Siklus Karbon

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Siklus Karbon? Mungkin anda pernah mendengar kata Siklus Karbon? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, proses, dan sumber. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Siklus Karbon

Pengertian Siklus Karbon

Siklus Karbon merupakan proses pemanfaatan karbondioksida di udara untuk keperluan fotosintesis pada tumbuhan dan kembali pada proses pembentukan karbondioksida sebagai hasil respirasi mahluk hidup. Siklus karbon sangat berperan penting bagi kehidupan dibumi. Siklus karbon terjadi karna adanya sebuah aliran karbon yang melalui berbagai sistem dibumi ini, baik melalui tumbuhan, hewan maupun manusia yang terjadi secara alami


Proses Terjadinya Siklus Karbon

Siklus karbon berawal dengan pembentukan karbon (CO2) diudara. CO2 dapat terbentuk karena 2 hal, aktivitas organisme dan aktivitas alam. Aktivitas organisme termasuk respirasi, dekomposisi makhluk hidup yang mati, pembakaran batubara, asap pabrik, dll. Aktivitas alam meliputi erupsi vulkanik. Semua aktivitas diatas merupakan sumber CO2 di alam ini. Terlalu banyak CO2 di udara akan menyebabkan efek rumah kaca. CO2 diudara kemudian dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis. Hasil akhir proses fotosintesis adalah amilum dan Oksigen. Oksigen yang dihasilkan kemudian digunakan oleh manusia dan hewan untuk bernafas. Proses pernafasan manusia dan hewan menghasilkan H2O dan CO2. CO2 tersebut kemudian di manfaatkan oleh tumbuhan lagi. begitu seterusnya.


Sumber Penyumbang Siklus Karbon

Berikut adalah beberapa sumber penyumbang siklus karbon antara lain sebagai berikut:


1. CO2 (Karbondiokasida)

Co2 atau karbondioksida merupakan sumber energi yang berada di atmosfer berasal dari berbagai macam sumber salah satunya dari erupsi gunung berapi, kebakaran hutan, respirasi makhluk hidup dan bahan bakar fosil. Aktifitas manusia saat ini seperti dalam kegiatan industri juga menjadi penyumbang terbesar CO2 (karbondioksida) ke atmosfer.

Baca Lainnya :  Slogan adalah

2. Hewan

Hewan merupakan salah satu sumber penghasil karbon karna mendapatkan kebutuhan karbon yang berasal dari tumbuhan melalui rantai makanan. Di mulai dari herbivora yang memakan tanaman, kemudian karnivora akan memangsa herbivora, seterusnya. Jasad hewan yang sudah mati atau urine fesesnya akan hancur menjadi detritus. Kemudian detritus akan dimakan oleh Detritivor sehingga memperoleh kebutuhan karbon. Selain itu Dekomposer yaitu bakteri pengurai akan menguraikan karbon organik jasad mati sehingga menjadi karbon anorganik. Bahan anorganik akan kembali lagi ke dalam karbon organik yang sudah terurai dari jasad mati kemudian tertimbun secara terus-menerus hingga membentuk bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil ini merupakan salah satu bahan bakar yang digunakan sebagai sumber energi dalam aktivitas industri, Kendaraan bermotor, dll. Dalam pengoperasiannya saat ini, beberapa aktivitas tersebut masih menggunakan bahan fosil sebagai salah satu bahan bakar utamanya yang akan kembali lagi menghasilkan karbon.


3. Batubara

Batubara merupakan Sebagian besar batubara terbentuk sekitar 300 juta tahun yang lalu dari sisa-sisa pohon dan vegetasi lainnya. Sisa-sisa ini terperangkap di dasar rawa yang merupakan salah satu lingkungan yang sangat asam, hangat serta sedikit oksigen sehingga tertumpuk lapisan demi lapis dan menciptakan material padat yang disebut gambut. Karena gambut ini semakin terkubur di bawah tanah, suhu dan tekanan tinggi mengubahnya menjadi batubara.Batu bara termasuk dalam bahan bakar fosil yang mengandung karbon paling banyak. Saat ini lebih dari sepertiga listrik yang ada dibumi dibangkitkan dari batubara. Hal ini menjadi sumber penyumbang sekitar 37% dari emisi Karbondioaksida CO2 yang dihasilkan oleh manusia. Pemanfaatan batubara sebagai pembangkit listrikmenghasilkan gas karbondioksida yang dilepaskan ke Atmosfer. Beberapa karbon tersebut kembali mengalami siklus karbon yang mana akan dimanfaatkan alam sehingga siklus ini akan terjadi lagi berulang ulang. Sebagian karbon yang berada di atmosfer menjadi penyebab Pemanasan Global dan sebagian lain menjadi penyebab polusi udara sekaligus polusi air  yang mana hujan asam disebabkan karena banyaknya karbondioksida di udara yang dapat larut dengan air hujan.

Baca Lainnya :  Hukum Kekekalan Massa

4. Aktivitas Organisme

Respirasi mahluk hidup dekomposisi makhluk hidup yang sudah mati. Sumber karbon ternyata sangat melimpah di bumi. Respirasi yang terjadi pada makhluk hidup akan menghasilkan senyawa karbon atau CO2. Penggunaan bahan bakar fosil juga bisa menghasilkan karbon. Selain itu CO2 di udara juga dimanfaatkan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis. Adapun hasil akhir dari proses ini adalah terbentuknya amilum serta oksigen. Oksigen merupakan zat yang dihasilkan kemudian digunakan untuk bernafas bagi manusia serta hewan. Proses pernapasan pada manusia serta hewan akan menghasilkan H2 serta CO2. Selanjutnya CO2 akan dimanfaatkan oleh tumbuhan lagi, kemudian berulang kembali begitupun seterusnya. Baik fotosintesis atau respirasi serta makhluk hidup merupakan salah satu sumber terbentuknya karbondioksida atau CO2. Sedangkan tinggi rendahnya kadar CO2 serta O2 di atmosfer dipengaruhi oleh beberapa aktivitas fotosintetik. Semakin banyak populasi manusia serta hewan, maka jumlah karbon di udara juga semakin meningkat.  Menanam tumbuh-tumbuhan penghasil oksigen merupakan salah satu cara untuk menjaga karbondioksida di udara.


Sumber Karbon

Sumber karbon terdiri dari dua macam yaitu sumber organik dan anorganik. Sumber organik karbon terbesar berasal dari batu bara, tanah gambut, minyak bumi, dan klatrat metana. Sementara sumber anorganik karbon terbesar berasal dari batu kapur, dolomit, dan karbondioksida.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Siklus Karbon: Pengertian, Proses, Dan Sumber
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya