Intervensi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang IntervensiMungkin anda pernah mendengar kata Intervensi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, bentuk, jenis, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Intervensi adalah

Pengertian Intervensi

Intervensi merupakan sebuah istilah yang merujuk dalam dunia politik di mana ada negara yang mencampuri urusan negara lainnya yang jelas bukan urusannya. Intervensi yaitu suatu bentuk campur tangan yang berlebihan dalam urusan politik, ekonomi, sosial dan budaya. Sehingga negara yang melakukan intervensi sering dibenci oleh negara-negara lainnya. Biasanya intervensi dilakukan dengan menggunakan kekuatan maupun suatu ancaman kekuatan.  Hal ini dilakukan untuk mengendalikan pihak lain dengan tujuan untuk mewujudkan tujuan tertentu terhadap pihak yang diintervensi. Intervensi dilakukan oleh negara lain atas dasar tujuan menguasai kekayaan alam Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Jika Indonesia menjadi negara yang semakin maju, hal tersebut dianggap sebagai ancaman bagi negara-negara lain, khusunya negara-negara di sekitar. Panglima TNI menyebut negara-negara tersebut sebagai Five Power Defence Arrangement (FPDA) yang terdiri atas negara-negara persemakmuran Inggris seperti Malaysia, singapura, Australia, Selandia Baru, dan tentu saja Inggris.

Tax amnesty adalah sebuah produk optimis pemerintah. Jika Indonesia tetap berada pada posisi optimis dan akhirnya maju, maka dengan sendirinya posisi Indonesia akan semakin kuat jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga: sebuah ancaman untuk mereka tentunya


Pengertian Intervensi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian intervensi menurut para ahli antara lain sebagai berikut:

Baca Lainnya :  Jaringan Epitel

1. Dr. Wirjono Prodojodikoro

Menurut Dr. Wirjono Prodojodikoro intervensi merupakan suatu campur tangan negara asing yang sifatnya menekan dengan alat kekerasan atau dengan ancaman melakukan kekerasan, apabila keinginannya tidak terpenuhi.


2. J.G. Starke

Menurut J.G. Starke intervensi merupakan suatu bentuk propaganda atau kegiatan lainya yang dilakukan oleh suatu negara dengan tujuan untuk mendorong terjadinya revolusi atau perang saudara di negara lain.


3. Parry dan Grant

Menurut Par ry dan Grant intervensi merupakan suatu bentuk terjadinya ikut campurnya sebuah negara dengan cara diktator dalam kaitannya sama negara lain dengan sebuah tujuan untuk menjaga sebuah negara atau juga untuk mengubah kondisi aktual tertentu.


4. Oppenheiman Lauterpacht

Menurut Lauterpach intervensi merupakan bentuk campur tangan sebuah negara secara diktator terhadap urusan dalam negeri negara lain dengan tujuan utama untuk memelihara atau pun untuk mengubah kondisi, situasi, atau pun barang yang ada di negara tersebut.


Bentuk-Bentuk Intervensi

Berikut adalah bentuk-bentuk intervensi menurut Menurut Kalevi. J. Holsti diantaranya sebagai berikut:


1. Intervensi Diplomatik

Intervensi Diplomatik merupakan suatu bentuk campur tangan yang mana seorang diplomat memberikan komentar memihak terhadap kasus atau persoalan politik yang melanda negara tempatnya bertugas.


2. Intervensi Klasik

Intervensis klasik merupakan suatu bentuk campur tangan yang dilakukan dengan kegiatan atau misi rahasia. Salah satu contoh bentuk intervensi klasi adalah menyuap pejabat negara di negara yang menjadi sasarannya agar mau melakukan tindakan tertentu.


3. Pameran Kekuatan Militer

Bentuk intervensi ini merupakan bentuk intervensi yang cukup efisien dengan biaya yang relatif murah dan resikonya rendah dibandingkan dengan melakukan pengiriman kekuatan militer ke suatu tempat.


4. Gerakan Bawah Tanah (Subversi)

Subversi merupakan suatu gerakan politik dan militer yang terorganisir, ditunjang, dan diarahkan negara asing, dimana tujuannya adalah untuk memanfaatkan berbagai elemen di negara sasaran.

Baca Lainnya :  Hewan Karnivora

5. Gerakan Gerilya

Gerilya merupakan bentuk intervensi hasil perpadauan antara subersi dengan sistem perang konvensional. Gerilya tidak selalu merupakan hasil intervensi kekuatan asing, namun cukup sering kegiatan gerilya merupakan intervensi dan manifestasi.


6. Intervensi Militer

Intervensi militer merupakan bentuk campur tangan yang diwujudkan dengan cara mengirimkan ekspedisi militer untuk menunjang suatu pemerintahan yang sedang berkuasa ataupun membantu kelompok pemberontak.


Jenis-Jenis Intervensi

Berikut adalah beberapa jenis-jenis intervensi antara lain yaitu:


  • Intervensi Keperawatan merupakan campur tangan dan tindakan perawat atau dokter yang keberadaannya untuk membantu klien atau pasien beralih ketahap kesehatan yang diinginkan atau kesembuhan yang menyeluruh.
  • Intervensi Pemerintah merupakan beberapa usaha dan tindakan untuk menekan pihak-pihak tertentu yang dilakukan oleh pemerintah dalam sebuah perancangan kerja yang tujuannya untuk sesuatu pencapaian yang lebih baik lagi.
  • Intervensi Kesehatan merupakan suatu tindakan logis yang dilakukan untuk kepentingan pasien. Misalnya kolaborasi dokter dan perawat guna memmberikan perawatan terbaik bagi pasien.

Contoh Tindakan Intervensi

Berikut adalah contoh tindakan intervensi yakni:

  • Dapat Mengirimkan prajurit suatu negara ke negara yang akan bertikai yang jelas bukan menjadi urusannya.
  • Melakukan embargo di suatu negara yang akan dimusuhi oleh lembaga negara yang lainnya.
  • Dapat Melakukan peperangan dengan cara blokade ke negara lainnya, padahal tidak ada sama sekali sangkut pautnya sama sekali.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Intervensi adalah: Pengertian, Bentuk, Jenis, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya