Komunikasi Daring

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Komunikasi Daring? Mungkin anda pernah mendengar kata Komunikasi DaringDisini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, jenis, manfaat, komponen, kelebihan, kekurangan, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Komunikasi Daring

Pengertian Komunikasi Daring

Komunikasi Daring merupakan bentuk komunikasi secara online dengan kata lain cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet. Komunikasi daring biasa disebut dengan komunikasi maya. Komunikasi daring juga terwujud dalam bentuk layanan-layanan seperti email, aplikasi perpesanan, aplikasi untuk teleconference dan sebagainya.


Fungsi Komunikasi Daring

Berikut adalah fungsi komunikasi daring diantaranya yakni:


  • Fungsi Iformasi dalam hal ini komunikasi daring memiliki fungsi untuk media penyampai pesan dan informasi kepada penerima informasi.
  • Fungsi Kendali. Mengendalikan dan mengatur sebuah informasi sebagai kewenangan individu atau kelompok
  • Fungsi Motivasi, Komunikasi daring juga dapat mengacu pada pekerjaan dan semangat karyawan terhadap pekerjannya.
  • Fungsi Ekspresi Emosional. Komunikasi daring bisa menjadi perwakilan individu atau kelompok
  • Fungsi Penghemat waktu, komunikasi efisien dilakukan
  • Fungsi Penghemat biaya, dengan harga kuota internet yang lebih murah sangat membantu sekali komunikasi daring berjalan
  • Dapat Dilakukan dimana saja, ini artinya baik di pagi hari, siang, sore, malam tidak ada masalah jika melakukan komunikasi daring.
  • Fungsi Ilmu teknologi, komunikasi daring bermula dari ilmu pendidikan yang ketika itu dijadikan bahan penelitian.
  • Fungsi Intensitas komunikasi, kemudahan berkomunikasi menjadikan intensitas komunikasi bertambah tanpa adanya batasan.
  • Fungsi Partisipasi, komunikasi daring menjadikan peningkatan partisipasi dalam arti menambah individu atau kelompok dalam proses komunikasi
  • Fungsi Kontrol, proses komunikasi juga bisa diawasi Menteri Komunikasi sebagai badan pengawasan komunikasi dalam negeri.
  • Fungsi Dorongan, misalnya seorang penulis yang terdorong menulis tulisan yang berguna karena mudahnya akses komunikasi13.Penyalur ide, tulisan pada jaringan internet dapat menjadi sumber ide untuk individu yang membacanya.
  • Fungsi Sosialitas, misalnya facebook yang merupakan media komunikasi sosial yang bisa membantu dalam melakukan kegiatan sosial
  • Fungsi negara, yakni komunikasi daring membantu pemerintahan dalam penyampaian informasi kepada publik.
Baca Lainnya :  Demografi adalah

Jenis Komunikasi Daring

Berikut adalah beberapa jenis-jenis komunikasi daring antara lain yaitu:

1. Komunikasi dalam jaringan sinkron

Komunikasi dalam jaringan singkron merupakan jenis komunikasi daring yang menggunakan komputer sebagai medianya yang terjadi secara bersamaan, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron diantaranya:


  1. Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chat bisa dilakukan point-to-point (satu-satu) seperti Skype, atau interaksi multipoint (satu ke banyak/banyak ke banyak) Seperti Google+ Hangouts.
  2. Teks chat merupakan sebuah fitur, program, atau aplikasi dalam jaringain internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai internet yang sedang daring.

2. Komunikasi dalam jaringan asinkron

Komunikasi dalam jaringan asinkron merupakan komunikasi menggunakan perangkat komputer atau perangkat lain yang dilakukan secara “tunda”. Contohnya yaitu forum, email, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring lewat Worl Wide Web.


Manfaat Komunikasi Daring

Adapun beberapa manfat dari komunikasi daring diantaranya yakni:


  • Menjadi suatu sarana komunikasi
  • Menjadi suatu sarana E-Commerce atau perdagangan online
  • Menjadi suatu sarana E-Learning atau pembelajaran online
  • Menjadi suatu sarana E-Banking atau perbankan online
  • Menjadi suatu sarana riset
  • Menjadikan mudah peserta didik dan guru dalam melakukan interaksi dan berkomunikasi
  • Akses pada informasi yang berada pada tempat yang jauh
  • Menjadi suatu media hiburan interaktif

Komponen Komunikasi Daring

Adapun beberapa komponen pendukung suatu komunikasi daring antara lain:

  1. Perangkat keras atau hardware merupakan perangkat yang bisa dilihat dan diraba manusia secara langsung, misalnya adalah komputer, headset, dan perangkat pendukung koneksi internet lainnya.
  2. Perangkat lunak atau software merupakan program komputer yang mempunyai fungsi melakukan pekerjaan yang diinginkan. Misalnya adalah skype, facebook, dan lain sebagainya.
  3. Perangkat nalar/akal atau brainware merupakan manusia yang ikut serta dalam pemakaian dan pengaturan hardware dan software untuk menjalankan komunikasi daring.
Baca Lainnya :  Iman Kepada Allah

Kelebihan Dan Kekurangan Komunikasi Daring


Kelebihan

Adapun beberapa kelebihan komunikasi daring antara lain sebagai berikut:


  1. Komunikasi daring memiliki fleksibilitas tinggi karena dapat digunakan dimana dan kapan saja selama perangkat yang digunakan terhubung dengan internet dan mendukung penggunaan komunikasi daring.
  2. Komunikasi daring lebih hemat karena jika sehari-hari kita dalam komunikasi langsung harus bertatap muka, namun jika orang tersebut didaerah yang jauh hal tersebut akan lebih boros. Melalui komunikasi daring, biaya yang dikeluarkan sangat kecil, bahkan gratis sehingga tetap dapat terhubung dengan orang di daerah lain.
  3. Komunikasi daring dapat tersinkronisasi dengan layanan digital lain  sehingga akan lebih memudahkan penggunanya bila memerlukan tambahan keperluan dalam komunikasi.
  4. Karena terbukanya jalur komunikasi, maka semakin banyak pula orang yang bisa berpartisipasi dalam diskusi.

Kekurangan

Adapun beberapa kekurangan komunikasi daring antara lain sebagai berikut:


  1. Karena komunikasi daring adalah bentuk komunikasi yang tidak langsung sehingga pesan yang diterima pengguna hanya dapat diterjemahkan oleh penerima intu sendiri dengan persepsinya dan hal ini seringkali juga dapat menyebabkan terjadinya miskomunikasi
  2. Tidak semua orang dapat menggunakan komunikasi daring karena komunikasi daring memerlukan adanya perangkat elektronik dan koneksi internet.
  3. Komunikasi daring memang memberikan banyak kemudahan, namun jika hal ini tidak disikapi dengan bijak, komunikasi daring akan menjai penghambat produktiifitas sehari-hari
  4. Tidak mewakili emosi pengguna sehingga gerakan tubuh, raut muka, intonasi bicara, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami.

Contoh Komunikasi Daring

Berikut adalah beberapa contoh komunikasi daring antara lain yakni:


  • Text chat dan video call melalui Line.
  • Text chat dan video call melalui facebook.
  • Text chat dan video call melalui Whatsapp.
  • Video chat melalui Skype.
  • Text chat melalui Messenger.
  • Video call dengan google+ hangout.
Baca Lainnya :  Menyimak Informasi Lisan

Demikian Penjelasan Materi Tentang Komunikasi Daring: Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat, Komponen, Kelebihan, Kekurangan, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi semuanya.