Pengertian Laba

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Laba? Mungkin anda pernah mendengar kata Laba? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian menurut para ahli, tujuan, karakteristik, faktor, rumus, fungsi, jenis. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Laba

Pengertian Laba

Laba adalah salah satu kegiatan bolak-balik yang diterima rumah tangga konsumen dari rumah tangga produsen karena perusahaan dapat memperoleh keuntungan dengan mengorbankan energi dan pikiran untuk mengelola bisnis.

Keuntungan atau keuntungan dalam ekonomi murni yang merupakan salah satu peningkatan kekayaan investor sebagai akibat dari investasi setelah dikurangi biaya yang terkait dengan investasi modal, termasuk biaya peluang.

Dalam akuntansi, laba adalah perbedaan antara harga jual dan biaya produksi. Umumnya, laba yang dihasilkan oleh suatu perusahaan digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan atau kegagalan manajemen perusahaan. Indikator laba adalah pendapatan dan pengeluaran.


Pengertian Laba Menurut Para Ahli


1. Menurut Hansen dan Mowen

Laba adalah laba operasi dikurangi pajak, bunga, penelitian, dan bahkan biaya pengembangan. Penghasilan bersih dapat dilihat dalam laporan laba rugi dengan membandingkan pendapatan dan biaya.


2. Menurut Horngren

Keuntungan adalah kelebihan dari total pendapatan dibandingkan total biaya. Laba juga disebut laba bersih.


3. Menurut Darsono dan Ari Purwanti

Laba adalah kinerja semua karyawan perusahaan dan dapat dinyatakan sebagai perbedaan antara pendapatan dan biaya.


4. Menurut Kuswadi

Perhitungan keuntungan diperoleh dengan mengurangi semua biaya dari pendapatan.

Baca Lainnya :  Hukum Bisnis

5. Menurut Abdul Halim dan Bambang Spomo

Laba adalah pusat dari tanggung jawab untuk mengukur input dan output dengan menghitung perbedaan antara pendapatan dan biaya.


6. Menurut Mahmud M. Hanafi

Laba adalah ukuran kinerja keseluruhan perusahaan dan didefinisikan sebagai laba = biaya penjualan.


7. Menurut M. Nafarin

Profit (pendapatan) adalah perbedaan antara pendapatan dan pengeluaran dan saldo biaya untuk periode tertentu.


8. Menurut Somarso

Laba adalah selisih pendapatan dari biaya yang terkait dengan kegiatan bisnis. Jika beban lebih besar dari pendapatan, perbedaannya disebut rugi.

Penghasilan adalah hasil perhitungan rutin. Keuntungan atau kerugian ini belum merupakan keuntungan atau kerugian aktual.

Laba atau rugi aktual ini hanya dapat diketahui jika perusahaan berhenti beroperasi dan dilikuidasi.


9. Menurut Themin

Laba adalah peningkatan manfaat ekonomi (seperti peningkatan aset atau penurunan kewajiban) selama periode akuntansi, yang menghasilkan peningkatan modal selain yang terkait dengan transaksi dengan pemegang saham.


10. Menurut Harahap

Laba adalah perbedaan antara realisasi pendapatan yang diperoleh dari transaksi perusahaan selama periode waktu tertentu, dikurangi biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan pendapatan itu.


11. Menurut Baridwan

Keuntungan. Artinya, beberapa peningkatan modal (aset bersih) berasal dari semua transaksi atau peristiwa lain yang dapat memengaruhi entitas selama periode waktu tertentu, kecuali yang berasal dari pendapatan atau investasi pemilik.


Unsur-Unsur Laba


1. Penghasilan

Penghasilan adalah hasil dari apa yang dilakukan seseorang. Penghasilan ini juga dapat dipahami sebagai gaji atau sesuatu yang dapat diperoleh setelah bekerja atau bisnis.


2. Beban

Beban adalah sesuatu yang perlu dihapus, atau sesuatu yang harus dibenarkan seseorang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Untuk mendapatkan untung atau untung yang Anda cari, sangat penting agar beban itu terpenuhi.


3. Biaya

Biaya adalah sesuatu yang harus dikorbankan oleh bisnis atau bisnis. Dalam hal ini, biaya dapat diartikan sebagai harus tunai dalam bisnis.

Biaya digunakan sebagai kekuatan pendorong untuk bisnis Anda, bekerja seperti yang diharapkan dan memberikan keuntungan.


4. Untung dan rugi

Pro dan kontra juga dipahami oleh mereka yang tidak terlibat dalam komunitas bisnis. Dalam hal ini, keuntungan adalah salah satu dari mereka yang melakukan bisnis.

Baca Lainnya :  Pengertian Keterlibatan Kerja

Ini akan membuat orang yang akan mendapatkan penghasilan. Lebih jauh, kerugian adalah masalah yang dihindari oleh semua pemilik bisnis.


5. Penghasilan

Penghasilan adalah hasil akhir dari bisnis Anda. Anda dapat menghabiskan penghasilan ini selama sisa hidup Anda.

Tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tinggi. Anda dapat melakukan segala macam cara untuk membuat bisnis Anda menguntungkan.


Tujuan Laba

  1. Untuk dapat mendanai operasi perusahaan dalam rangka mencapai laba maksimum.
  2. Untuk dapat melunasi hutang Anda yang ada.
  3. Sebagai cadangan untuk kebutuhan investasi perusahaan.
  4. Untuk pengembangan masa depan perusahaan.

Karakteristik Laba

  • Keuntungan berdasarkan pada transaksi yang sebenarnya terjadi.
  • Penghasilan juga didasarkan pada asumsi reguler yang mewakili kinerja perusahaan selama periode waktu tertentu.
  • Laba yang dapat didasarkan pada prinsip pendapatan membutuhkan pemahaman khusus tentang definisi, pengukuran, dan persepsi pendapatan.
  • Laba perlu diukur dalam bentuk biaya masa lalu yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan pendapat tertentu.
  • Laba didasarkan pada prinsip perbandingan biaya-pendapatan terkait dan hubungannya dengan pendapatan.

Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Laba


1. Periode

Periode ini merupakan perkiraan perubahan pendapatan seperti yang direalisasikan. Semakin pendek interval waktu, semakin akurat prediksi.


2. Jumlah perusahaan

Ini mungkin karena ukuran perusahaan karena perbedaan skala ekonomi. Skala ekonomis yang tinggi memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan produk dengan biaya rendah.

Biaya rendah adalah salah satu faktor yang dapat mencapai laba yang diinginkan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam bentuk perkiraan.


3. Usia perusahaan

Manajemen perusahaan yang relatif muda diharapkan tidak berpengalaman dan tidak dapat menentukan keakuratan peramalan perubahan pendapatan.


4. Keandalan perusahaan asuransi

Penanggung juga memainkan peran kunci dalam emisi sekuritas melalui pasar modal.

Oleh karena itu, integritas penjamin emisi berhubungan positif dengan keakuratan informasi perkiraan laba Protes.

Penjamin emisi ingin memberikan hasil terbaik kepada penggunanya, sehingga mereka sangat berhati-hati untuk menjaga keandalan.


5. Integritas auditor

Faktor ini memiliki dampak signifikan pada laporan keuangan Anda, termasuk perkiraan perubahan pendapatan. Oleh karena itu, auditor harus dapat memastikan bahwa informasi keuangan yang disajikan mengikuti pedoman penyajian laporan keuangan.

Baca Lainnya :  Transaksi

6. Tingkat leverage

Salah satu tugas manajer adalah untuk dapat mengelola risiko. Oleh karena itu, manajer ini harus melakukan sesuatu untuk mengurangi risiko. Tingkat leverage adalah salah satu yang mencerminkan risiko.

Tingkat risiko leverage ini tercermin dalam kepemilikan likuiditas. Oleh karena itu, manajer juga harus dapat memperhatikan aspek ini saat membuat perkiraan laba.


Rumus Laba

π = TR – TC


Keterangan:

π : Profit atau Laba
TR : Total Revenue
TC : Total Cost


Fungsi Laba

Keuntungan tinggi adalah tanda bahwa konsumen menginginkan lebih banyak produksi dari industri dan perusahaan. Lebih disukai, untung atau rugi yang rendah merupakan indikasi bahwa konsumen memiliki lebih sedikit produk atau komoditas untuk ditangani dan proses pembuatannya tidak efisien.

Manfaat ini mencerminkan preferensi konsumen dan perubahan permintaan dari waktu ke waktu, memberikan tanda yang menentukan untuk realokasi sumber daya yang dimiliki masyarakat.

Keuntungan bukanlah sistem yang sangat sempurna. Pemilik bisnis tidak hanya mencari keuntungan, tetapi juga untuk layanan.

Mengenai konsep koperasi, berfungsinya kepentingan koperasi tergantung pada ukuran partisipasi atau perdagangan antara serikat pekerja dan anggotanya.

Semakin tinggi tingkat partisipasi anggota, semakin tinggi keuntungan yang diterima anggota secara ideal.


Jenis-Jenis Laba

  1. Laba kotor adalah salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebelum Anda mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan. Dengan kata lain, laba kotor adalah laba dari seluruh perusahaan.
  2. Laba bersih (Net Profit) adalah salah satu keuntungan yang mengurangi biaya perusahaan untuk periode tertentu termasuk pajak.
  3. Laba bersih sebelum pajak. Ini adalah salah satu manfaat yang diperoleh setelah laba usaha dikurangi oleh beban bunga.
  4. Pendapatan operasional “Operasional” adalah margin kotor dikurangi biaya barang yang dijual dan biaya melakukan bisnis.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Laba: Menurut Para Ahli, Tujuan, Karaktristik, Faktor, Rumus, Fungsi dan Jenis
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi