Operasioanal adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Operasional?Mungkin anda pernah mendengar kata Operasional? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, tujuan, tipe, dan contohnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Operasional

Pengertian Operasional

Operasional merupakan suatu konsep yang bersifat abstrak untuk memudahkan pengukuran suatu variabel. atau dapat diartikan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan ataupun pekerjaan penelitian. Serta menjabarkan variabel-variabel yang timbul dari suatu penelitian ke dalam indicator-indikator yang lebih terperinci.


Pengertian Operasional menurut para ahli

Adapun beberapa pengertian operasional menurut para ahli antara lain sebagai berikut:


1. Nani Darmayanti

Menurut Nani Darmayanti operasional merupakan  rumusan tentang ruang lingkup dan juga ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan serta penelitian suatu karya ilmiah.


2. Husein Umar

Menurut Husein Umar operasional merupakan suatu penentuan dalam suatu construct sehingga  dapat menjadi variable (variabel-variabel yang dapat diukur)


3. Asep Hermawan

Menurut Asep Hermawan operasional adalah penjelasan bagaimana dapat mengukur variable. Dalam Pengukuran tersebut dapat dilakukan dengan angka – angka ataupun atribut – atribut tertentu.


4. Budi Pranata

Menurut Budi Pranata operasional merupakan kuantitas ataupun jumlah yang tidak cocok.


5. Walizer & Wienir

Menurut Walizer & Wienir operasional merupakan seperangkat petunjuk yang lengkap tentang apa yang harus diamati(observasi) dan bagaimana juga mengukur suatu variabel ataupun konsep definisi operasional tersebut  dan dapat membantu kita untuk mengklasifikasi gejala di sekitar ke dalam kategori khusus dari suatu variable.

Baca Lainnya :  Pengertian Penilaian Kinerja

6. Hoover

Menurut Hoover operasional merupakan identifikasi tentang sesuatu hal yang  bersifat (variabel) sehingga dapat digunakan untuk diamati (observasi).


7. Nursalam

Menurut Nursalam operasional merupakan definisi berdasarkan karakteristik yang dapat diamati dari suatu yang yang dikerjakan tersebut.


Tujuan Operasional penelitian

Berikut adalah tujuan operasional dari penelitian antara lain sebagai berikut:

  • Dapat mengidentifikasi dengan baik semua kebutuhan-kebutuhan yang terkait dengan penelitian
  • Mengetahui masalah – masalah apa saja yang timbul pada penelitian
  • Menghasilkan penerapan system pada penelitian
  • Mengetahui Masalah Apa Saja Yang Timbul pada Penelitian.
  • Menghasilkan Penerapan Sistem Pada Penelitian.
  • Dapat Mengidentifikasi Dengan baik semua kebutuhan Yang terbaik dengan Penelitian

Tipe-Tipe Definisi Operasional

Adapun tipe-tipe definisi operasional antara lain sebagai berikut:


1. Definisi operasional Tipe A

Definisi operasional Tipe A atau Pola I dapat disusun didasarkan pada operasi yang harus dilakukan, sehingga menyebabkan gejala atau keadaan yang didefinisikan menjadi nyata atau dapat terjadi.

Dengan menggunakan prosedur tertentu peneliti dapat membuat gejala menjadi nyata.


Contoh: “Konflik” didefinisikan sebagai keadaan yang dihasilkan dengan menempatkan dua orang atau lebih pada situasi dimana masing-masing orang mempunyai tujuan yang sama, tetapi hanya satu orang yang akan dapat mencapainya.


2. Definisi operasional Tipe B

Definisi operasional Tipe B atau Pola II dapat disusun didasarkan pada bagaimana objek tertentu yang didefinisikan dapat dioperasionalisasikan, yaitu berupa apa yang dilakukannya atau apa yang menyusun karaktersitikkarakteristik dinamisnya.


Contoh: “Orang pandai” dapat didefinisikan sebagai seorang yang mendapatkan nilai-nilai tinggi di sekolahnya.


3. Definisi Operasional Tipe C

Definisi operasional Tipe C atau Pola III dapat disusun didasarkan pada penampakan seperti apa objek atau gejala yang didefinisikan tersebut, yaitu apa saja yang menyusun karaktersitik-karaktersitik statisnya.

Baca Lainnya :  Komunikasi Interpersonal

Contoh: Orang pandai dapat didefinisikan sebagai orang yang mempunyai ingatan kuat, menguasai beberapa bahasa asing, kemampuan berpikir baik, sistematis dan mempunyai kemampuan menghitung secara cepat.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Operasional: Pengertian, Tujuan, Tipe, Dan Contohnya

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya