Pengertian Annual Report

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Annual Report? Mungkin anda pernah mendengar kata Annual Report? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, Tujuan, Fungsi, Ciri, Pedoman, Tahapan, Manfaat dan Contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Pengertian-Annual-Report

Pengertian Annual Report

Laporan Tahunan atau annual report adalah sebuah laporan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk publik ; investor, regulator, dan pihak-pihak yang berkepentingan.

Laporan tahunan ini secara umum memuat laporan keuangan dasar dan analisa manajemen atas operasi tahun lalu dan prospek di masa depan.

Laporan tahunan merupakan salah satu laporan penting dari berbagai laporan yang dikeluarkan perusahaan.


Tujuan Laporan Tahunan

Berikut ini terdapat beberapa tujuan laporan tahunan, yakni sebagai berikut:

  • Menyediakan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan perusahaan.
  • Menunjukkan pencapaian manajemen atas sumber daya yang telah dipercayakan.
  • Sarana pemasaran dalam bentuk tertulis.
  • Sebagai dokumen yang berisi informasi mengenai kinerja perusahaan dan laba rugi selama satu tahun.
  • Informasi penting bagi investor yang akan berinvestasi pada perusahaan agar dapat mengetahui keadaan perusahaan.
  • Memberi gambaran mengenai tugas, peran, dan pekerjaan masing-masing bidang yang ada di perusahaan.

Fungsi Laporan Tahunan

Terdapat beberapa fungsi mendasar dari sebuah laporan tahunan yang dibuat oleh masing-masing perusahaan, yaitu sumber dokumentasi informasi perusahaan tentang apa yang telah dicapai perusahaan selama setahun, sebagai alat pemasaran yang kreatif bagi perusahaan melalui integritas desain dan tulisan.  menambah daya tarik perusahaan di mata konsumen, sebagai dokumen lengkap yang menceritakan secara mendetail kinerja perusahaan, beserta dengan neraca rugi laba perusahaan dalam setahun, serta memberikan gambaran mengenai tugas, peran, dan pekerjaan masing-masing bidang.

Baca Lainnya :  Terapi Aktivitas Kelompok

Ciri-Ciri Laporan Keuangan

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri laporan tahunan, yakni sebagai berikut:

  1. Dapat dipahami: pengguna harus dapat memahami laporan keuangan beserta bentuk, tulisan dan istilahnya.
  2. Relevan: laporan keuangan haruslah menyajikan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.
  3. Keandalan: informasi dalam laporan kehindaran terbebas dari kesalahan-kesalahan material.
  4. Dapat diperbandingkan: laporan keuangan dapat diperbandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya.

Pedoman Penulisan Isi Laporan Tahunan

Penulisan laporan tahunan bukanlah sebuah proses yang mudah, melainkan memerlukan waktu yang cukup lama. Laporan tahunan ini biasa ditulis oleh seorang praktisi humas yang mengetahui secara rinci kinerja organisasi. Terdapat beberapa acuan penulisan laporan tahunan yaitu:

  1. Disusun secara objektifPesan yang disusun digunakan untuk membangun kesadaran publik akan perkembangan suatu perusahaan.
  2. Disusun dan ditulis dalam bentuk majalah berita dengan disertai foto yang mengkilap dan desain yang menarik.
  3. Evaluasi atas laporan tahunan sebelumnya menjadi dasar untuk penulisan laporan tahunan selanjutnya.
  4. Dilengkapi dengan fakta dan data-data statistik untuk menggambarkan keadaan perusahaan secara lebih detail.

Tahapan Laporan Tahunan

Untuk menyusun sebuah laporan tahunan yang baik, terdapat berbagai tahapan yang perlu diketahui oleh seorang praktisi humas, yakni:

  • Tujuan penulisan laporan adalah untuk menginformasikan prestasi perusahaan yang nantinya diharapkan dalam mengubah sikap publik.
  • Mengidentifikasi publik sasaran berarti menentukan secara pasti kepada siapa lapran tahunan yang dibuat tersebut diperuntukkan. Publik sasaran terdiri dari calon investor, analis keuangan, karyawan, pemerintah, dan pihak media massa.
  • Menentukan tema laporan, yakni menentukan hal-hal penting apa saja, termasuk pesan kunci utama yang ingin disampaikan kepada publik sasaran.
  • Mengombinasikan angka-angka, grafik, foto, tulisan. Laporan tahunan dibuat semenarik mungkin dengan desain yang lengkap.Laporan tahunan yang terlalu tebal jika hanya diisi dengan angka dan tulisan akan membuat pembaca bingung dan jenuh.
  • Mengklasifikasikan laporan dalam beberapa bagian. Laporan tahunan biasa dipecah menjadi beberapa bagian inti, yakni ringkasan keuangan, surat kepada pemegang saham, operasi perusahaan, perkembangan perusahaan, pernyataan keuangan, dan informasi seputar karyawan dan direksi perusahaan.
  • Memasukkan komentar pimpinan perusahaan. Pimpinan perusahaan merupakan seorang yang memiliki peranan penting dalam memberikan kesan perusahaan terhadap publik sasaran. Hal ini untuk memberi kesan komitmen dari pihak manajemen supaya perusahaan tetap menjadi yang terdepan dalam hal memenuhi visi dan misi perusahaan.
Baca Lainnya :  Pengertian Investasi Jangka Pendek

Manfaat Laporan Tahunan

Tujuan dari pengungkapan oleh perusahaan bermanfaat untuk beberapa kepentingan yaitu oleh perusahaan pencari laba (profit making interpreise) berdasarkan pada tiga kategori kepentingan yaitu kepentingan perusahaan, kepentingan investor, dan kepentingan nasional.

Adapun penjelasannya sebagai berikut :

  1. Manfaat bagi kepentingan perusahaan adalah dapat diperoleh biaya modal yang lebih rendah yang berkaitan dengan berkurangnya resiko informasi bagi investor dan kreditur. Dengan demikian investor dan kreditor bersedia membeli sekuritas dengan harga tinggi, akibat dari harga sekuritas yang tinggi tersebut biaya modal perusahaan menjadi rendah.
  2. Bagi investor pengungkapan bermanfaat untuk mengurangi resiko informasi berupa pengurangan kesalahan pembuatan keputusan investasi. Sehingga investor menjadi lebih percaya kepada perusahaan yang memberikan pengungkapan secara lengkap, akibatnya sekuritas perusahaan menjadi lebih menarik bagi banyak investor dan harganya akan naik.
  3. Bagi kepentingan Nasional, yaitu berupa adanya biaya modal perusahaan yang rendah dan berkurangnya risiko informasi yang dihadapi investor. Dengan diperolehnya biaya modal yang lebih rendah oleh perusahaan, pertumbuhan ekonomi dapat meningkat, kesempatan kerja meluas, dan pada akhirnya standar kehidupan secara nasional akan meningkat pula. Dengan berkurangnya resiko informasi yang dihadapi investor, pasar modal menjadi likuid. Likuiditas pasar modal ini diperlukan oleh perekonomian nasional karena dapat membantu alokasi modal secara efektif.

CONTOH FORMAT LAPORAN TAHUNAN

LAPORAN AKTIVITI TAHUNAN  2011

           UNIT :

           AJK    :

           Pengerusi     –

           Setiausaha   –

           AJK                –    1

                                      2

                                      3

                                      4

                                       5

AKTIVITI YANG TELAH DILAKSANAKAN :

BULANKEGIATANTARIKHSASARANTEMPATAJK PELAKSANA
JANUARI Mesyuarat AJK   Semua AJK

 

 

 

FEBRUARI

 

Program Gaya Hidup Sihat

Aktiviti :

–  Ceramah dari YAKULT

–  Kuiz spontan.

    

AJK

Guru kelas

 

 

 

 

 

     
 

 

 

 

 

     
 

 

 

 

 

     

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Laporan Tahunan: Tujuan, Fungsi, Ciri, Pedoman, Tahapan, Manfaat dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi