Seni Rupa Terapan

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Seni Rupa Terapan?Mungkin anda pernah mendengar kata Seni Rupa Terapan ? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, Jenis, Ragam, Klasifikasi, Contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Seni Rupa Terapan

 

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni Rupa Terapan merupakan sebuah karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari salah satu jenis dalam seni rupa yang dimana dalam karya seni ini terkandung dua unsur estetika dan  kegunaan serta fungsi atau praktis. Namun pada penggunaan seni rupa terapan  ini lebih mengutamakan fungsi praktisnya atau kegunaannya ketimbang fungsi estetika karya seni rupa itu sendiri.


Jenis-jenis Seni Rupa Terapan

Berikut adalah jenis-jenis seni rupa terapan antara lain sebagai berikut:

1. Seni Rupa Terapan Berdasarkan Fungsi

Dalam sebuah karya seni rupa terutama karya seni terapan, memiliki beberapa fungsi yang terkandung di dalamnya. Dalam kategori karya seni terapan tersebut terdapat dua fungsi yang dapat kita ketahui yaitu sebagai berikut beserta penjelasannya:


  • Fungsi praktis atau fungsi kegunaan

Berdasarkan konsep pemenuhan praktis, seni ini memiliki fungsi sebagai pelengkap keindahan pada sebuah benda. Dalam hal ini fungsi atau kegunaan benda tersebut lebih penting daripada keindahannya.

Contohnya, ada sebuah tas memiliki banyak hiasan. Pada dasarnya yang terpenting dari tas tersebut adalah fungsinya untuk membawa barang bukan hiasannya. Namun tas tersebut rasanya tetap kurang enak dipandang dan digunakan tanpa hiasan yang diberikan. Beberapa contoh yang sering kita temui di sekitar kita adalah seperti lemari, meja, kursi, peralatan rumah tangga dan benda-benda lainnya yang sering kita gunakan.


  • Fungsi estetis atau keindahan pada karya seni

Suatu karya seni rupa tertentu pastilah mempunyai sebuah unsur keindahan tertentu. Karena unsur ini dapat menjadikan orang dapat menikmati sebuah karya seni. Selain fungsi praktis atau guna, dalam karya seni rupa terapan sendiri unsur fungsi estetis sangatlah penting.

Berdasarkan hal tersebut sangat banyak contoh dari karya seni rupa terapan yang bukan dapat dinikmati fungsi kegunaannya namun juga fungsi estetisnya. Contohnya adalah seperti kursi kayu dengan ukiran indah, lemari kayu yang diukir, dan masih banyak lagi benda-benda yang bisa kita temui di sekitar kita.

Baca Lainnya :  Koperasi adalah

2. Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuknya

  • Seni rupa dua dimensi (2D)

Dua dimensi atau yang lebih dikenal dwimatra, merupakan salah satu hasil dari karya seni rupa yang mempunyai dua unsur saja yaitu panjang dan lebar. Dalam karya seni terapan ini untuk menikmatinya hanya bisa dilakukan dari arah tertentu tergantung dari mana karya seni itu ditujukan untuk menikmatinya baik itu dari samping, dari arah depan, dari atas yang penting tetap satu arah saja untuk bisa menikmatinya. Beberapa contoh yang sering kita temui yaitu seni lukis, seni batik, seni ilustrasi, wayang kulit, sketsa, dan masih banyak contoh lainnya.


  • Seni rupa tiga dimensi (3D)

Karya seni rupa yang dikategorikan tiga dimensi atau dalam istilah seni disebut trimatra merupakan salah satu cabang karya seni yang sudah umum bagi kalangan masyarakat. Seni rupa tiga dimensi memiliki pengertian suatu karya seni rupa terapan yang mempunyai tiga unsur yang terkandung yaitu panjang, lebar dan tinggi.

Maka dari itu, berdasarkan tiga unsur yang dimilikinya itu menjadikan seni rupa tiga dimensi ini mempunyai volume atau isi yang mana dapat memudahkan karya seni ini dapat dilihat dari arah mana saja atau segala arah.


3. Jenis Seni Rupa Terapan Berdasarkan Wujudnya

Untuk kategori yang terakhir adalah karya seni rupa terapan berdasarkan wujudnya. Untuk di negara Indonesia sendiri banyak sekali penerapan karya seni terapan kategori berdasarkan wujud ini baik jika dilihat dari segi seni tradisional maupun seni modern nya.

Paling jelasnya dan banyak kita temui adalah penerapannya pada karya-karya seni yang dibuat oleh masing-masing khas daerah yang tersebar di Indonesia. Contohnya seperti rumah adat, senjata tradisional berupa keris, golok, kujang dan lain-lain, transportasi tradisional perahu dan dokar, serta juga seni kriya lainnya yang khas dari daerah masing-masing.


Ragam seni Rupa Terapan

Adapun ragam seni rupa terapan antara lain sebagai berikut:


1. Seni Kriya

Seni kriya merupakan sebuah karya seni yang dibuat menggunakan keterampilan atau skill tangan (hand skill). Karya seni satu ini selain menggunakan kecekatan dan keterampilan tangan juga membutuhkan kreativitas agar hasil jadi karya ini tetap memperlihatkan unsur atau aspek fungsional/ kegunaan namun bersamaan juga dengan aspek keindahan karya seni tersebut.

Contohnya yaitu seperti seni ukir kayu, seni pahat topeng, seni kriya logam, seni keramik, seni tekstil, seni anyaman bambu, dan beberapa lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu.


2. Seni Arsitektur (Bangunan)

Seni rupa terapan arsitektur merupakan suatu karya seni rupa dimana para seniman atau pembuat seni ini membuat suatu rancangan pembangunan ruang atau bangunan. Berdasarkan hal ini seni arsitektur sendiri sangat dibutuhkan untuk membangun dan membentuk suatu bangunan tertentu baik dengan ukuran kecil maupun besar misal rumah dan gedung. Biasanya seni asitektur banyak dipakai dalam perancangan bangunan besar seperti gedung-gedung pencakar langit, sebuah monumen, menara-menara tinggi, jembatan dan lain sebagainya. Dari seni arsitektur tersebut menjadikan segala sesuatu dalam membangun pun lebih struktural dan akan menghasilkan bangunan yang cantik dan indah pastinya.

Baca Lainnya :  Biogas adalah

Contoh hasil karya seni arsitektur : Menara Eiffel di Paris, Taj Mahal di India, Candi Borobudur di Indonesia dan masih banyak lagi lainnya yang merupakan karya seni arsitektur ini.


3. Seni Ilustrasi

Seni ilustrasi merupakan salah satu jenis karya seni yang berbentuk atau berupa suatu gambar maupun sebuah foto. Adapun beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa seni ilustrasi merupakan sebuah gambar yag mempunyai suatu fungsi guna menerangkan sebuah kejadian maupun peristiwa. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa seni ilustrasi sendiri adalah sebuah potongan gambar atau foto yang menyimpan suatu makna atau nilai tertentu di dalamnya.


4. Seni Grafis

Seni Grafis merupakan kaya yang mana pembuatannya menggunakan atau melalui proses percetakan untuk membentuk hasil karya seninya. Media yang digunakan dalam seni rupa terapan ini biasanya cukup menggunakan kertas. Pada seni grafis ini biasanya proses pencetakan menggunakan bahan cat atau lain sebagainya.

Contoh penerapannya adalah pada pensablonan baju, pembuatan banner maupun media cetak yang lainnya.


5. Seni Dekorasi

Seni Dekorasi merupakan seni dimana cara kita menghias atau memperindah suatu bangunan, benda, atau objek-objek yang lainnya sesuai selera dan harapan kita. Fungsinya pun agar kita merasa nyaman, selain fungsi kegunaan yang kita dapatkan ketika menggunakan maupun beraktivitas di ruangan tersebut.

Contohnya juga banyak sekali seperti mendekorasi kamar, menghias ruangan, dekorasi tempat pernikahan


Klasifikasi Bentuk Seni Rupa

Berikut adalah klasifikasi bentuk seni rupa terapan berdasarkan corak anatara lain sebagai berikut:


1. Bentuk Abstrak

Bentuk abstrak merupakan suatu bentuk yang bukan hasil tiruan atau pengolahan dari bentuk alam (nature) atau bentuk yang tidak sesuai dengan aslinya (tidak nyata). seperti motif tumpal, baji, kawung, meander, pilin, swastika, dan lain-lain. Bentuk abstrak terbagi atas tiga, yaitu sebagai berikut.


Bentuk abstrak murni, contohnya kursi, meja, sepatu, dan rumah.

  • Bentuk abstrak simbolis, contohnya, huruf, tanda baca, rambu-rambu lalu lintas, dan lambang-lambang.
  • Bentuk abstrak filosofis, contohnya huruf Cina.

2. Bentuk Geometris

Bentuk geometris merupakan suatu bentuk yang memiliki keteraturan, baik ukuran maupun bentuknya. Contoh bentuk geometris adalah segitiga sama sisi, segiempat, segilima, segi enam, dan lingkaran.


3. Bentuk Stilasi

Bentuk stilasi merupakan suatu bentuk dengan berbagai penggayaan/digayakan. Misalnya, motif hias geometris, flora, fauna, dan manusia.

Baca Lainnya :  Ideologi adalah

4. Bentuk Deformasi

Bentuk deformasi merupakan suatu bentuk yang telah mengalami penyederhanaan. beberapa contoh Bentuk Corak Deformasi karya senirupa terapan yang bisa anda ambil sebagai bahan referensi, silahkan klik gambar corak senirupa terapan dibawah untuk melihat yang lebih besar.


5. Bentuk Corak Visual Realistis

Bentuk visial realistis biasa juga disebut bentuk naturalistis, yaitu bentuk yang sesuai dengan aslinya.


Contoh Seni Rupa Terapan Dalam Kehidupan

1. Seni Ukir atau Seni Pahat

Seni ukir atau pahat merupakan kesenian paling kuno yang hingga saat ini masih dipertahankan. Untuk media ukir atau pahat ini biasa menggunakan batu maupun kayu. Dengan pemakaian alat khusus pahat disertai kreativitas tinggi pemahatnya akan menghasilkan karya seni yang bernilai tinggi. Contoh seni rupa ini berupa patung, relief, lemari dan kursi ukir, dan sebagainya.


2.  Peralatan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga juga bisa disebut sebagai seni rupa terapan. Contoh peralatan rumah tangga yang juga sebagai seni ini adalah seperti kursi, meja dan tempat tidur. Semua peralatan itu memiliki fungsi namun juga diperindah dengan seni untuk mempercantik rumah. Peralatan tersebut dihias dan ditata sesuai keinginan yang punya rumah.

3. Anyaman

Seni anyaman sendiri sebenarnya merupakan salah satu hasil karya seni kriya. Seni anyaman biasanya berupa atau berasal dari seni merakit serat alami tumbuhan namun kini juga biasanya memakai bahan serat sintetis. Bahan serat dari tumbuhan biasanya seperti, bambu, rotan, serabut kelapa dan akar pepohonan yang dikeringkan sebelumnya. Sedangkan untuk bahan sintetis seperti plastik atau kulit buatan.


4. Poster

Poster juga termasuk salah satu contoh dari seni rupa terapan. Meskipun bentuk poster hampir sama seperti lukisan berupa gambar dua dimensi namun poster bukan seni rupa murni yang hanya dinikmati keindahannya. Poster juga memiliki tujuan yaitu untuk mengajak atau menghimbau masyarakat luas. Tujuannya ini yang membuat poster menjadi seni rupa terapan.


5. Barang Elektronik

Barang-barang elektronik juga merupakan contoh seni ini. Contoh mudahnya saja adalah handphone atau HP. HP saat ini dirancang dengan beragam desain yang indah. Desain ini adalah bagian dari seni keindahan. Bahkan tidak jarang desain indah inilah yang membuat harga HP tersebut menjadi lebih mahal.

Itulah informasi mengenai pengertian, fungsi dan contoh seni rupa terapan yang sangat penting. Sadar akan karya seni yang ada di sekeliling kita akan membuat kita lebih menghargai sebuah seni. Menghargai sebuah karya seni adalah sebuah keharusan sebab hidup tanpa seni adalah sesuatu yang hambar.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Seni Rupa Terapan: Pengertian, Jenis, Ragam, Klasifikasi, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya