Pengertian WAN

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang WAN? Mungkin anda pernah mendengar kata WAN? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, koneksi, standar, ciri, jenis, fungsi, komponen dan protocol. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

WAN

Pengertian WAN

WAN adalah jenis jaringan data yang luas yang mencakup semua negara dan benua, dan merupakan sarana transmisi yang umum digunakan seperti telepon, kabel bawah laut, dan satelit.

Dengan kata lain, Wan adalah sejenis jaringan komputer yang mencakup negara dan benua, dan Wan adalah kombinasi dari jaringan LAN “jaringan area lokal” dan MAN “jaringan area metropolitan”. Protokol pada jaringan Wan terkandung dalam lapisan fisik dari tujuh lapisan OSI. Data Wan dikelola menggunakan seperangkat aturan yang ditemukan di tautan data OSI Layer 7.


Koneksi WAN

Saat pesan data berkeliaran di cloud WAN, mereka bergerak di antara titik, tergantung pada koneksi WAN fisik dan protokol yang digunakan. Jenis koneksi WAN biasanya tergantung pada layanan yang dapat disediakan oleh penyedia WAN Anda dan juga terkait dengan jenis antarmuka fisik yang digunakan untuk menghubungkan router Anda.

Ada banyak jenis koneksi, tetapi jika memungkinkan, pilih jenis koneksi yang memungkinkan teknologi untuk mendukung kecepatan data yang lebih tinggi dan konfigurasi yang fleksibel.

Gambar di bawah ini menunjukkan struktur koneksi WAN yang umum digunakan.

Koneksi-WAN

Catatan:

  1. DTE adalah peralatan terminal data di sisi koneksi tautan WAN yang mengirim dan menerima data. DTE ini ada di samping gedung Anda dan digunakan sebagai pintu masuk antara jaringan WAN Anda dan LAN Anda. DTE ini biasanya merupakan router, tetapi komputer dan multiplexer juga dapat bertindak sebagai DTE. Secara umum, DTE adalah perangkat apa pun di sisi tempat pelanggan berkomunikasi dengan DCE di sisi lain.
  2. Titik demarkasi adalah titik demarkasi di mana kabel perusahaan telepon terhubung ke kabel di sisi pelanggan rumah. Secara umum, pelanggan bertanggung jawab atas semua peralatan di sisi anotasi dan Telkom bertanggung jawab atas semua peralatan di sisi lain anotasi.
  3. Loop lokal adalah kabel ekstensi ke kantor pusat.
  4. Kantor pusat adalah fasilitas switching yang menyediakan entri cloud WAN, titik keluar untuk panggilan masuk dan keluar, dan juga bertindak sebagai titik switching untuk mentransfer data ke kantor pusat lainnya. Kantor pusat juga menyediakan layanan seperti mengalihkan sinyal telepon yang masuk ke saluran induk. CO juga berfungsi untuk menyediakan daya DC ke loop lokal untuk membentuk sirkuit listrik.
  5. DCE adalah perangkat sirkuit pemutusan data yang berkomunikasi dengan awan DTE dan WAN. DCE biasanya merupakan router penyedia layanan yang menyampaikan data pesan antara pelanggan dan cloud WAN. DCE adalah perangkat yang menyediakan sinyal clocking ke DTE. Modem pelanggan atau CSU / DSU sering diklasifikasikan sebagai DCE. DCE mirip dengan DTE seperti router, tetapi masing-masing memiliki peran sendiri.
  6. PSE adalah sakelar packet-switched dan sakelar pada jaringan pembawa packet-switched. PSE adalah titik tengah cloud WAN.
  7. Cloud WAN adalah hierarki batang, sakelar, dan kantor pusat yang membentuk jaringan koneksi telepon. Mengapa disajikan di cloud karena struktur fisik yang berbeda dan jaringan yang berpotensi tumpang tindih dengan titik koneksi bersama?
Baca Lainnya :  Struktur Teks Eksplanasi

Standar Koneksi WAN

Koneksi standar WAN yang disarankan adalah:

  • Untuk layanan WAN yang menggunakan koneksi serial, gunakan kabel serial V.35
  • Untuk koneksi WAN yang lambat (<64 Kbps) yang umumnya dikaitkan dengan PSTN analog, gunakan kabel serial RS-232.
  • Untuk koneksi ISDN BRI, kabel UTP yang digunakan (Cat5) harus memiliki warna yang berbeda (putih atau kuning) dari kabel UTP yang biasa digunakan untuk menunjukkan bahwa kabel itu adalah koneksi WAN yang ada. Harap dicatat bahwa peralatan ISDN yang terhubung ke perangkat ISDN dapat menyebabkan kerusakan.
  • Jangan gunakan terminal adapter (TA) untuk koneksi ISDN WAN. Anda harus menggunakan router ISDN asli.
  • Semua kabel harus didokumentasikan dan diberi label dengan jelas

Ciri-Ciri Wan

Jaringan Wan memiliki fitur berikut.

  1. Jaringan Wan digunakan untuk menghubungkan jaringan yang sangat luas, karena Wan biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat yang tidak dapat terhubung melalui jaringan Lan dan Man.
  2. Wilayah Wan begitu besar sehingga operator biasanya terlibat dalam jaringan Wan. Tujuan dari menggunakan operator adalah untuk memungkinkan perangkat di jaringan Wan untuk saling berkomunikasi.
  3. Gunakan berbagai jenis koneksi serial untuk mendapatkan akses ke bandwidth di lokasi yang jauh atau besar.
  4. Anda dapat bertukar paket data atau bingkai antara router atau switch dan jaringan LAN yang dibangun.
  5. Ia bekerja pada lapisan tautan fisik dan data pada lapisan OSI.

Jenis-Jenis Koneksi Dari Protocol Wan

Koneksi ke protokol Wan saat ini umumnya dibagi menjadi tiga jenis:


  • Alat komunikasi antara penyedia dan langganan

Lased lines sering disebut sebagai koneksi point-to-point saja. Koneksi point-to-point khusus tidak memerlukan proses pengaturan panggilan untuk mulai mengirim data. Oleh karena itu, mekanisme untuk mengirim paket data adalah serial sinkron.


  • Pergantian sirkuit

Sambungan sakelar sirkit memiliki pengaturan panggilan untuk membuat sambungan sehingga data dapat dimulai. PTSN dan ISDN adalah protokol di atas WAN yang menggunakan koneksi circuit switched di jaringan publik.


  • Pergantian paket

Koneksi packet-switched memungkinkan pengguna untuk berbagi bandwidth dengan pengguna lain, membuat koneksi lebih stabil dan menyesuaikan bandwidth sesuai dengan jumlah pengguna. Packet switching adalah pengembangan koneksi Lasered Line dan sinkronisasi mekanisnya menggunakan serial sinkron.


Fungsi Jaringan Wan

Fitur jaringan Wan meliputi:


1. Hubungkan jaringan Lan dan Man ke satu jaringan

Ini adalah fitur paling penting dari jaringan Wan. Ini untuk mengintegrasikan dan menghubungkan jaringan Lan dan Man ke satu jaringan. Ini sangat berguna untuk perusahaan dengan banyak cabang di dalam dan di luar kota.


2. Membantu mempercepat berbagai proses berbagi data atau file

Berbagi data atau file dari kantor pusat ke kantor cabang di kota dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.


3. Mempercepat dan menyederhanakan komunikasi dan informasi Araus

Mendanai jaringan Wan memungkinkan perusahaan atau kantor menyederhanakan dan mempercepat distribusi berbagai informasi ke kantor cabang yang ada di luar kota, memungkinkan kantor cabang untuk meminta informasi terbaru dari kantor pusat.


4. Pembaruan data antar perusahaan atau kantor dapat dilakukan kapan saja

Anda dapat memperbarui data antar perusahaan atau kantor kapan saja dan kapan saja Anda inginkan.


5. Hemat biaya operasi

Karena lebih mudah dan lebih efisien untuk menggunakan informasi untuk mentransfer informasi, dan biaya operasi tentu saja dikurangi, adalah mungkin untuk menghemat biaya operasi untuk perusahaan dan kantor dengan mentransfer informasi menggunakan jaringan Wan. Bisa saya katakan.


Komponen WAN

Komponen-WAN

Beberapa komponen wan adalah:

Baca Lainnya :  Sistem Pakar

  • Repeater

Seperti kebanyakan sinyal listrik yang ditransmisikan melalui media, semakin jauh mereka dari pemancar, semakin lemah mereka, menyebabkan sinyal diterima secara tidak benar di lokasi tertentu. Repeater adalah perangkat jaringan yang meningkatkan sinyal yang dikirim sehingga dapat ditransfer ke komputer lain dalam jarak jauh.

Repeater bekerja pada lapisan fisik dan tidak memiliki tingkat kecerdasan untuk menentukan tujuan akhir sinyal (informasi yang dikirim). Repeater biasanya digunakan dalam topologi bus di mana sinyal diamplifikasi hanya dari satu segmen kabel ke yang lain.


  • Hub

Seperti repeater, hub hanya berfungsi untuk meningkatkan sinyal dan tidak memiliki kecerdasan untuk menentukan tujuan akhir dari informasi yang dikirim. Perbedaan dari repeater adalah mereka sering disebut repeater multi-port karena hub memiliki banyak port. Di hub, sinyal yang diterima pada port diteruskan ke semua port yang dimilikinya. Hub biasanya digunakan dalam jaringan topologi bintang.

Jaringan komputer dapat disamakan dengan jalan angkutan umum. Hub hanya memiliki satu jalur untuk semua kendaraan masuk dan keluar. Karena itu, jika Anda tidak ingin tabrakan, setiap kendaraan harus mengubah urutan menggunakan jalan tol (hub), seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2.8.

Oleh karena itu, sebuah hub dikatakan hanya memiliki satu collision domain (wadah collision) untuk semua port.
Hub hanya mendukung mode setengah dupleks karena hanya memiliki satu collision domain untuk semua port. Dalam status setengah dupleks, data hanya dikirim atau diterima secara bergantian.


  • Bridge

Ketika jumlah komputer meningkat, lalu lintas data pada jaringan meningkat, yang dapat menyebabkan masalah kemacetan jaringan. Seperti halnya jalan angkutan umum, lalu lintas semakin padat dengan bertambahnya jumlah kendaraan di jalan. Untuk mengatasi masalah ini, jalan baru dikenal sebagai jalan tol. Demikian pula, untuk mengurangi kemacetan di jaringan komputer, jaringan dibagi menjadi beberapa segmen jaringan yang lebih kecil. Perangkat jaringan yang dapat membagi jaringan menjadi dua segmen adalah jembatan.

Jembatan bekerja di lapisan tautan data sehingga dapat melihat alamat MAC. Bridge memiliki tabel terjemahan yang secara otomatis membuat daftar alamat MAC komptuers di jaringan Anda. Dengan menggunakan tabel terjemahan ini, bridge akan meneruskan data yang diterima ke alamat MAC tujuan komputer. Saat ini, penggunaan jembatan telah berkurang secara signifikan.


  • Switch

Seperti jembatan, sakelar juga berfungsi pada lapisan data tautan, sehingga sakelar sering disebut sebagai sakelar lapisan 2 (sakelar lapisan 2). Switch sebenarnya berfungsi seperti jembatan, tetapi sering disebut jembatan multiport karena memiliki banyak port.

Menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan menghubungkan komputer ke hub. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan sakelar secara langsung untuk mengganti hub.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jaringan komputer dapat disamakan dengan jalan angkutan umum. Pada sakelar, setiap port memiliki jalur terpisah. Sakelar analog memungkinkan setiap kendaraan masuk atau keluar dari jalan cabang (port) untuk memasuki jalan tol (switch) secara langsung tanpa menunggu kendaraan lain memasuki jalan cabang (port) lainnya. Setiap port pada switch memiliki collision domain sendiri, yang dikatakan secara signifikan mempercepat pengiriman data melalui jaringan. Ini merupakan keuntungan dari sakelar alih hub.


  • Router

Router sangat cerdas dan dapat mentransfer data ke alamat tujuan di berbagai jaringan. Router beroperasi pada lapisan jaringan atau lapisan 3 model OSI dan meneruskan paket data berdasarkan alamat logis seperti alamat IP. Router biasanya digunakan untuk koneksi jaringan WAN.

Untuk mempelajari tentang router, Anda harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep jaringan TCP / IP.


  • Routing switch

Apa yang sering disebut sebagai saklar perutean atau sakelar lapisan ketiga (sakelar Layer 3) adalah kombinasi dari sakelar dan router. Dengan demikian, saklar perutean memiliki semua fungsi sakelar yang dikombinasikan dengan kemampuan untuk meneruskan paket data melalui lapisan OSI ketiga berdasarkan pada alamat logis seperti alamat IP.

Baca Lainnya :  Stakeholder adalah

Routing switch adalah peralatan jaringan paling canggih saat ini, tetapi mereka juga yang paling mahal. Seperti router, mempelajari perutean rute ini membutuhkan pemahaman mendalam tentang jaringan.


  • Switch ATM

Switch ATM menyediakan transfer data kecepatan tinggi antara LAN dan WAN.


  • Modem (modulator / demodulator)

Modem mengkonversi sinyal digital dan analog. Di sisi transmisi, modem mengubah sinyal digital menjadi format yang sesuai untuk teknologi transmisi dan meneruskannya melalui fasilitas komunikasi analog atau jaringan telepon (saluran telepon umum). Pada sisi penerima, modem mengubah sinyal kembali menjadi bentuk digital.


  • CSU / DSU (Unit Layanan Saluran / Unit Layanan Data)

CSU / DSU sama dengan modem, tetapi hanya CSU / DSU yang mengirim data dalam bentuk digital melalui jaringan telepon digital. CSU / DSU adalah kotak fisik yang biasanya terdiri dari dua unit CSU atau DSU yang terpisah.


  • Multiplexer

Multiplexer mengirimkan kombinasi beberapa sinyal melalui rangkaian. Multiplexer dapat secara bersamaan (terus menerus) mentransfer banyak data seperti video, suara, dan teks.


  • Communication Server

Communication Server adalah server khusus yang disebut “dial-in / out” yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan dari lokasi yang jauh dan terhubung ke LAN.


  • Switch Relai X.25 / Frame

Beralih X.25 dan Frame Relay menggunakan sinyal digital untuk menghubungkan data lokal / pribadi melalui jaringan data. Unit ini sama dengan switch ATM, tetapi kecepatan transfer data lebih lambat dari ATM.


Protocol WAN

Protokol-WAN

Saat ini, ada beberapa protokol WAN yang menyediakan mekanisme komunikasi untuk flash data melalui WAN atau jaringan publik.

  1. Protokol HDLC (Kontrol Tautan Data Tingkat Tinggi), protokol WAN yang berfungsi pada lapisan tautan data, dan merupakan protokol HDLC untuk mengatur metode enkapsulasi data paket dalam seri sinkron. Output ISO HDLC memiliki kelemahan dalam protokol Singel, yang berarti hanya mengkomunikasikan satu protokol. Dengan HDLC, output multi-protokol CISCO memungkinkan data untuk dikomunikasikan secara bersamaan dengan banyak protokol (IP, IPX, dll.) Dan protokol yang termasuk dalam Layer 3.
  2. Protokol point-to-point (PPP) melalui tautan data yang dapat digunakan untuk komunikasi serial asinkron dan sinkron. PPP dapat diautentikasi dan multi-protokol. Protokol ini adalah pengembangan dari protokol SLIP (Serial Line Interface Protocol), yang merupakan protokol standar yang menggunakan protokol TCP / IP.
  3. Protokol X.25 adalah protokol standar yang mendefinisikan hubungan antara terminal dan jaringan packet switched. Protokol ini dirancang untuk komunikasi data analog. Artinya, proses pengiriman data harus mengikuti algoritma yang ada pada protokol X.25. Protokol ini membuat koneksi dengan membuat sirkuit virtual yang menggunakan jalur khusus di jaringan publik untuk komunikasi data antara protokol X.25.
    Protokol frame relay untuk mengirim data melalui jaringan publik. Seperti protokol x.25, Frame Relay juga menggunakan sirkuit virtual sebagai saluran komunikasi data khusus, tetapi Frame Relay lebih unggul daripada
  4. X.25, yang memiliki banyak fitur yang tersedia dalam protokol Frame Relay. Enkapsulasi paket Frame Relay menggunakan ID koneksi yang disebut DLCI (Data Link Connection Identifier). Dalam hal ini, pembuatan jalur sirkuit virtual ditandai dalam DLCI untuk koneksi antara komputer Anda sebagai simpul Frame Relay dan sakelar atau router.
  5. ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah layanan digital yang dijalankan melalui jaringan telepon. ISDN juga merupakan protokol komunikasi data yang memungkinkan transmisi paket data secara simultan dalam format teks, gambar, suara, dan video. Protokol ISDN beroperasi pada tautan data fisik. Jaringan komunikasi.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian WAN: Koneksi, Standar, Ciri, Jenis, Fungsi, Komponen dan Protocol
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi