Pengertian Pasar Oligopsoni

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Pasar Oligopsoni? Mungkin anda pernah mendengar kata Pasar Oligopsoni? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian menurut para ahli, fungsi, tujuan, struktur, syarat, jenis, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Pasar-Oligopsoni

Pengertian Pasar Oligopsoni

Pasar Oligopsoni adalah bentuk pasar yang memiliki dua pembeli atau lebih (biasanya pelaku bisnis) yang mengelola pasar dengan menerima pasokan atau juga bertindak sebagai pembeli tunggal barang atau jasa di pasar komoditas.

Pasar Oligopsoni adalah bentuk persaingan tidak sempurna di pasar. Ini adalah salah satu pasar yang tidak terorganisir dengan baik dan sering memiliki penipuan pasar.


Ciri-Ciri Pasar Oligopsoni


1. Ada banyak pembeli

Pasar Oligopsoni ini memiliki banyak pembeli yang mendominasi pasar. Di sana, tugasnya adalah membeli berbagai produk yang diproduksi produsen.

Bahkan jika mereka mendominasi pasar, pembeli tidak dapat melakukan apa yang mereka inginkan karena mereka dapat membahayakan diri mereka sendiri.

Jika pembeli melakukan kesalahan, produsen ini dapat memilih pembeli lain dengan jaringan dan jaringan yang kuat.


2. Umumnya pembeli adalah distributor

Sebagian besar konsumen di pasar ini adalah distributor. Orang yang membeli produk dapat diproduksi oleh produsen untuk dijual kembali ke konsumen akhir.


3. Produk ini bahan baku

Semua produk yang dijual di pasar ini adalah bahan baku atau produk setengah jadi yang perlu diproses untuk digunakan.

Baca Lainnya :  Wilayah Adalah

Pembeli kemudian memproses bahan baku ini dan menjualnya ke konsumen akhir.


4. Harga produk cenderung stabil

Di pasar Oligopsoni, produsen dan konsumen saling bergantung satu sama lain.

Karena itu, ketika produsen menaikkan harga, konsumen pindah ke produsen lain yang menawarkan harga lebih rendah.

Jika terjadi masalah ekonomi seperti inflasi dan deflasi, baik produsen maupun konsumen menanggung beban.


5. Beberapa jenis produk

Produk-produk di pasar Oligopsoni biasanya adalah produk-produk seperti cengkeh, beras dan susu. Namun, pasar ini dibangun berdasarkan kemungkinan yang ada di wilayah tersebut.

Misalnya, karena potensi suatu daerah adalah cengkeh, pasar oligopsonii di wilayah itu dapat dikontrol hanya oleh cengkeh.


6. Pendapatan Merata

Penjual di pasar ini cenderung adil, karena tidak ada keputusan monopoli atau sewenang-wenang di pasar ini.


Kelebihan Pasar Oligopsoni

  • Bahkan jika pembeli bertindak sebagai penguasa, hak-hak produsen dilindungi dengan baik. Ini dapat dipenuhi karena ada banyak pembeli. Karena itu, ketika penjual tidak puas, ia dapat pindah ke pembeli lain.
  • Pembeli dapat menentukan harga tetapi tidak berperilaku seperti yang diinginkan. Pembeli perlu menyesuaikan harga pada barang yang dibeli sehingga produsen ingin menjual kepadanya.
  • Meskipun belum terorganisir dengan baik, pasar ini umumnya mempromosikan keadilan, menghindari penipuan, dan tidak menyalahgunakan kebebasan.

Kekurangan Pasar Oligopsoni

  • Kualitas produk tidak dijaga dengan baik karena cenderung mudah dijual. Produsen kurang peduli dengan kualitas karena ada beberapa pembeli besar dan mudah untuk menjual tanpa mempertahankan kualitas.
  • Ketika beberapa pembeli bekerja sama untuk mengoperasikan situasi yang dapat membahayakan produsen, operasi dapat menjadi sangat sensitif. Ini biasanya terjadi karena pembeli menginginkan harga yang lebih murah.
  • Kemudahan penjualan menyebabkan kurangnya kreativitas. Produsen fokus secara eksklusif pada produksi, bukan pada kebutuhan untuk berinovasi atau menjadi kreatif dalam produk dan bisnis mereka.
Baca Lainnya :  Daftar Pemberontakan Di Indonesia

Contoh Pasar Oligopsoni

Contoh pasar oligopoli, seperti pasar wortel di desa. Di sini petani wortel ini dapat menjual wortelnya kepada beberapa pedagang di desanya dan menjualnya ke kota.

Contoh lain yang paling mewakili pasar adalah bisnis bangunan dan konstruksi.

Meskipun ada banyak operator, beberapa pelanggan ingin menggunakan layanan konstruksi berdasarkan pesanan yang disepakati.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Pasar Oligopsoni: Ciri, Kelebihan, Kekurangan Dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi