemasaran online dapat dilakukan selama 24 jam non-stop.
  2. Jangkauan pasar sangat luas karena kita dapat menjangkau berbagai kota, provinsi, bahkan negara lain (global) ketika memasarkan suatu produk melalui internet.
  3. Biaya pemasaran online cenderung lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran konvensional.
  4. Dengan internet marketing maka risiko kerugian cenderung lebih kecil dibandingkan pemasaran konvensional.
  5. Kita dapat melacak dan mengukur data respon konsumen dalam kegiatan pemasaran.
  6. Dapat memasarkan produk kepada banyak orang sekaligus secara personal tanpa menyita waktu.
  7. Sebagai penghubung yang efektif meskipun terpisah jarak yang jauh hanya modal smartphone, laptop dan internet saja

Kekurangan Internet Marketing

Berikut adalah beberapa kekurangan internet marketing diantaranya yakni:


  1. Biaya awal pembuatan situs ,perangkat lunak, hardware dan biaya pemeliharaan cukup mahal.
  2. Perlu keahlian khusus dibidang pembuatan iklan
  3. Membutuhkan waktu yang lama untuk sukses
  4. Banyak terjadi penipuan
  5. Tidak adanya komunikasi dan transaksi secara langsung antara penjual dan pembeli sehingga menghambat prospek dalam membangun hubungan yang memainkan peranan penting dalam penjualan konstan dan publisitas mulut (word of mouth ).

Demikian Penjelasan Materi Tentang Internet Marketing: Pengertian, Ciri, Manfaat, Komponen, Jenis, Kelebihan, Kekurangan
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya