Pengertian Komoditas

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Komoditas? Mungkin anda pernah mendengar kata Komoditas?  Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, manfaat, kriteria, jenis, kelompok, karakteristik, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Komoditas adalah

Pengertian Komoditas

Komoditas merupakan suatu produk atau suatu barang yang berupa benda yang nyata relatif mudah diperdagangkan untuk memperoleh keuntungan, atau dipertukarkan dengan barang lain yang nilainya sepadan, serta dapat diserahkan secara fisik dan dapat disimpan dalam waktu tertentu. Biasanya dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka.


Manfaat Adanya Komoditas

Berikut adalah manfaat adanya komoditas diantaranya yakni:

  • Dengan adanya produk otomatis pedagang dapat mencari keuntungan
  • Dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen
  • Dapat memuaskan konsumen itu sendiri.
  • Dapat meningkatkan pendapatan nasional.
  • Sebagai mata pencarian
  • Dapat digunakan sebagai accesories contohnya emas yang dijadikan cincin, gelang, kalung dan sebagai investasi.

Kriteria Komoditas

Adapun kriteria komoditas untuk diperjual belikan harus memenuhi beberapa syarat yakni:


  1. Mempunyai daya saing tinggi di pasar
  2. Memanfaatkan potensi dari sumber daya lokal
  3. Mempunyai nilai tambah bagi masyarakat
  4. Bisa memberikan keuntungan dan manfaat terutama dalam menghasilkan pendapatan

Jenis-jenis Komoditas

Berikut terdapat beberapa jenis-jenis komoditas antaranya yakni:


1. Logam

Logam merupakan jenis produk yang dihasilkan dari pertambangan bahan baku semacam itu terbuat dari logam berharga dan logam industri.

Contohnya:

  • Logam berharga (emas, perak, palladium, dan platinum)
  • Logam industri (timah, aluminium, tembaga, magnesium, cobalt, titanium, dan lain-lain).
Baca Lainnya :  Sistem Pakar

2. Energi

Energi merupakan jenis komoditas yang berupa semua produk hasil tambang dan eksplorasi yang dapat digunakan manusia sebagai bahan bakar. Umumnya produk komoditas energi diperdagangkan secara internasional dalam satuan barrel, ton, dan metrik.

Contohnya:

  • Batu bara
  • Gas alam
  • Bensin
  • Minyak bumi (light sweet crude oil dan Brent crude oil)

3. Peternakan

Peternakan merupakan jenis komoditas yang berupa semua produk yang dihasilkan dari perternakan yang bermanfaat bagi manusia. Jenis komoditas peternakan ini dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  • Hewan hidup (sapi, babi, ayam, ikan, dan lainnya).
  • Daging, susu, telur, dan lainnya.
  • Pakan hewan ternak.

4. Pertanian

Pertanian merupakan jenis komoditas yang berupa semua produk yang dihasilkan dari kegiatan bercocok tanam dan dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Jenis komoditas ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu

  • Produk pertanian (jagung, beras, kedelai, gandum, kopi, kedelai, dan lain sebagainya).
  • Produk perhutanan (rotan, kapas, sawit, dan lain sebagainya).

Kelompok Komoditas

Adapun pembagian kelompok komoditas yang dibagi menjadi 2 komoditas lunak (soft commodity) dan komoditas keras (hard commodity) berikut penjelasanya:

1. Hard Commodity

Hard commodity merupakan komoditas yang diperoleh dari alam melalui kegiatan penambangan atau ekstraksi seperti minyak, gas alam, logam dan lainnya. Sebagian besar perdagangan komoditas keras dikendalikan oleh produk-produk energi seperti minyak dan gas alam. Negara-negara yang bergantung pada ekspor barang-barang ini sangat dipengaruhi oleh nilai tukar mereka terhadap volatilitas harga barang-barang yang diekspor. Logam dapat digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya emas sangat populer sebagai nilai protektif dalam volatilitas pasar yang tinggi. Logam industri seperti tembaga, besi dan aluminium mencerminkan pertumbuhan ekonomi global melalui kurva penawaran dan permintaan di masa depan.

Baca Lainnya :  Pengertian Customer

2. Soft Commodity

Sementara itu, soft commodity merupakan produk-produknya didapatkan dari hasil pertanian, peternakan, dan perhutanan seperti jagung, kedelai, biji kopi, gula dan sebagainya. Cuaca dan kondisi alam memiliki pengaruh besar pada barang semacam ini, sehingga pergerakan harga bisa tiba-tiba berfluktuasi. Perkiraan harga yang akurat karenanya tidak mungkin dilakukan. Berbeda dengan barang keras, barang lunak hanya dapat ditemukan di daerah tertentu di negara itu karena kondisi alam yang berbeda.


Karakteristik Komoditas

Karakteristik Komoditi yaitu harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan bukan oleh dealer atau penjual dan harga didasarkan pada perhitungan harga setiap Offender Komoditas contoh yang namun tidak terbatas pada: mineral dan produk pertanian seperti gula, minyak, etanol, beras, kopi, Aluminium, emas, gandum, perak, berlian, tetapi ada juga produk yang disebut “komoditas” (tidak lagi dibedakan oleh merk) seperti komputer

Dalam linguistik, kata “komoditas” ini mulai dikenal dan digunakan di Inggris pada abad ke-15 berasal dari bahasa Perancis adalah commodite yang berarti “sesuatu yang menyenangkan” dalam kualitas dan pelayanan.

Dalam akar bahasa Latin, ini disebut komoditas dan mengacu pada berbagai cara untuk mengukur sesuatu secara akurat kondisi waktu yang memadai, kualitas baik kemampuan untuk menghasilkan sesuatu atau properti dan nilai tambah atau keuntungan.


Contoh Komoditas

Berikut adalah beberapa contoh barang komoditas diantaranya yakni:


1. Emas

Emas merupakan contoh dari komoditas yang tak pernah sepi pembeli adalah emas. Tentu saja itu lantaran banyaknya wanita di dunia yang mengagumi kualitas emas dan keunikannya. Sebelumnya, Afrika Selatan merupakan produsen emas terbesar di dunia. Kini posisi tersebut telah digeser oleh China.


2. Minyak mentah

Minyak mentah merupakan salah satu produk yang paling banyak didagangkan di seluruh dunia. Berada di peringkat pertama sebagai komoditas yang paling banyak dijual, tercatat 58 persen minyak dari Timur Tengah di ekspor ke seluruh pelosok dunia. Uni Emirat Arab saat ini merupakan peraup keuntungan terbesar dari penjualan minyak di dunia. Beberapa eksportir besar lainnya adalah venezuela, Norwegia, Meksiko, dan Nigeria.

Baca Lainnya :  Branding adalah

3. Kopi

Manusia di seluruh dunia diprediksi mengkonsumsi sekitar 1,6 miliar cangkir kopi setiap hari. Kopi banyak diproduksi di wilayah Asia Tenggara, Amerika Latin dan Afrika. Sementara konsumen kopi terbesar berasal dari kawasan Eropa dan Amerika Serikat.Saat ini 1/3 dari seluruh kopi yang diproduksi di dunia berasal dari Brazil. Tak heran, Brazil menjadi produser kopi terbesar di dunia. Sementara Indonesia merupakan produsen biji kopi terbesar di dunia.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Komoditas: Pengertian, Manfaat, Kriteria, Jenis, Kelompok, Karakteristik, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya