Seni Rupa Murni

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Seni Rupa Murni?Mungkin anda pernah mendengar kata Seni Rupa Murni ? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, Ciri, Teknik, Fungsi, Jenis, Contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Seni Rupa Murni

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni merupakan sebuah seni yang dikembangkan untuk dinikmati keindahannya. Seni murni hanya mengutamakan sifat estetikanya dibandingkan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh adalah lukisan, kaligrafi, dan patung.


Ciri-Ciri Seni Rupa Murni

Berikut adalah ciri-ciri seni rupa murni antara lain yakni:


  • Hanya diperuntukkan keindahan saja.
  • Terdapat ciri khas sesuai dengan daerahnya.
  • Mempunyai sifat tradisional atau kedaerahan.
  • Adanya corak, gaya, tema dalam pembuatanya
  • Setiap Pembuatanya dapat menggambarkan sebuah ekspresi dari pembuatnya

Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Murni

Berikut adalah teknik pembuatan karya seni rupa murni antara lain sebagai berikt:


  • Teknik pahat,yaitu mengurangi bahan menggunakan alat pahat
  • Teknik butsir,yaitu membuat benda dgn mengurangi dan menambah bahan
  • Teknik Cor,yaitu dgb menbuat alat cetakan kemudian dituangkan adonan berupa semen,gips shgga menghslkan bentuk yg diinginkan
  • Teknik Las,yaitu dgn cara menggabungkan bahan satu ke bahan yang lain untuk memdapatkan bentuk tertentu
  • Teknik Cetak,Yaitu dgn cara membuat cetakan terlebih dahulu

Fungsi Seni Rupa Murni

Fungsi Seni Rupa Murni yakni sebagai hiasan atau pajangan saja yang memperindah dan mempercantik dinding maupun bagian dari rumah, kantor serta dapat menyalurkan kreatifitas seorang seniman. Adapun tujuan seni rupa murni yakni hanya berpaku pada pengindah (nilai artistik & nilai estetika) karena tidak dapat digunakan untuk mempermudah kehidupan (nilai kegunaan).

Baca Lainnya :  Hakikat Sosiologi

Jenis jenis Seni Rupa Murni Berdasarkan Bentuknya

Adapun jenis-jenis seni rupa murni berdasarkan bentuknya antara lain sebagai berikut:


1. Seni rupa 2 dimensi

Seni Rupa Dua Dimensi merupakan sebuah seni yang tersusun dari dua unsur saja, yaitu panjang dan lebar. Dikarenakan hanya tersusun dari dua unsur  maka tentu saja jenis seni rupa ini hanya bisa dilihat dari arah tertentu.

Meski demikian, untuk para seniman yang sudah ahli, karya seni rupa dua dimensi ini bisa dijadikan sebuah media untuk menaruh harta karun di dalamnya. Hal itu lantaran para seniman tersebut memberikan semua kreatifitas mereka untuk diletakkan dalam media karya seni ini yang nantinya akan mendapatkan sebuah apresiasi. Di antara contoh dari karya seni rupa murni dua dimensi adalah gambar grafis, poster, lukisan, dan lain sebagainya.


2. Seni rupa 3 dimensi

Seni Rupa Murni Tiga Dimensi merupakan bentuk seni rupa yang unsur pembentuknya terdiri dari tiga jenis. Yakni bentuk panjang, lebar dan juga tinggi. Tiga unsur tersebut kemudian akan membentuk suatu volume dan juga isi yang bisa menjadikan seni rupa murni terbaik dan terlihat indah dari segala arah. Seni rupa murni tiga dimensi ini memang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan yang dua dimensi di dalam pembuatannya.

Namun secara keindahan tentu akan memiliki kesan yang sangat indah. Ada banyak contoh dari karya seni rupa murni tiga dimensi ini, mulai dari bentuk karya seni patung, seni ukir, dan lain sebagainya.


Contoh Karya Seni rupa murni

Adapun beberapa contoh karya seni rupa murni antara lain sebagai berikut:

1. Lukisan

Lukisan mempunyai daya jual yang sangat tinggi karna mempunyai nilai keindahan dan estetika yang tinggi. lukisan juga merupakan salah satu contoh seni rupa murni dua dimensi yang dibuat dalam media lukis  seperti kertas, kanvas, dll dengan menggunakan alat lukis seperti pensil, kuas, cat, dan lain sebagainya.

Baca Lainnya :  Perumusan Pancasila

2. Grafis

Grafis merupakan salah satu seni rupa dua dimensi. Dalam pembuatannya kebanyakan menggunakan teknik cetak baik modern yang menggunakan teknologi canggih atau konvensional. Beberapa teknik itu adalah Collograph, Etsa, Monotype, Cukil kayu, Sablon dan masih banyak yang lainnya


3. Kaligrafi

Kaligrafi merupakan salah satu seni menulis dengan rangkaian kata atau kalimat indah yang ditulis pada media seperti kertas, batu, kayu dan yang lainnya. Kaligrafi pada umumnya sering menggunakan tulisan arab sebagau media tulisannya. Namun tak jarang juga ada orang yang menggunakan tulisan latin dalam media tulisannya.


4. Seni Koreografi

Seni Koreografi merupakan sebuah seni yang mengubah atau menciptakan suatu tarian atau gerakan lainnya yang utuh sehingga dapat dinikmati oleh yang melihatnya.


5. Patung

Patung merupakan salah satu contoh seni rupa murni tiga dimensi adalah patung. Dibuat dengan teknik tertentu berdasarkan alat serta media yang digunakan. Biasanya patung dicipatakan dengan cara membuat objek dari suatu bahan seperti tanah, batu alam, logam, dan masih banyak yang lainnya.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Seni Rupa Murni: Pengertian, Ciri, Teknik, Fungsi, Jenis, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya