IPTEK Adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang IPTEK? Mungkin anda pernah mendengar kata IPTEK? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, peran, perkembangan, dampak dan sikap. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

IPTEK Adalah

Pengertian IPTEK

Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah teknologi belum digunakan. Istilah teknologi berasal dari techne atau cara dan logos atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia. Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia Pengertian teknologi secara umum adalah:

  • Proses yang meningkatkan nilai tambah
  • Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
  • Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan

Sedangkan dampak adalah suatu akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu . Jadi dampak teknologi adalah akibat yang ditimbulkan oleh suatu teknologi, bisa akibat baik bisa juga akibat buruk dalam kehidupan manusia. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Karena itu pada makalah ini kami membuat dampak-dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia


Peran IPTEK Bagi Masyarakat

Nana Syaodih S. (1997: 67) menyatakan bahwa sebenarnya sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Kalau manusia pada zaman dulu memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana. Terkait dengan teknologi, Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah. Ahli lain, Kast & Rosenweig menyatakan Technology is the art of utilizing scientific knowledge. Sedangkan Iskandar Alisyahbana (1980:1) merumuskan lebih jelas dan lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia. Dari beberapa pengertian di atas nampak bahwa kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya teknologi. Artinya, bahwa teknologi merupakan keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Seseorang menggunakan teknologi, karena menusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih mudah, lebih aman, dan lebih-lebih yang lain.

Baca Lainnya :  Latar Belakang Tritura

Perkembangan IPTEK

Saat ini, kebutuhan akan teknologi baik itu teknologi informasi maupun teknologi komunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah ke bawah dan golongan menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok. Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat adalah teknologi komuniksi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk toknologi dan kecanggihannya. Perkembangan teknologi komunikasi itu sendiri sebenanya sejalan dengan kehidupan serta keberadaan dari manusia itu sendiri. Ada empat titik penentu yang utama dalam sejarah komunikasi. Menurut Nordenstreng dan Varis (1973) adalah Perolehan (aquistion) bahasa yaitu pada saat yang sama dengan lahirnya manusia. Pengembangan seni tulisan berdampingan dengan komunikasi yang berdasarkan pada bicara. Reproduksi kata-kata tertulis dengan menggunakan alat pencetak, sehingga memungkinkan terwujudnya komunikasi massa yang sebenarnya.


Munculnya komunikasi elektronik, mulai dari telegraf, telepon, radio, televisi, sampai dengan satelit. Sedangkan menurut Alvin Toffler, terdapat tiga peradaban dalam perkembangan dari teknologi itu sendiri, yakni zaman pertanian, zaman industri dan zaman informasi. Sebelumnya sekedar menengok kembali bahwa sebenarnya teknologi komunikasi itu sendiri telah muncul semenjak Zaman Pra-sejarah. Dimana pada waktu itu orang sudah mampu menggunakan bentuk komunikasi. Akan tetapi bentuknya masih sangat sederhana. Misalnya entuk-bentuk sebatas gerakan alat tubuh, gambar-gambar sebagai bahasa, bunyi-bunyian dari tulang dan sebagainya. Akan tetapi meskipun demikian, hal tersebut telah dianggap sebagai sebuh bentuk komunikasi yang sesuai pada saat itu. Perkembangan selanjutnya telah sedikit mengalami kemajuan yang selangkh lebih baik lagi, misalnya bentuk komunikasi dalam huruf pictograf, Hieroglif oleh bangsa mesir kuno. Pada masa itu kedua jenis huruf ini juga sering digunakan ketika raja memberikan peraturan semacam tata tertib bagi masyarakatnya yang dipasang di tengah-tengah kota dimana bentuknya seperti bangunan tugu, yang dikenal sebagai Undang-Undang berbentuk tugu peringatan. Kemajuan dari teknologi komunikasi dirasakan lebih baik lagi setelah ditemukannya kertas oleh bangsa Cina yang terbuat dari serat daun papyrus.


Perkembangan ini bahkan sampai sekarang ini masih digunakan dan sangat dirasakan manfaatnya bagi umat manusia. Misalnya kertas digunakan dalam mencetak koran atau surat kabat, majalah, buku, dan lain sebagainya. Selanjutnya semakin berkembangnya pengetahuan manusia, maka teknologi komunikasi semakin menjadi lebih baik. Berawal dengan ditemukannya mesin uap oleh James Watt yang merupakan terbukanya masa revolusi industri, menimbulkan berbagai dampak yang memicu munculnya teknologi-teknologi. Satu langkah yang merupakan sungguh luar biasa, dimana penemuan satu hal menyebabkan munculnya berbagai hal lain. Penemuan telepon yang ditemukan pada tahun 1876, merupakan perkembangan teknologi komunikasi dengan menggunakan penerapan konsep analog. Hal tersebut berlangsung sampai sekitar tahun 1960-an. Dan setelah itu baru mengarah pada konsep digital. Kemudian perkembangan selanjutnya yakni ditemukannya vaksimile yang merupakan pemanfaatan komunikadi dengan memberikan data yang mampu dilewatkan melalui media telepon. Demikian halnya dengan perkembangan komputer. Komputer pertama yang diperkenalkan adalah ENIAC II. Digunakan pada tahun 1946, setelah perang dunia II. Komputer ini merupakan sebuah rangkain elektronika lampung tabung yang mempunyai berat sebesar 20 ton. Dengan adanya komputer inilah awal dari teknologi komunikasi dalam konteks digital kemudian berkembang dengan pesat. Era digital itu sendiri terjadi setelah satelit ditemukan dan di aktifkan. Berbagai macam penemuan yang telah ada sedikit banyak mengubah corak kehidupan dari masyarakat itu sendiri.


Dampak Perkembangan Teknologi Pada Masyarakat

Perkembangan mesin uap yang ditemukan oleh James. E. Watt ternyata membawa dampak pada Industri. Lahirnya teknologi itu berdampak pada industrialis dengan menggunakan mesin. Mesin-mesin berbahan dasar besi diciptakan di inggris pada 1780 menjadi fenomena yabg disebut “ Revolusi industri” dibidang pertekstilan. Perkembangan Iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat. Jenis-jeis pekerjaan yang sebelumnya menuntut fisik sekarang telah menggunakan robot dan perangkat mesin yang telah mengalihkan fungsi manusia dengn kecepatan yang menakjubkan , begitu juga dengan ditemukannya kafasiras komputer  yang telahmenggeser kemampuan otak manusia dalam berbagai bidangn  ilmu dan aktivitas manusia. Perkembangan Iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Iptek diyakini akan memberi umat kesehatan, kebahagian dan imortalitas. Sumbangan Iptek terhadap peradaban manusia tidak dapat dipungkiri, namun manusia tidak bisa memungkir kenyataan bahwa Iptek mendetangkan dampak yang negatif terhdap manusia. Berikut ini adalah dampak positif dan negatif perkembangan teknologi yaitu:

Baca Lainnya :  Contoh Prosa

1. Bidang informasi dan komunikasi

Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat, beberapa dampak positif yaang kita rasakan adalah sebagai berikut :

  1. Mempercepat dalaam mendapatkan informasi yng akurat dan terbaru didunia bagian manapun
  2.   Memoercepat sarana berrkomunikasi melalui handphone
  3. Mendapatkan layanan bank yang baik

Disamping keuntungan yang kita peroleh teryata teknologi dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif antara lain:

  • Pemanfaatan jasa komunikasi oleh teroris
  • Penyalahgunaan informasi dan situs tertentu yang terdapat di internet oleh pihak pihak tertentu
  • Kerasian alat tes semkin terancam , contoh melalui internet bisa mengetahiu tes psikologi
  • Kecemaasan teknologi sebaagai contoh yaitu kerusakan komputer karena terserang virus, menyebabkan kehilangan berbagaai file penting dalam komputer menimbulkan stres karena teknologi

2. Bidang ekonomi dan Industri

Beberapa manfaat dalam kemajuan dibidang ekonomi dan industri antara lain :

  1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
  2. Tejadinya instrialisasi
  3. Produktivitas dunia industri semakin meningkat
  4. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk slalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki
  5. Kecendrungan perkembangan teknologi dan ekonomi akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yng diperlukan
  6. Dibidang kedokteran dan kemajuan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi

3. Bidang sosial dan budaya

Akibat kemajuan teknologi dalam segi posittif adalah :

  • Perbedaan kepribadian pria dan wanita
  • Meningkatkan rasa percaya diri, tekanan kompetisi yang tajam dalam berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi akanmelahirkan generasi yang disiplin dan tekun

Adapun dampak negatif dari aspek budaya adalah sebagai berikut :

  1. Kemerosotan moral dikalangan masyarakat khususnya remaja dan pelajar
  2. Kenakalan dan tindak menyimpang dikalangan remaja semakin meningkat
  3. Semakinmelemahnya nilai gotong royong serta tolong \menolong membuat susahnya tercipta kesatuan sosial
  4. Pola interaksi manusia yang berubah

4. Bidang pendidikan

Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang dalam bidang pendidikan antara lain;

  • Munculnya media masa, khususnya mesia elektronik sebagai sumber ilmu danm pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah, guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
  • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru yang memudahkan sisswa dan guru dalam proses belajar mengajar
  • Sistempembelajaran tidak harus melalui tatap muka, dengan kemajuan teknologi proses pembelajara tidak harus mempertemukan siswa denga guru tetapi bisa menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.

5. Bidang politik

Beberapa dampak positif yang ditimbulkan dalam bidang politik adalah  :

  1. Timbulnya kelas menengah baru
  2. Proses regenersai kepemimpinan
  3. Dibidang politik internasional terdapat kecendrungan tumbuh kembangnya regionalisme.

Sikap Muslim Menghadapi Kemajuan Iptek

Bagi orang beriman, iman dan ilmu harus seimbang. Iman merupakan stir atau kompas sehingga orang beriman tidak kehilangan arah, dan tidak akan melupakan Tuhan Penciptanya. Kemajuan ilmu pengetahuan dan pesatnya peradaban di dunia ini bagi umat mukmin tidaklah akan melupakan dirinya untuk mempersiapkan bekal kehidupan yanag kekal di akhirat. Dalam mengukur kemajuan, umat mukminin, tidak melihat hanya pada sisi peradaban dunia belaka, tapi bagaimana kehidupan mereka sekaligus dapat menjalankan ajaran agamanya (mengikuti Al Qur’an dan Sunnah), di samping kemajuan di dunia ini. Dalam rangka ini hendaklah kaum muslimin tidak tertinggal di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan upaya-upaya berikut :

  • Cekatan Menciptakan Alat

Al Qur’an menyebutkan ‘allama bil qalam (Tuhan mengajar manusia dengan qalam) apa yang belum diketahuinya. Qalam artinya alat tulis. Bahwa Tuhan  mengajar manusia tanpa qalam bisa saja, tapi Dia hendak mendidik manusia untuk menulis dan membaca. Tulisan membantu manusia untuk menyimpan ilmu dan mengembangkannya. Manusia dapat saja menghafal banyak ilmu, tapi kemampuan daya ingat manusia terbatas, sehingga tanpa alat tulis, ilmu tidak dapat disimpan lama dan tidak dapat cepat menyebar. Sudahkah umat Islam menemukan dan menciptakan alat? Kemajuan zaman ditandai dengan ditemukannya alat-alat yang kini dikenal dengan teknologi. Siapapun masyarakat yang terus mencari dan menemukan alat-alat, akan hidup lebih mudah dan maju pesat dalam peradaban.

Baca Lainnya :  Sel Hewan

  • Menghargai Waktu

Ibarat pedang, kalau tak pandai memakainya, bisa melukai diri sendiri. Demikianlah pula waktu, kalau tak cerdas menggunakannya akan berbahaya. Masyarakat maju adalah masyarakat yang pandai dan amat menghargai waktu. Bagi pebisnis, waktu diibaratkan uang. Sedikit lengah menggunakan waktu, akan mengakibatkan kerugian. Tapi waktu dapat menggilas siapa saja yang tak mau menggunakannya dengan baik. Masyarakat yang santai, malas-malasan dan tak pandai menggunakannya bukan saja takkan maju, tapi juga akan tertinggal dan akan tergilas oleh zaman. Untuk menghargai dan memberikan arti yang tinggi, Tuhan sering bersumpah menggunakan ungkapan “Demi Waktu”. Demi Waktu Malam, Waktu Siang, Waktu Subuh, Waktu Dhuha, Demi Waktu Ashar, dsb. Maka sebagai umat Islam, sudahkah kita memanfaatkan waktu sebaik-baiknya? Jawabannya akan dibuktikan oleh kemajuan yang telah dan akan kita capai.


  • Memiliki Etos Kerja yang Kuat

Orang-orang Islam, utamanya yanag berada di wilayah-wilayah yang subur dan makmur tidak suka bekerja keras, dan tak tahan menghadapi kesulitan. Buat apa kerja keras kalau toh dapat hidup makmur. Di Indonesia, dimana penduduknya mayoritas umat Islam memiliki tanah yang subur sehingga digambarkan tongkat yang dilemparsaja ke tanah akan tumbuh sebagai tanaman. Jadi buat apa susah-susah bekerja, kalau semua tersedia dengan hidup santai.

Di daerah-daerah berpenduduk muslim, seperti negeri Arab dan kawasan Teluk yang makmur dengan petrodolarnya, masyarakatnya tidak maksimal bekerja. Belum pernah kita mendengar akhir-akhir ini ada penemuan baru di bidang teknologi yang dihasilkan oleh orang muslim disana. Negara-negara yang maju di bidang iptek dan peradaban adalah Negara-negara di mana masyarakatnya suka bekerja keras, memiliki etos kerja yang tinggi, tekun dan sungguh-sungguh menghadapi berbagai kesulitan. Hasil dari bersulit-sulit menciptakan berbagai alat adalah kemudahan-kemudahan, yang kini dinikmati bukan saja oleh mereka yang menemukannya, melainkan untuk kemakmuran bagi seluruh umat manusia. Al Qur’an mengatakan bahwa di samping kesulitan itu pasti ada kemudahan. Dinyatakan dalam QS. 94 (Al-Nasyrah): 5-8.


Demikian Penjelasan Materi Tentang IPTEK Adalah : Pengertian, Peran, Perkembangan, Dampak dan Sikap  Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.