Media Sosial

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Media Sosial? Mungkin anda pernah mendengar kata Media Sosial? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, sejarah, pengertian menurut para ahli, ciri, jenis, fungsi, dampak, perkembangan, peran, kelebihan dan kekurangan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Media Sosial: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi Serta Dampak Media Sosial

Pengertian Media Sosial

Media sosial ialah suatu sarana dalam jaringan dengan para pemakainya dapat dengan mudah ikut serta, sharing, menghasilkan isi seperti jaringan sosial, forum, wiki, blog dan lain sebagainya.


Sejarah Media Sosial

Sosial media, apa itu sosial media ? Menurut saya sosial media adalah suatu wadah atau tempat dimana orang dapat berkomunikasi sesama user (pengguna) secara tidak langsung dan dibutuhkan koneksi internet untuk dapat melakukan komunikasi ini. Di sini user atau pengguna dapat berbagi informasi berupa, kejadian, berbagi foto, dan dapat juga untuk menambah wawasan serta bisa juga sebagai ajang untuk mencari atau menambah teman. Internet merupakan salah satu aspek penting dalam berhubungan dalam aplikasi sosial media, internet telah merangkul dunia yang memegang peran manusia dalam kehidupan manusia. Internetpun juga bisa di katakan menjadi rekan manusia untuk berkomunikasi dalam sosial media, melalui internet manusia dapat berbagi informasi, melakukan kegiatan bisnis serta dapat menjalin hubungan sosial antar sesama manusia dengan menggunakan sosial media ini.


Tergantungnya kebutuhan manusia terhadap sosial media telah banyak membuat perusahaan perusahaan teknologi dan informasi membuat aplikasi aplikasi sosial media seperti facebook, twitter, myspace dan friendster, serta masih banyak lagi aplikasi sosial media yang ada di era perkembangan modern ini. Pesatnya perkembangan teknologi sekarang membuat banyak aplikasi aplikasi sosial media  baru yang bermunculan di dunia maya. Kini dengan mengandalakan smartphone yang berhubungan dengan internet, kita sudah bisa mengakses beberapa situs sosial media seperti, facebook, twitter, line, we chat, kakao talk dan itu semua bisa kita akses dimana saja dan kapan saja asalkan terhubung dengan koneksi internet dan itu membuat arus informasi semakin besar dan pesat.


Perkembangan sosial media yang pesat ini tidak hanya terjadi pada negara negara maju saja, di negara berkembang seperti tanah air kita ini Indonesia, banyak user atau pengguna sosial media dan perkembangan yang pesat ini bisa menjadi pengganti peran media massa konvensiaonal dalam menyebarkan berita atau informasi. Selain itu, Indonesia menempati urutan ke-5 di dunia dalam penggunaan akun twitter.  Selain untuk membagi informasi, sosial media maupun internet juga dapat dijadikan sebagai sutau kegiatan bisnis, seperti membuka toko online. Facebook dan Twitter menurut saya merupakan sosial media yang banyak digunakan sebagai toko online, mereka membuat akun baru dan memberi nama akun mereka menjadi kategori barang dagangan mereka yang akan mereka dagangkan. Membuat komunitas bisa juga dilakukan melalu sosial media, komunitas komunitas seperti fans boyband, girlband, fans  pecinta olahraga sepak bola, fans sebuah grup band dan masih banyak komunitas komunitas yang bisa kita buat.

Baca Lainnya :  Kekuasaan Adalah

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian media sosial, yakni sebagai berikut:

1. Menurut M.L. Kent

Menurut pendapat dari M.L. Kent, media sosial ialah seluruh bentuk sarana hubungan interaktif yang mengharuskan berlangsung korelasi dua arah dan umpan balik.


2. Menurut M. Terry

Menurut pendapat dari M. Terry, media sosial ialah sebagai pemakai isi bersama yang menerapkan teknologi pemberitaan berbasis internet bertentangan dari sarana cetak dan sarana siaran tv.


3. Menurut McGraw Hill Dictionary

Menurut pendapat dari McGraw Hill Dictionary, media sosial ialah media yang digunakan oleh setiap individu untuk berhubungan dengan satu sama lain dengan cara membentuk, sharing dan bertukar informasi serta ide dalam suatu jaringan dan komunitas dunia maya.


4. Menurut B.K. Lewis

Menurut pendapat dari B.K. Lewis, media sosial ialah identitas bagi teknologi digital yang mengharuskan tiap individu untuk berasosiasi, berhubungan, menghasilkan, dan sharing isi pesan.


5. Menurut Chris Brogan

Menurut pendapat dari Chris Brogan, media sosial ialah selengkap media hubungan dan kerja sama baru yang mengharuskan berlangsungnya sharing jenis korelasi yang sebelumnya tidak adanya bagi orang biasa.


Ciri-Ciri Media Sosial

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri dari media sosial, yakni sebagai berikut:

  • Keterhubungan

Mayoritas media sosial tumbuh cepat karena mempunyai suatu keahlian yang bisa menjalankan rangkaian antar pemakai, melewati suatu layanan hubungan ke website, sumber informasi dan bagi pemakai lainnya.


  • Perbincangan

Media sosial mengharuskan berlangsungnya diskusi ataupun perundingan antar pemakai secara dua arah dan umpan balik.


  • Partisipasi

Media sosial memajukan peranan dan umpan balik dari setiap individu yang terpikat atau berkeinginan memanfaatkannya, dapat bisa meredupkan batas antara media dan pembaca.


  • Keterbukaan

Mayoritas media sosial yang publik bagi umpan balik dan kontribusi melewati media voting, sharing dan komentar. Sekali-kali penjelasan untuk jalan masuk dan menggunakan isi pesan.


Jenis-Jenis Media Sosial

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis media sosial, yakni sebagai berikut:

1. Online Communities And Forums

Diperoleh beragam bentuk dan ukuran komunitas online dan forum, dimana banyak dibuat oleh konsumen atau komunitas konsumen tanpa tersedianya bunga menguntungan maupun asosiasi perusahaan. Sebagian komunitas online dan forum ini dipromotori oleh perusahaan yang untinya berkomunikasi dengan perusahaan dan satu sama lain yang melewati posting, instan, pesan, dan mengobrol yang berdialog tentang keingingan spesifik yang dapat berasosiasi dengan produk dan merek perusahaan.


2. Wiki

Sebagai situs yang mempunyai beragam individual yang berlainan seperti situs knowledge sharing, wikitravel yang berpusat pada berita lokasi, dan rancangan komunitas lebih khusus.

Baca Lainnya :  Contoh Karya Ilmiah

3. Blogs

Diperoleh antara tiga juta pemakai blog dan mereka sangat berbagai, beberapa jumlah blog pribadi untuk teman-teman dekat dan keluarga dan yang lainnya diciptakan untuk menggapai dan diakibatkan keramaian luas.


4. Social Networks

Jaringan sosial sudah sebagai magnet kekuatan yang berarti baik dalam bisnis konsumen dan pemasaran bisnis ke bisnis. Salah satunya yakni melalui facebook, instagram, twitter dan lain-lainnya. Jaringan yang berlainan tersebut mempromosikan manfaat yang berlainan untuk perusahaan tersebut.


Fungsi Media Sosial

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari media sosial, yakni sebagai berikut:

  • Untuk melapangkan hubungan sosial manusia dengan mengaplikasikan internet dan teknologi web
  • Perubahan penerapan komunikasi sesuai media berita dari satu lembaga media ke banyak audience ke dalam penerapan komunikasi perbincangan antara banyak audience
  • Menjunjung demokratisasi ilmu dan informasi
  • Perubahan manusia dari pemakai isi pesan sebagai pembuat pesan itu sendiri

Dampak Penyebab Media Sosial

Berikut ini terdapat 2 dampak penyebab media sosial, yakni sebagai berikut:

1. Dampak Positif Media Sosial

Berikut ini terdapat beberapa dampak positif media sosial, antara lain:

  1. Memperkuat tali persaudaraan maupun silaturahim
  2. Mempersiapkan bagian untuk berpesan positf. Sosial media sudah banyak digunakan oleh para tokoh agama, motivator dan ulama untuk menyalurkan ceramah keagamaan.
  3. Mengeratkan interaksi pertemanan.
  4. Mempersiapkan data yang tepat dan akurat.
  5. Memperbanyak pandangan dan pemahaman.

2. Dampak Negatif Media Sosial

Berikut ini terdapat beberapa dampak negatif media sosial, antara lain:

  • Pendustaan
  • Pornografi
  • Prostitusi
  • Media peredaran ideologi radikal tentang terorisme
  • Anak dan remaja menjadi berat untuk belajar
  • Anak dan remaja mudah menggunakan bahasa kotor di media sosial

Perkembangan Media Sosial

Berikut ini adalah perkembangan media sosial yaitu:

  1. Awal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahu 1978 dari penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan surat elektronik yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang keduanya adalah sesama pecinta dunia komputer.  Perkembangan sosial media pertaman kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik pertama oleh peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971.
  2. 1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data – data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website – website lain.
  3. 1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
  4. 1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
  5. 2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
  6. 2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
  7. 2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
  8. 2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
  9. 2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
  10. 2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
  11. 2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
Baca Lainnya :  Pengertian Toleransi

Peran Media Sosial

Berikut ini adalah beberapa peran media sosial yaitu:

  • Kesederhanaan

Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.


  • Membangun Hubungan

Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan  pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.


  • Jangkauan Global

Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.


  • Terukur

Dengan sistemtracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.


Kelebihan Media Sosial

Berikut ini adalah beberapa kelebihan media sosial yaitu:

  1. Komunikasi bukan hanya dengan teman saja tetapi bisa juga untuk kalangan yang populer.
  2. Komunikasi di twitter sangat cepat dalam menyebarkan informasi kepada teman kita.
  3. Terdapat fitur trending topic yang memungkinkan kita untuk mengetahui apa saja yang sedang dibicarakan oleh para pengguna twitter.
  4. Dapat memasarkan produk secara geratis.

Kekurangan Media Sosial

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari media sosial yaitu:

  • Setiap tweet dibatasi maksimal hanya 140 karakter saja.
  • Banyak symbol yang harus diingat kegunaannya oleh pengguna, seperti @, RT, # dan lain-lain.
  • Tidak ada fitur Chatting seperti di facebook.
  • Ukuran avatar (foto profil) kecil.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Media Sosial: Pengertian, Sejarah, Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis, Fungsi, Dampak, Perkembangan, Peran, Kelebihan dan Kekurangan Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.