Pengertian Evaluasi

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Evaluasi? Mungkin anda pernah mendengar kata Evaluasi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian menurut para ahli, tujuan, fungsi, jenis, tahapan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Evaluasi

Pengertian Evaluasi

Penilaian atau evaluasi adalah proses identifikasi yang mengukur atau menilai apakah suatu kegiatan atau program telah dilakukan sesuai dengan rencana atau tujuan untuk mencapainya.

Dalam rentang individu, kelompok, atau lingkungan kerja, evaluasi juga sangat dibutuhkan di berbagai bidang kehidupan manusia untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas.

Berikut beberapa informasi yang akan Anda dapatkan dari proses penilaian:

  • Tingkat kemajuan aktivitas.
  • Tingkat pencapaian kegiatan sesuai dengan tujuannya.
  • Apa yang harus dilakukan di masa depan.

Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa penilaian itu, Anda bisa merujuk pada pendapat para ahli di bawah ini.


1. Menurut Anne Anastasi

Penilaian atau evaluasi adalah proses sistematis untuk menentukan sejauh mana tujuan pengajaran dicapai oleh seorang individu. Penilaian ini juga merupakan kegiatan menilai sesuatu dengan cara yang terencana, sistematis dan terarah, dengan tujuan yang jelas.


2. Menurut Sajekti Rusi

Penilaian atau evaluasi adalah proses menilai sesuatu, yang mencakup penjelasan tentang perilaku siswa, baik kuantitatif (pengukuran) dan kualitatif (penilaian).


3. Menurut Suharsimi Arikunto

Penilaian atau evaluasi adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan mengukur tingkat keberhasilan suatu program pendidikan.

Baca Lainnya :  Pengertian Polimer

4. Menurut A.D Rooijakkers

Evaluasi atau evaluasi adalah upaya atau proses untuk menentukan suatu nilai. Secara khusus, penilaian atau penilaian juga dapat diartikan sebagai proses penetapan nilai berdasarkan data kuantitatif dari hasil pengukuran untuk pengambilan keputusan.


5. Menurut Norman E. Gronlund

Penilaian atau evaluasi adalah proses sistematis yang membantu siswa menentukan atau menentukan seberapa baik mereka telah mencapai tujuan pengajaran mereka


6. Menurut Abdul Basir

Penilaian atau evaluasi adalah proses pengumpulan data deskriptif, informatif, dan prediktif yang dilakukan secara sistematis dan bertahap untuk menentukan kebijakan untuk meningkatkan pendidikan.


7. Menurut William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann

Penilaian atau evaluasi adalah proses perencanaan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan alternatif.


Tujuan Evaluasi

Penilaian tidak dapat dilakukan tanpa tujuan, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda capai melalui kegiatan ini. Secara khusus, tujuan evaluasi adalah untuk:

  • Seberapa baik Anda dapat mempelajari tingkat kemahiran kompetensi yang diberikan?
  • Kemampuan menemukan kesulitan yang dialami seseorang dalam suatu kegiatan sehingga mereka dapat membuat diagnosis dan berpotensi memberikan bimbingan perbaikan.
  • Mampu mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas metode, media, dan sumber daya lainnya dalam melakukan suatu kegiatan.
  • Ini dapat digunakan sebagai referensi dalam pengambilan keputusan di masa depan oleh evaluator sebagai umpan balik dan informasi penting untuk memperbaiki kesalahan.

Tujuan penilaian dinyatakan oleh beberapa sumber dari para ahli. Berikut ini adalah tujuan evaluasi dari berbagai sumber.


  • Suprihanto

Menurut Suprihanto, organisasi memiliki tiga tujuan evaluasi:

  1. Sebagai alat untuk perbaikan dan perencanaan kegiatan.
  2. Meningkatkan penggunaan dan pengiriman berbagai sumber daya masa depan, sumber pendanaan dan kontrol.
  3. Memperbaiki proses implementasi dan semua faktor yang berpengaruh.
  4. Mendesain ulang program dengan mengendalikan hubungannya dengan perubahan yang terjadi pada program sebelumnya.
  5. Ukur kemajuan yang direncanakan.
Baca Lainnya :  Pengertian Kliring

  • Terry

Terry menyatakan tujuan evaluasi manajemen organisasi sebagai berikut:

  1. Sebagai alat untuk meningkatkan kebijakan yang terkait dengan kegiatan dan rencana yang ada.
  2. Tingkatkan alokasi sumber daya.
  3. Kelola dan tingkatkan kegiatan yang sedang berlangsung.
  4. Perencanaan ulang program yang ditingkatkan.

  • Arikunto

Menurut Alicunt, penilaian memiliki dua tujuan. Tujuan umum berfokus pada keseluruhan program. Sasaran fokus khusus pada setiap komponen manajemen organisasi.

Ada empat kebijakan yang dapat diterapkan berdasarkan hasil evaluasi:

  • Pengakhiran program mengingat bahwa program tidak memiliki prestasi atau tidak sesuai dengan rencana semula.
  • Jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan rencana, modifikasi program.
  • Jika program berjalan sesuai rencana dan menghasilkan keuntungan, lanjutkan.
  • Program sebelumnya dianggap berhasil, jadi saya menjalankan program di tempat yang berbeda dan mengulanginya di waktu yang berbeda untuk menduplikasi program.

Fungsi Evaluasi

Kegiatan penilaian juga memiliki beberapa fitur yang berguna bagi pihak yang melakukan penilaian.

Fungsi evaluasi adalah:


1. Fungsi pemilihan

Fungsi pilih adalah fungsi yang memungkinkan seseorang untuk memilih apakah mereka memiliki kemampuan untuk memenuhi standar yang ditetapkan. Misalnya, Anda dapat memutuskan apakah seseorang dipekerjakan, apakah seseorang dipromosikan, dan sebagainya.


2. Fungsi diagnostik

Fungsi diagnostik ini dimaksudkan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan seseorang dalam bidang kompetensi tertentu. Misalnya, ia hanya menemukan kekuatan dan kelemahan seorang siswa peneliti yang ia temukan di sekolah.


3. Fungsi pengaturan

Fitur penempatan ini bertujuan untuk menemukan posisi terbaik Anda di area tertentu. Misalnya, cari saja posisi terbaik untuk seorang karyawan tergantung pada bidang perusahaan.


4. Kemampuan untuk mengukur kesuksesan

Dalam hal ini, penilaian ini berfungsi untuk mengukur tingkat keberhasilan program, seperti metode yang digunakan, penggunaan peralatan, pencapaian tujuan, dll.


Jenis-Jenis Evaluasi

Menurut waktu evaluasi, dibagi menjadi dua jenis.

  1. Evaluasi formatif adalah penilaian yang dilakukan selama implementasi dan fokus pada program prioritas melalui peningkatan tujuan implementasi. Hasil evaluasi ini biasanya mencakup masalah implementasi.
  2. Ringkasan adalah implementasi dari program prioritas dan penilaian yang akan dilaksanakan ketika fokus selesai. Evaluasi ini juga bertujuan mengevaluasi hasil implementasi. Hasil evaluasi komprehensif ini mencakup pencapaian prioritas implementasi / kegiatan prioritas.
Baca Lainnya :  Rawa Adalah

Berdasarkan tujuan, peringkat dibagi menjadi empat jenis:

  1. evaluasi formulasi adalah penilaian yang dapat dilakukan dengan meninjau formulasi untuk melihat apakah itu relevan dengan persiapan kebijakan dan kegiatan, dan disiapkan dengan cara yang tepat.
  2. Jenis evaluasi proses adalah evaluasi yang dapat dilakukan untuk menentukan apakah kegiatan prioritas sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
  3. Kegiatan evaluasi biaya adalah evaluasi untuk mengkonfirmasi apakah biaya prioritas ditetapkan dalam kerangka kerja untuk mencapai tujuan.
  4. Penilaian dampak adalah penilaian dampak dan manfaat program prioritas yang telah disepakati sebelumnya.

Tahapan Evaluasi

Kegiatan penilaian memiliki beberapa tahapan penting saling mendukung. Tahapan evaluasi adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan topik evaluasi, atau aktivitas yang menentukan topik mana yang akan dievaluasi. Contoh: Evaluasi hasil kerja atau evaluasi rencana kerja.
  2. Merancang kegiatan evaluasi adalah kegiatan yang merancang proses evaluasi sehingga Anda tidak kehilangan poin penting selama implementasi.
  3. Pengumpulan data adalah kegiatan mengumpulkan dan merekam semua informasi sesuai dengan rencana berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah.
  4. Pemrosesan dan analisis data adalah kegiatan yang mengelompokkan data untuk memproses informasi, memfasilitasi analisis, dan menentukan tolok ukur waktu sebagai hasil evaluasi.
  5. Laporan hasil evaluasi adalah untuk menyiapkan laporan evaluasi sehingga orang yang bersangkutan dapat diinformasikan.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Evaluasi: Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Tahapan
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi