Pengertian Perusahaan Multinasional

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Perusahaan Multinasional? Mungkin anda pernah mendengar kata Perusahaan Multinasional? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, kelebihan, kekurangan, tujuan, bentuk dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Perusahaan-Multinasional

Pengertian Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional (MNC) adalah perusahaan besar yang biasanya berlokasi di negara maju dan memiliki anak perusahaan di berbagai negara lain, biasanya negara berkembang.

Perusahaan beroperasi di berbagai negara, sehingga sifat bisnisnya bersifat global. Karena itu, ia dapat memiliki pengaruh kuat pada situasi politik di dunia.

MNC atau Perusahaan Multinasional sering dikenal sebagai Perusahaan Multi-Nasional (PMN). PMN itu sendiri terkadang membingungkan dan juga diidentifikasi sebagai TNC atau Transnational Corporation (TNC).

Banyak orang berpikir bahwa PMN, MNC, dan TNC memiliki pemahaman yang sama. Namun, banyak pakar politik dan ekonomi membedakan antara konsep MNC dan TNC.


Ciri – Ciri Perusahaan Multinasional

Ciri–Ciri-Perusahaan-Multinasional

Adapun ciri-ciri dari perusahaan multinasional, yakni sebagai berikut:

  1. Kegiatan yang menghasilkan pendapatan lintas batas
  2. Memiliki kontrol global untuk mengoordinasikan cabang di banyak negara
  3. Kelola teknologi dan modal
  4. Memiliki sistem modal ventura, lisensi dan waralaba dengan sistem manajemen lintas batas
  5. Biasanya ada subkontraktor dari kegiatan produksi
  6. Tempatkan afiliasi di negara maju
  7. Visi dan strategi global
Baca Lainnya :  Marketing Plan

Kelebihan Perusahaan Multinasional

  • Tambahkan forex melalui penanaman di departemen ekspor.
  • Mengurangi kebutuhan akan valuta asing untuk impor di sektor industri.
  • Modernkan industri.
  • Mendukung pembangunan negara.
  • Tingkatkan peluang kerja dengan membuka pekerjaan baru.

Kekurangan Perusahaan Multinasional

  • Keuntungan akan dikirimkan ke pemegang saham di luar negeri.
  • Depresiasi atau depresiasi sering digunakan untuk menyembunyikan keuntungan sehingga mereka tidak dikenakan pajak. Ini dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi negara.

Tujuan Perusahaan Multinasional

Tujuan-Perusahaan-Multinasional

  1. Pencari Bahan memperoleh bahan yang diproses atau diproduksi di negara lain.
  2. Pencari Pasar mendapatkan pangsa pasar baru di negara lain.
  3. Minimalisir Pencari Biaya, atau investasi, menurunkan biaya produksi dan dengan demikian meningkatkan efisiensi biaya.
  4. Risk Minimizer Seeker adalah salah satu perusahaan yang dapat mengurangi risiko produksi dan penjualan dengan mencari lokasi baru di negara lain.
  5. Memaksimalkan keuntungan memiliki hubungan trade-off dengan meminimalkan biaya. Ini berarti perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan dengan meminimalkan biaya produksi. Dalam hal ini, perusahaan dapat bertindak sebagai perantara untuk menghindari biaya yang biasanya terkait dengan pihak ketiga.
  6. Pencari dana manajer keuangan adalah perusahaan yang dapat memperoleh uang dengan meminjam bank jika mereka dapat memaksimalkan kinerja positif yang terkait dengan penggunaan dana ini untuk menghasilkan pengembalian yang semaksimal mungkin. ..
  7. Dengan memperkuat struktur perusahaan dengan melayani pasar luar negeri, perusahaan dapat memperkuat struktur perusahaan.
  8. Perusahaan juga dapat menjadi entitas yang kuat dengan memanfaatkan pengetahuan perusahaan di negara lain.

Bentuk Perusahaan Multinasional

Bentuk-Perusahaan-Multinasional

Berikut ini terdapat beberapa bentuk perusahaan multinasional, antara lain:


1. Multinational Producting Enterprise (MPE)

Fokus perusahaan multinasional ini adalah pada produksi. Oleh karena itu, MNC ini memiliki dan mengelola berbagai fasilitas produksi di berbagai negara.

Baca Lainnya :  Mind Mapping

2. Multinational Trade Enterprise (MTE)

Fokus MTE adalah pada sektor perdagangan. Akibatnya, perusahaan menjual barang-barang yang diproduksi secara langsung ke perusahaan dan orang-orang di negara lain.


3. Multinational Internationally Owned Enterprise (MOE)

Perusahaan ini berkomitmen untuk kepemilikan bisnis dari satu perusahaan induk, menyebarkan kegiatannya di cabang-cabang produksi atau perdagangan, atau di negara lain.


4. Mutinational (Financial) Controlled Enterprise (MCE)

Fokus perusahaan ini adalah modal atau pendanaan. Di MOE dan MCE, kegiatan perusahaan diawasi oleh beberapa negara.


Contoh Perusahaan Multinasional Dalam Negeri (Indonesia)

  1. Semen Indonesia: Salah satu BUMN pertama yang telah memantapkan dirinya sebagai perusahaan multinasional. BUMN telah berhasil mengakuisisi perusahaan asing dan berhasil memasuki pasar ASEAN dan Asia Selatan.
  2. GarudaFood: Produk makanan dan makanan ringan dari perusahaan ini diterima secara luas di berbagai negara. GarudaFood berhasil memperluas perusahaan asing dan mengakuisisi pabrik gula Fuhua Jingjiang Yonghe.
  3. Freeport Indonesia: Tambang perusahaan jenis ini mengandung tembaga, perak dan emas dan beroperasi di Papua.
  4. Bank DBS Indonesia: Perusahaan ini adalah perusahaan multinasional di sektor perbankan. DBS Indonesia adalah bagian dari DBS Group yang berbasis di Singapura.
  5. Unilever Indonesia: Perusahaan multinasional dengan banyak kantor cabang dan operator di seluruh dunia. Hampir semua barang rumah tangga diproduksi oleh Unilever hingga diketahui oleh seluruh masyarakat.
  6. Rohto Laboratories Indonesia: Perusahaan yang dikembangkan di Indonesia, salah satu obat tetes mata populer.

Contoh Perusahaan Multinasional Luar Negeri

  • Google: Jenis perusahaan global yang saat ini berkembang pesat seiring dengan perkembangan dunia digital. Sebuah perusahaan yang berbasis di AS mengkhususkan diri dalam pembuatan produk-produk Internet.
  • SAS Institute: Perusahaan global ini juga berspesialisasi dalam program komputer untuk analisis statistik. Perangkat lunak perusahaan membantu dalam riset operasional melalui manajemen proyek.
  • NetApp: Dengan kata lain, sebuah perusahaan yang berbasis di California, AS di bidang penyimpanan komputer dan manajemen data.
  • Microsoft: Produk yang dapat diproduksi oleh perusahaan ini terkait dengan komputer dan merupakan perusahaan global yang berbasis di Washington, AS.
Baca Lainnya :  Paragraf Deduktif adalah

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Perusahaan Multinasional: Ciri, Kelebihan, Kekurangan, Tujuan, Bentuk dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi