Pengertian Denudasi

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Pengertian Denudasi? Mungkin anda pernah mendengar kata Pengertian Denudasi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, faktor, proses, dampak. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Denudasi

Pengertian Denudasi

Denudasi adalah istilah yang umum di kalangan ahli geologi dan bagaimana lapisan bumi sering mengalami aktivitas yang berbeda. Salah satu kegiatan dari bumi ini disebut denudasi. Denudasi adalah serangkaian proses panjang yang mengarah pada erosi pada permukaan bumi, yang mengarah pada penurunan ketinggian dan kelegaan bentang alam dan juga bentang bumi.

Paparan ini adalah proses alami yang dapat terjadi dalam jangka waktu yang lama dan dapat disebabkan oleh faktor kimia, biologis atau mekanis. Denudasi melibatkan berbagai proses, proses denudasi akan dibahas nanti.


Faktor-Faktor Penyebab Denudasi

Denudasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti energi endogen dan eksogen. Beberapa contoh gaya endogen yang menyebabkan paparan adalah pergeseran lempeng tektonik, letusan gempa bumi, dan letusan gunung berapi.

Contoh gaya eksogen yang menyebabkan paparan adalah erosi, pelapukan, dan limbah massal. Untuk mengetahui lebih jelas tentang faktor-faktor yang menyebabkan pajanan, berikut ini menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan pajanan, yang terdiri dari:


1. Topografi permukaan

Topografi permukaan adalah bentuk permukaan bumi, permukaan bumi tinggi atau rendah atau kerak bumi. Jika topografi curam, itu akan terekspos lebih cepat daripada topografi yang miring.

Baca Lainnya :  Degradasi Lahan

Medan curam dari permukaan bumi terekspos lebih cepat karena pengaruh bentuknya. Topografi permukaan yang curam setelah paparan menunjukkan kecuraman dan ketinggian.


2. Geologi

Faktor geologis di sini adalah energi dari bumi seperti energi endogen atau eksogen. Energi endogen adalah energi dari dalam bumi, sedangkan energi eksogen berasal dari dalam bumi. Gaya endogen dan eksogen dapat mempengaruhi atau mempengaruhi bentuk permukaan bumi, terlepas dari apakah itu mengubah permukaan bumi atau mengarah ke formasi baru di permukaan bumi.


3. Iklim

Iklim adalah situasi cuaca rata-rata yang meliputi area yang luas dan dalam jangka waktu yang lama. Iklim ekstrem menyebabkan paparan lebih cepat daripada iklim stabil. Salah satu contoh adalah batuan yang cuaca lebih cepat di daerah iklim ekstrem daripada batu di daerah normal.


4. Aktivitas tektonik

Aktivitas tektonik adalah gerakan yang terjadi pada lempeng bumi. Pergerakan yang terjadi pada lempeng bumi menyebabkan berbagai jenis efek, seperti B. penampilan bentuk permukaan bumi yang tidak merata. Formasi muncul karena ada gerakan atau perpindahan lempeng, aktivitas tektonisme ini juga dapat menyebabkan penampilan yang telanjang.


5. Biosfer

Biosfer di sini berarti kegiatan flora dan fauna, kegiatan flora dan fauna seperti kondisi tanah yang tidak ditumbuhi tanaman menyebabkan tanah terkikis lebih cepat dan ada paparan dan sebagainya. Selain aktivitas hewan atau hewan yang menyebabkan aktivitas hewan berlebihan, ini mengarah pada paparan yang lebih cepat.


6. Aktifitas manusia

Aktivitas manusia sering melibatkan sifat dan sifat yang terlibat dalam aktivitas manusia ketika melakukan aktivitas manusia, dan sering kali merasa berubah walaupun tidak disadari atau terkadang diabaikan. Contoh aktivitas manusia yang dapat mengarah pada paparan adalah pembangunan gedung bertingkat, pembangunan gedung bertingkat atau apa pun yang ditujukan untuk bisnis. Terkadang mereka tidak peduli dengan kondisi alam.

Baca Lainnya :  Fakir Miskin

Pembangunan gedung bertingkat akan mempercepat runtuhnya tanah. Ini karena bobot bangunan harus diterima dari permukaan tanah. Lebih dari pembangunan gedung bertingkat, penggalian pertambangan juga menghasilkan aktivitas manusia. Seperti penggalian emas di area penambangan emas. Tanah di daerah itu tentu saja lebih cepat terekspos daripada yang lain yang tidak ada di daerah penambangan.


Proses Terjadinya Denudasi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, paparan ini adalah peristiwa yang telah terjadi sejak lama. Selain termasuk faktor-faktor yang menyebabkan penggundulan terjadi, ini juga karena dimasukkannya faktor waktu. Karena ini terjadi untuk waktu yang lama, paparan ini juga mencakup berbagai proses.

Proses terjadinya denudasi terdiri dari beberapa proses, yaitu mekanis, biologis dan juga kimia. Eksposur dapat mencakup erosi partikel padat dan juga bahan terlarut. Ini termasuk sub-proses cryofracture, pelapukan isolasi, penghancuran jangka pendek, pelapukan garam, bioturbasi dan efek antropogenik. Untuk lebih memahami setiap proses paparan, terdiri dari:


  • Proses mekanis

Eksposur, yang dilakukan oleh proses mekanis atau fisik, secara alami mencakup banyak jenis elemen seperti angin, air, udara, sinar matahari dan sebagainya. Di daerah dengan iklim ekstrem, paparan proses mekanis biasa terjadi.

Paparan hampir mirip dengan erosi, tetapi terjadi pada tingkat tinggi, di daerah dengan banyak objek yang menonjol, dan di iklim ekstrem, membuat bagian yang tinggi lebih rentan terhadap pelapukan atau erosi.

Ini tentu saja akan mempengaruhi ketinggian lapangan. Ketinggian bidang berkurang dan bahan reduksi dikenakan atau cuaca di tempat lain.


  • Proses kimia

Paparan proses kimia karena pengaruh kandungan air hujan. Setidaknya air hujan mengandung asam, yang memiliki kekuatan untuk melakukan sesuatu yang lapuk, tidak terkecuali dengan penampilan alami di bumi.

Baca Lainnya :  Demografi adalah

Jika bukan karena kandungan air hujan, itu karena kekuatan air hujan. Bagian bumi yang menonjol terkikis dan menyebabkan ketinggian bidang menurun dan material yang hilang dipindahkan ke lokasi lain oleh aliran air hujan.


  • Proses biologis

Proses biologis ini mencakup aktivitas makhluk hidup, seperti aktivitas manusia, di mana banyak spesies dapat mengekspos permukaan bumi. Seperti membangun gedung bertingkat yang membuat negara semakin tertekan dan perlahan runtuh.

Ini karena beban bangunan bertingkat lebih berat dari pada bangunan normal, membuat negara ini lenyap lebih cepat. Selain itu, kegiatan penambangan juga bisa memicu paparan. Ini karena penambangan datang langsung dari bumi.


Dampak Terjadinya Denudasi

Paparan adalah proses alami yang mengandung lebih banyak nilai negatif daripada positif. Ini karena bentuk bumi bisa berubah. Meskipun pajanan bermanfaat, beberapa efek pajanan meliputi yang berikut:

  1. Pembentukan tebing yang tererosi.
  2. Hilangnya sebagian kerak bumi atau bentuk permukaan bumi
  3. Munculnya tempat wisata karena biasanya hasil pemaparannya unik.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Denudasi: Pengertian, Faktor, Proses dan Dampak
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi