Software adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Software? Mungkin anda pernah mendengar kata Software?  Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, komponen, jenis, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Software adalah

Pengertian Software

Software merupakan suatu perangkat lunak yang terdapat pada sebuah komputer dimana berupa data yang diprogram dan disimpan secara digital yang tidak terlihat secara fisik tetapi terdapat dalam komputer. Software atau perangkat lunak dapat berupa program atau menjalan suatu perintah atau intruksi yang dengan melalui software (perangkat lunak) komputer dapat beroperasi atau menjalankan suatu perintah. Software juga dapat dikatakan adalah penggerak dan pengontrol hardware (perangkat keras). Sebuah software atau perangkat lunak sangat penting karna sebagai jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware sehingga dapat melakukan suatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa menjalankan perintah apapun dari user.


Fungsi Software

Berikut adalah beberapa fungsi software antara lain sebagai berikut:


  1. Software menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang dapat dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung.
  2. Software berfungsi dalam mengatur berbagai hardware untuk bekerja secara bersama-sama.
  3. Sebagai penghubung antara software-software yang lain dengan hardware .
  4. Sebagai penerjemah terhadap software-software lain dalam setiap instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat di terima oleh hardware.
  5. Mengidentifikasi program.

Komponen Software Pada Komputer

Berikut adalah komponen software pada komputer antara lain yakni:


1. Sistem Operasi 

Merupakan software yang pertama kali akan dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer dan merupakan komponen utama dalam sebuah system software. Macam-macam Softwarre : DOS, WINDOWS, LINUX, NOVELL,SUNSOFT, UNIX, dll. Macam-macam OS Windows : Windows 3.11, windows 98, windows ME,windows 95, windows 2000, windows 2005,windows 2000 server, windows XP, windows 8, windows vista, windows 2010, windows 2013 , dan masih banyak lagi. Macam-macam OS Linux : Ubuntu, Mikrotik, Debian, Reolhal, Suse, dll.

2. Program tambahan/Program bantu (Utility)

Program bantu (Utility) merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu misalnya pemeriksaan perangkat keras disket yang rusak, mengatur isi ulang harddisk (partisi, defrag). Contoh Utility adalah Norton Utility.

3. Bahasa  Computer (Bahasa Pemograman)

Bahasa komputer merupakan bahsa yang digunakan untuk membuat program komputer. Disebut bahasa komputer karena memiliki kosa kata dan tata bahasa yang harus di taati oleh pemakainya.

a. Low Level Language (Bahasa tingkat rendah)

Merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahsa mesin, dan assembly language.

b. High Level Language(Bahasa tingkat tinggi)

Merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh : Cobol, Pascal, Database, Visual Basic, C++, Fortron, dll.

4. Program Aplikasi 

Merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan karena kebutuhan penggunanya.

Adapun Jenis-jenis program aplikasi dapat dibedakan menjadi :

  • Word Processing merupakan suatu program yang digunakan untuk menyunting sebuah naskah. Contoh: microsoft word, word star, word pad, Kward, Abi word, notepad
  • Program Spreadsheet merupakan suatu program yang dipakai dalam mengolah data secara berkolom. Contoh: microsoft exel, lotus 123, lotus improv, simponi
  • Program aplikasi pengolah presentasi merupakan suatu pogram aplikasi yang dipakai untu membuat rancangan presentasi berupa slide yang digunakan untuk mempresentasikan sesuatu dalam suatu pertemuan. Contoh: Microsoft Power Point, Open Office Impress, Kpresenter, iWork KeyNote
  • Program aplikasi multimedia merupakan suatu software yang dipakai untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti audio ataupun video atau juga gambar. Contoh : windows media player, winamp, DVD player, GOM
  • Program aplikasi desain grafis merupakan suatu program yang berfungsi untuk membuat atau merancang bangunan sebuah benda yang berbentuk ruangan gedung, peta kota, dan masih banyak lagi. Contoh: photoshop, photo paint, corel draw, picasa, dll.
  • Antivirus merupakan suatu program yang berfungsi untuk mendeteksi sekaligus menghilangkan virus yang ada atau tertular di dalam komputer yang sedang dipakai.Contoh: Avas, Avira, Smadav, Kospersky, Norton Antivirus, AVG Free, MCA Free, PCMAV, Norton Internet Security, Norton 360, Nod 32, dan yang lainnya.

Jenis-Jenis Software

Berikut adalah beberapa jenis- jenis software antara lain sebagai berikut:

Baca Lainnya :  Urbanisasi Adalah

1. Software Berdasarkan Jenisnya

  • Application Program (Program Aplikasi) merupakan suatu perangkat lunak yang memiliki fungsi tertentu, misalnya software untuk presentasi, software akuntansi, dan lain sebagainya. Beberapa contoh Program Aplikasi adalah: MS Office (Ms Word, Ms Excell, Ms Power Point dll), Software Grafis (Adobe Photoshope, Corel Draw, Autocad dll)
  • Operating System (sistem operasi) merupakan suatu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Beberapa contoh operating sistem adalah: Windows, Linux, UNIX, DOS.
  • Programming Language (Bahasa Pemrograman) merupakan suatu perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemberi instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer (computer application program). Beberapa contoh Bahasa Pemrograman adalah; PHP, Java, Microsoft Visual Basic.
  • Software Program merupakan jenis software yang berfungsi untuk membuat aplikasi-aplikasi program (Membuat Program baru) seperti program Games, Program data Base, Program Web dll, Contoh Software Program : Visual Basic, Cobol, C++, Program PHP dll
  • Software Driver merupakan sebuah program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
  • Media player merupakan jenis software yang berupa pengembangan software media lainnya. Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.

2. Software berdasarkan Macam-Macamnya

  • Freeware merupakan software gratis yang memiliki hak cipta, namun bagi pengguna yang ingin menggunakan software tersebut, dapat di unduh secara gratis dan tanpa batasan waktu.
  • Adware merupakan software yang bisa didapatkan dan digunakan secara gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul di komputer user.
  • Malware merupakan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memata-matai segala aktivitas pengguna komputer. Biasanya software jenis ini banyak disalahgunakan, misalnya untuk mencuri data dari komputer lain.
  • Shareware merupakan software dimana piranti lunak untuk keperluan tertentu yang dibagikan secara gratis, biasanya sebagai demonstrasi dengan fitur terbatas dan penggunaannya untuk waktu terbatas (misalnya 30 hari).
  • Open Source Software merupakan software yang kode sumbernya dapat dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan. Biasanya software jesni ini dapat diperoleh secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan lisensi GPL (General Public License).

Contoh Software

Berikut adalah beberapa contoh software antara lain sebagai berikut:

Baca Lainnya :  Puasa adalah

  1. Google chrome  memiliki fungsi yaitu untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet.
  2. Mozila firefox  memiliki fungsi yaitu untuk masuk ke jaringan online.
  3. Microsoft office word  memiliki fungsi yaitu untuk mengedit atau mengetik sebuah dokumen.
  4. Microsoft office powerpoint  memiliki fungsi yaitu untuk membuat suatu presentasi, membuat video, mengedit foto, dan lain-lain.
  5. Microsoft excell fungsinya kurang lebih sama dengan microsoft word untuk membuat atau mengedit sebuah dokumen.
  6. Format factory  memiliki fungsi yaitu untuk mengubah format pada foto, video atau musik/lagu.
  7. VCL media player  memiliki fungsi yaitu untuk memutar video/film.
  8. AIMP3 memiliki fungsi yaitu untuk memutar musik/lagu.
  9. Faststone capture  memiliki fungsi yaitu untuk mengubah, mengedit, atau memotong gambar.
  10. Recyle bin  memiliki fungsi yaitu untuk melihat atau mengambil file yang sudah dihapus.
  11. Coreldraw  memiliki fungsi yaitu untuk membuat, mengedit dan membuat gambar.
  12. Photoshop  memiliki fungsi yaitu untuk mengedit foto/gambar.
  13. Opera mini  memiliki fungsi yaitu untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet.
  14. Java  memiliki fungsi yaitu untuk mencari aplikasi atau game.
  15. Ccleaner  memiliki fungsi yaitu untuk membersihkan atau menghapus data yang tidak perlu.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Software adalah: Pengertian, Fungsi, Komponen, Jenis, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswa