Musik Ansambel

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Musik Ansambel? Mungkin anda pernah mendengar kata Musik Ansambel? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, pengertian menurut para ahli, jenis, fungsi, golongan, peran, cara dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Musik Ansambel: Pengertian Serta Beragam Jenis Alat Musik Ansambel

Pengertian Musik Ansambel

Istilah Ansambel bersumber dari bahasa Prancis, Ansambel artinya suatu kumpulan musik. Berdasarkan kamus musik, ansambel ialah rombongan aktivitas alat musik dengan jenis aktivitas seperti yang tertera dalam identitasnya. Istilah lain dari musik ansambel ialah bermain musik secara berkelompok dengan memakai sebagian alat musik khusus dan membawakan lagu-lagu musik serta menurut tipe alat musiknya.


Pengertian Musik Ansambel Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian musik ansambel menurut para ahli:

1. Menurut Banoe (2003)

Musik ansambel adalah permainan bersama dalam satuan kecil alat musik.


2. Menurut Sanjaya dkk (2019)

Ansambel adalah sekelompok orang yang memainkan instrumen musik baik instrumen sejenis maupun yang berbeda, dan dimainkan secara bersama-sama.


3. Menurut Evasanti dkk (2015)

Musik ansambel adalah musik yang dimainkan secara bersama dalam satu kelompok dibentuk berdasarkan tujuan, cara penyajian, materi lagu, jumlah pemain ditentukan oleh panitia penyelenggara.


4. Menurut Nugroho dkk (2018)

Musik ansambel adalah suatu bentuk musik yang disajikan melalui beberapa instrumen musik yang dimainkan oleh sekelompok pemain.

Jenis Musik Ansambel

Berikut ini terdapat 3 jenis musik ansambel, yakni sebagai berikut:

1. Menurut Penyajiannya

Menurut penyajiannya, terdapat 2 jenis, antara lain:

  • Musik Ansambel Sejenis

Musik ansambel sejenis ialah bentuk pengajuan musik ansambel dengan memakai perlengkapan musik sejenis. Contohnya ialah ansambel rekorder.

Baca Lainnya :  Pengertian Dakwah

  • Musik Ansambel Campuran

Musik ansambel campuran ialah bentuk pengajuan musik ansambel yang memakai sebagian jenis alat musik. Contohnya ialah gitar, rekorder, pianika, triangel, simbal serta tamborin.


2. Menurut Peranan dan Fungsinya

Menurut peranan dan fungsinya, terdapat 3 jenis, antara lain:

1. Ansambel melodis

Ansambel melodis ialah alat musik yang digunakan untuk membawakan susunan irama yang disebut dengan melodi lagu. Contohnya ialah piano, rekorder, pianika, biola, terompet, tamborin serta harmonica.


2. Ansambel ritmis

Ansambel ritmis ialah alat musik yang digunakan untuk menata musik sebuah lagu. Contohnya ialah tamborin, drum set, triangle, gong serta gendang.


3. Ansambel harmonis

Ansambel harmonis ialah alat musik yang digunakan untuk membawakan susunan irama dan juga menata nada lagu.


3. Menurut Golongannya

Menurut golongannya, terdapat 2 bagian, antara lain:

  • Dilihat dari segi asal bunyinya

Terdapat 5 bagian dari segi asal bunyinya, yakni sebagai berikut:

  1. Akrofon ialah alat musik yang asal bunyinya bersumber dari resonansi udara yang ada. Contohnya ialah, seruling dan terompet.
  2. Membranofon ialah alat musik yang mendeteksi asal bunyi dari plastik. Contohnya ialah gendang, rebana dan drum.
  3. Kordofon ialah alat musik yang asal bunyinya diperoleh dari tali. Contohnya ialah gitar, kecapi dan biola.
  4. Idiofon ialah alat musik yang asal bunyinya terdapat pada bunyi alat itu sendiri ketika dimainkan. Contohnya ialah angklung dan gong.
  5. Elektrofon ialah alat musik yang bunyinya berasal pada spaning listrik. Contoh nya ialah instrumen listrik dan gitar listrik.

  • Cara Memainkan Alat Musik

Berikut ini ada 5 cara memainkan alat musik, yakni sebagai berikut

  1. Dipukul, Contohnya ialah drum, bongo, gendang serta saron.
  2. Dipetik, Contohnya ialah gitar serta kecapi.
  3. Ditiup, Contohnya ialah terompet, seruling serta klarinet.
  4. Digoyangkan ataupun digetarkan, Contohnya ialah angklung.
  5. Digesek, Contohnya ialah biola, rebab serta selo.
Baca Lainnya :  Pers adalah

Fungsi Musik Ansambel

Berikut adalah fungsi musik ansambel sebagaimana terkait dengan seni pertunjukan menurut Susetyo (2007):
  • Sebagai sarana ritual, seperti musik ansambel tradisional Bali untuk mengiringi upacara atau musik ansambel untuk mengiringi acara keagamaan di Gereja.
  • Sebagai ungkapan pribadi yang umumnya berupa hiburan pribadi, yang berarti dapat memberikan hiburan untuk pribadi maupun khalayak umum yang menonton pertunjukan.
  • Sebagai presentasi estetis, yakni untuk memenuhi kebutuhan estetika dan berekspresi serta berapresiasi seni.

Golongan Musik Ansambel

Golongan alat musik ansambel dapat dibagi menjadi 3 yaitu dilihat dari aspek sumber bunyi, cara memainkan, dan peranannya dalam musik ansambel.

  • Akrofon yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara yang ada. Contohnya, seruling dan terompet.
  • Membranofon adalah alat musik yang mendapatkan sumber bunyi dari plastik, seperti gendang, rebana, dan drum.
  • Kordofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya didapatkan dari dawai atau tali seperti gitar, kecapi, dan biola.
  • Idiofon yaitu alat musik yang sumber bunyinya terletak pada bunyi alat itu sendiri apabila dimainkan. Contohnya, angklung dan gong.
  • Elektrofon adalah alat musik yang bunyinya bersumber pada tegangan listrik. Contohnya, organ listrik dan gitar listrik.

Peranan Alat Musik

Berikut ini adalah beberapa peranan alat musik yaitu:

1. Alat Musik Melodi

Alat musik yang dapat menghasilkan susunan nada yang kemudian menjadi sebuah lagu pada musik ansambel . Contoh : piano dan gitar


2. Alat Musik Harmoni

Alat musik yang dapat menghasilkan keselarasan suara dalam mengiringi sebuah lagu. Contoh : Bass, biola, dan akordeon.


3. Alat Musik Ritmis

Merupakan alat musik yang mempunyai peranan sebagai untuk mengatur ritme sebuah lagu. Contoh : ring bel dan triangle.


Cara Memainkan Musik Ansambel

Menurut Hartayo (1994), terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk bermain musik ansambel, yaitu:
  1. Aransemen lagu.
  2. Kedisiplinan bermain dari masing-masing pemain.
  3. Kemahiran dari masing-masing pemain.
  4. Keseimbangan dari masing-masing bunyi instrumen.
  5. Berlatih secara disiplin dan berulang-ulang.

Contoh Alat Musik

Berikut ini adalah beberapa contoh alat musik yaitu:

  • Tamborin

Merupakan salah satu alat musik ritmis yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu yang berirama riang. Tamborin berbentuk berupa lingkaran logam yang pada sisi-sisinya terdapat bulatan-bulatan logam tipis yang dipasang rangkap. Tamborin ada juga yang menggunakan kulit. Tamborin memiliki beberapa simbal atau kerincingan logam kecil di sekeliling bingkainya yang akan mengeluarkan bunyi bergemerincing bila alat musik ini digoyangkan.

Baca Lainnya :  Kegiatan Ekonomi

  • Rebana

Adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Memiliki bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. Kesenian di Malaysia, Brunei, Indonesia dan Singapura yang sering memakai rebana adalah musik irama padang pasir, misalnya, gambus, kasidah dan hadroh. Cara memainkan rebana dipukul-pukul dengan telapak tangan.


  • Drum

Adalah kelompok alat musik pukul yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, dan lain-lain. Dalam musik pop orang yang memainkan drum set disebut “drummer”.


  • Kastanyet

Merupakan alat musik yang terdiri atas sepasang kepingan gading atau kayu keras yang cekung yang digesek-gesekkan dengan (ibu) jari untuk mengiringi irama tari-tarian Spanyol. Kastanyet dimainkan dengan cara meletakkannya di tangan kiri lalu tangan kanan menepuk tangan kiri yang memegang kastanyet.


  • Triangle

Merupakan alat musik dengan penampilan yang sangat sederhana berbentuk segitiga masuk dalam kategori perkusi idiofoni yang berarti menghasilkan suara dari getaran seluruh badan instrument tersebut. Triangle merupakan alat musik dari bahan besi logam berbentuk segitiga. Cara memainkannya adalah tangan kiri memegang gantungan tali, sedangkan tangan kanan memukul dengan batang pemukul dari besi.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Musik Ansambel: Pengertian, Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis, Fungsi, Golongan, Peran, Cara dan Contoh Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.