Moral adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Moral? Mungkin anda pernah mendengar kata Moral? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, jenis, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan. 

Moral adalah

Pengertian Moral

Moral merupakan suatu sikap atau tindakan yang dimiliki tiap individu yang memiliki nilai positif seperti bersopan santun sesuai dengan norma yang ada di suatu masyarakat. Dengan memiliki moral manusia bisa menjalin hubungan yag baik dengan individu yang lain. Secara umum moral merupakan sesuatu yang berhubungan dengan prinsip-prinsip tingkah laku; akhlak, budi pekerti, dan mental, yang membentuk karakter dalam diri seseorang sehingga dapat menilai dengan benar apa yang baik dan buruk.


Pengertian Moral Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian moral menurut para ahli diantara lain yakni:


1. Menurut Wantah

Menurut Wantah moral merupakan sesuatu yang harus dilakukan atau tidak ada hubungannya dengan kemampuan untuk menentukan siapa yang benar dan perilaku yang baik dan buruk.


2. Menurut Zainuddin Saifullah nainggolan

Menurut Zainuddin moral merupakan suatu tradisi spiritual untuk melakukan serangkaian standar yang mengatur perilaku orang dan masyarakat


3. Menurut Sonny Keraf

Menurut Sonny moral merupakan suatu patokan yang digunakan oleh masyarakat sebagai penentu tindakan yang baik dan buruk atau masyarakat manusia sebagai manusia.


4. Maria Assumpta

Menurut Maria moral merupakan suatu aturan aturan (rule) mengenai sikap (attitude) dan perilaku manusia (human behavior) sebagai manusia

Baca Lainnya :  Media Sosial

5. Elizabeth B. Hurlock

Menurut Elizabeth moral merupakan suatu kebiasaan, tata cara, dan adat dari suatu peraturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya dalam masyarkat.


6. Imam Sukardi

Menurut Imam moral merupakan karakter yang dicirikan sebagai sesuatu yang baik dalam masyarakat melalui nilai-nilai yang diterapkan bersama.


7. Menurut Hurlock

Menurut hurlock merupakan suatu sikap sopan santun, kebiasaan, adat istiadat dan aturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya.


Fungsi Moral

Berikut adalah fungsi moral antara lain yakni:


  1. Sebagai upaya menjamin terwujudnya harkat dan martabat pribadi seseorang dan kemanusiaan.
  2. Untuk memotivasi manusia agar bersikap dan bertindak dengan penuh kebaikan dan kebajikan yang didasari atas kesadaran kewajiban yang dilandasi moral.
  3. Agar dapat menjaga keharmonisan hubungan sosial antar manusia, karena moral menjadi landasan rasa percaya terhadap sesama.
  4. Membuat manusia lebih bahagia secara rohani dan jasmani karena menunaikan fungsi moral sehingga tidak ada rasa menyesal, konflik batin, dan perasaan berdosa atau kecewa.
  5. Moral dapat memberikan wawasan masa depan kepada manusia, baik sanksi sosial maupun konsekuensi dalam kehidupan sehingga manusia akan penuh pertimbangan sebelum bertindak.
  6. Moral dalam diri manusia juga dapat memberikan landasan kesabaran dalam bertahan dalam setiap dorongan naluri dan keingingan/ nafsu yang mengancam harkat dan martabat pribadi.

Jenis dan Wujud Moral

Adapun beberapa jenis moral antara lain sebagai berikut:


1. Moral Ketuhanan

Moral Ketuhanan merupakan semua hal yang berhubungan dengan keagamaan/ religius berdasarkan ajaran agama tertentu dan pengaruhnya terhadap diri seseorang. Wujud moral ketuhanan, misalnya melaksanakan ajaran agama yang dianut dengan sebaik-baiknya.

Contohnya: menghargai sesama manusia, menghargai agama lain, dan hidup rukun dengan yang berbeda agama.

Baca Lainnya :  Narasi Adalah

2. Moral Ideologi dan Filsafat

Moral ideologi dan filsafat merupakan semua hal yang berhubungan dengan semangat kebangsaan, loyalitas kepada cita-cita bangsa dan negara. Wujud moral ideologi dan filsafat, misalnya menjunjung tinggi dasar negara Indonesia yaitu Pancasila.

Contohnya: menolak ideologi asing yang ingin mengubah dasar negara Indonesia.


3. Moral Etika dan Kesusilaan

Moral Etika dan Kesusilaan merupakan semua hal yang berkaitan dengan etika dan kesusilaan yang dijunjung oleh suatu masyarakat, bangsa, dan negara secara budaya dan tradisi. Wujud moral etika dan kesusilaan, misalnya menghargai orang lain yang berbeda pendapat, baik dalam perkataan maupun perbuatan.

Contohnya: mengucapkan salam kepada orang lain ketika bertemu atau berpapasan.


4. Moral Disiplin dan Hukum

Moral Disiplin dan Hukum merupakan segala hal yang berhubungan dengan kode etika profesional dan hukum yang berlaku di masyarakat dan negara. Wujud moral disiplin dan hukum, misalnya melakukan suatu aktivitas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Contohnya: selalu menggunakan perlengkapan yang diharuskan dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas ketika berkendara di jalan raya.


Contoh Moral di Masyarakat

Adapun beberapa contoh moral dimasyarakat yakni:


1. Sopan Santun

Sopan Santun merupakan bagian dari perilaku diri yang terekspresi dari kualitas moral sopan santun juga berupa sikap/sifat menghargai sesama manusia terutama yang lebih tua/dituakan seperti menghargai perbedaan pendapat sopan terhadap guru dan orang tua santun kepada teman saling mengasihi


2. Religius

Religius merupakan suatu sikap maupun perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, terbentuknya sikap toleran terhadap keberadaan agama yang berlainan, serta hidup berdampingan dengan rukun antar umat agama yang berbeda keyakinan. beribadah sesuai agama masing masing, bersedekah, membantu orang lain tanpa membeda bedakan agamanya, menyebarkan kebaikan, menjaga ucapan ataupun perbuatan. berkata yang baik dan sopan

Baca Lainnya :  Pelanggan adalah

3. Jujur

Jujur merupakan contoh moral yang didasarkan pada upaya menjadikan pribadi pada diri seseorang sebagai orang yang selalu dapat dipercaya, baik dalam aspek perkataan, lisann maupun tindakan,


4. Toleransi

Toleransi merupakan suatu sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman, yaitu adanya perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, perilaku maupun gagasan orang lain yang berbeda dari dirinya.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Moral adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Contohnya

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi