Pabrik adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Pabrik? Mungkin anda pernah mendengar kata Pabrik?  Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, tujuan, elemen, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Pabrik adalah

Pengertian Pabrik

Pabrik merupakan suatu bangunan industri besar serta didalamnya tempat terjadinya suatu produksi makanan, barang, atau produk yang dihasilkan di mana para pekerja mengolah benda atau mengawasi pemrosesan mesin dari satu produk menjadi produk lain, sehingga mendapatkan nilai tambah. Kebanyakan pabrik modern memiliki gudang atau fasilitas serupa yang besar yang berisi peralatan berat yang digunakan untuk lini perakitan. Pabrik mengumpulkan dan mengkonsentrasikan sumber daya: pekerja, modal, dan mesin pabrik industri. Pabrik atau industri secara umum adalah kelompok bisnis tertentu yang memiliki teknik dan metode yang sama dalam menghasilkan laba.


Ciri-Ciri Pabrik

Berikut adalah beberapa ciri-ciri pabrik antara lain yakni:


  • Adanya suatu bangunan yang besar.
  • Adanya pekerja atau karyawan.
  • Terdapat beberapa mesin yang digunakan untuk bekerja.
  • Memiliki kegiatan mengolah bahan mentah atau bahan baku.
  • Lebih banyak menggunakan tenaga mesin daripada tenaga manusia.
  • Produk yang dihasilkan untuk kebutuhan dalam negeri dan sebagai komoditas ekspor.
  • Jumlah produk atau barang yang dihasilkan sangat banyak.

Tujuan Didirikanya Pabrik

Adapun beberapa tujuan didirikanya pabrik antara lain yakni:


  1. Untuk memproduksi barang dan menambah nilai guna barang untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.
  2. Supaya membuat bahan pangan sandang dll lebih mudah karna adanya mesin yang canggih sehingga tidak banyak mengeluarkan tenaga manusia.
  3. Meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran.
  4. Untuk memenuhi kebutuhan hidup konsumen maupun masyarakat.
Baca Lainnya :  Pembuluh Nadi

Elemen Perancangan Pabrik

Adapun beberapa elemen perancangan pabrik antara lain sebagai berikut:


  1. Kekuatan Pemilik Modal : Sebagai modal awal utk pengadaan faslitisa produksi, modal operasi dan modal utk kepentingan ekspansi. Biasanya diperoleh dari tabungan pribadi, pinjaman bank, penjualan saham dan lain lain.
  2. Perancangan Produk : Hal ini akan berkaitan dengan macam dan jumlah mesin serta fasilitas penunjang produksi lainnya.
  3. Perencanaan Volume Penjualan : Informasi ini akan berguna utk menentukan jumlah dan kapasitas mesin yg harus disediakan.
  4. Pemilihan Proses Produksi : Hal ini akan berfungsi utk merencanakan proses produksi yg paling ekonomis berdasarkan produk dan mesin yg akan digunakan.
  5. Analisa”Membuat” atau “Membeli” : Hal ini terkait dengan efisiensi dan efektifitas proses produksi.
  6. Ukuran Pabrik : Hal ini tergantung dari volume produk yg dihasilkan dan modal yg ditanamkan.
  7. Harga Jual Produk : Utk menentukan harapan keuntungan dalam persaingan di pasar dab kulaitas produk.
  8. Lokasi Pabrik : Sangat dipengaruhi banyak factor dan juga modal yg ada.
  9. Tata Letak Pabrik : Utk menentukan penempatan mesin dan fasilitas pendukung produksi.
  10. Pemilihan Type Bangunan : Utk melindungi segala fasilitas produksi dan semua sumber daya yg ada di dalam pabrik.
  11. Kemungkinan Perubahan Jenis Produk Yg Dibuat/Diproduksi
  12. Pertumbuhan dan Perkembangan Organisasi Pabrik

Contoh Pabrik

Berikut adalah beberapa contoh pabrik antara lain sebagai berikut:


1. Pabrik Tekstil

  • Produk Pakaian : Merupakan salah satu produk andalan dan produk utama yang di keluarkan oleh industri tekstil. Pakaian yang di produksipun memiliki beragam jenis seperti adanya insudtri tekstil yang memproduksi bahan pembuat kain atau baju, berbagai jenis sapu tangan, seragam labor, seragam angkatan bersenjata, baju kedokteran dan juga handuk.
  • Produksi penyedia berbagai perabotan rumah tangga : Ada banyak perabotan perkantoran dan perabotan rumah tangga yang di hasilkan oleh industri tekstil ternama di indonesia. Salah satu produk dari insudtri tekstil yang elegan dan fungsional adalah karpet tebal yang di buat dengan bahan halus dan baik. Produk peralatan rumah tangga yang lain yang di hasilkan oleh perusahaan industri tekstil lainnya adalah kursi sofa yang lengkap dengan alasnya.
Baca Lainnya :  Pengertian Cek

2. Pabrik Makanan

Beberapa contoh hasil produksi dari pabrik industri makanan berupa roti, industri es krim, makanan ringan, pasta, keju dan produksi lainnya. Bukankah masyarakat sekarang ini sangat menyukai makanan olahan dan kemasan yang merupakan hasil dan produk dari sektor perusahaan industri makanan.


3. Pabrik Otomotif

Merupakan salah satu contoh pabrik industri yang akan merancang, memproduksi, mengembangkan, menjual serta memasarkan segala kendaraan bermotor. Otomotif sendiri bisa di artikan sebagai kata sifat yaitu : segala sesuatu yang memiliki keterkaitan dengan alat yang dapat bergerak dan berputar dengan sendirinya. Otomotif sendiri biasanya memiliki hubungan dan di kaitkan dnegan mesin atau motor yang bisa menggerakkan dan memberi daya pada benda yang lebih besar daripada mesin penggerak tersebut. Perusahaan industri otomotif tentunya memiliki kaitan yang sangat erat dengan dunia transportasi dimana kedua bidang yang saling berhubungan tersebut akan menggunakan tenaga motor dan mesin dalam pergerakan berbagai benda seperti motor, mobil, bus dan berbagai alat-alat lain yang kerap di gunakan pada bidang industri dan transportasi. Hanya saja bagi sebagian orang hanya akan mengaitkan istilah industri otomotif hanya sebatas masalah motor dan mobil yang mana makna sebenarnya dari sebuah industri otomotif lebih luas dari kedua hal tersebut.


4. Pabrik Perabotan Rumah Tangga

Merupakan salah satu contoh pabrik industri yang menghasilkan produk-produk yang biasa dibutuhkan dan yang akan digunakan dalam kegiatan rumah tangga seperti pabrik, TV, AC, Mesin Cuci, Kulkas,Magic com, Kompor, Kipas angin dan lain sebagainya.

 


Demikian Penjelasan Materi Tentang Pabrik adalah: Pengertian, Ciri, Tujuan, Elemen, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswa