Teknologi Informasi

Diposting pada

Selamat datang di PakDosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Teknologi Informasi? Mungkin anda pernah mendengar kata Teknologi Informasi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, pengertian menurut para ahli, komponen, fungsi, tujuan, manfaat, dampak, keuntungan, kerugian, peran dan prinsip. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Teknologi Informasi: Pengertian, Komponen, Fungsi, Tujuan dan Manfaat

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi ialah Kata umum apa pun yang mendukung manusia dalam melakukan, mengamankan, menghubungkan dan mendistribusikan informasi. Pengertian lain dari teknologi informasi ialah sebuah mencari ilmu pemrograman, aplikasi, pembangunan, bantuan dan pengelolaan sistem informasi berbasis komputer, selanjutnya mengimplementasikan pada perangkat keras dan perangkat lunak.


Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli tentang teknologi informasi, yakni sebagai berikut:

1. Menurut Haag dan Keen

Teknologi informasi sebagai seperangkat alat yang membantu Anda untuk bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.


2. Menurut Martin

Teknologi Informasi yang tidak hanya terbatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.


3. Menurut Mc Keown

Teknologi Informasi merupakan merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah, dan untuk menggunakan informasi tersebut dalam segala bentuknya.


4. Menurut Willams dan Sawyer

Teknologi Informasi merupakan teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.


5. Menurut Kenneth C.Loudon

Teknologi Informasi merupakan salah satu alat yang digunakan para manajer untuk mengatasi perubahan yang terjadi.


6. Menurut Martin, Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins

Teknologi Informasi merupakan kombinasi teknologi komputer yang terdiri dari perangkat keras dan lunak untuk mengolah dan menyimpan informasi dengan teknologi komunikasi untuk melakukan penyaluran informasi.

Baca Lainnya :  Wawasan Nusantara

Komponen-Komponen Teknologi Informasi

Berikut ini terdapat beberapa komponen dalam teknologi informasi, yakni sebagai berikut:

  • Perangkat Keras
  • Perangkat Lunak
  • Perangkat Kecerdasan Buatan yang dipunyai oleh Manusia
  • Bahan, informasi dan keahlian

Fungsi Teknologi Informasi

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dalam teknologi informasi, yakni sebagai berikut:

  • Menangkap (Capture)

Menangkap (Capture) ialah fungsi teknologi infomasi buat menangkap sebuah informasi.


  • Pengolahan (Processing)

Pengolahan (Processing) ialah fungsi teknologi infomasi buat pengolahan sebuah bahan atau data masukan yang diterima buat sebagai suatu informasi.


  • Menghasilkan (Generating)

Menghasilkan (Generating) ialah fungsi teknologi infomasi buat memperoleh maupun menghasilkan sebuah jaringan informasi dengan pola yang berguna.


  • Toko (Store)

Toko (Store) ialah fungsi teknologi infomasi buat mencatat maupun mendokumentasikan data dan informasi ke dalam perangkat, contohnya: hardisk, disket maupun flashdisk.


  • Ambil (Retrieve)

Ambil (Retrieve) ialah fungsi teknologi infomasi buat mencari, memperoleh kembali informasi dan memindahkan data serta informasi yang telah terdokumentasikan.


  • Transmisi

Transmisi ialah fungsi teknologi infomasi buat mentransfer data dan informasi dari suatu tempat ke tempat yang lain mengarah jaringan komputer.


Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan Teknologi Informasi ialah untuk mengatasi suatu problem, memulai produktivitas, menumbuhkan daya guna dan kemampuan dalam melaksanakan aktivitas. Jadi bisa dikatakan bahwa menginginkan sebuah mengatasi suatu problem, menyediakan daya guna dan kemampuan dalam melaksanakan aktivitas, menjadi pemicu ataupun pencetus diciptakannya teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi menciptakan pekerjaan manusia menjadi lebih ringan dan ekonomis.


Manfaat Teknologi Informasi

Berikut ini terdapat beberapa manfaat dalam teknologi informasi, yakni sebagai berikut:

1. Dalam Pendidikan

Keahlian siswa-siswi ingin mencari ilmu untuk dapat lebih efektif. Komputer ialah fasilitas yang bisa meringankan siswa-siswi untuk mengerjakan kreatifitasnya.


2. Dalam Bidang Industri dan Manufaktur

Bisa membuat menciptakan produk yang akan diterbitkan pada suatu industri juga bisa mengawasi mesin produk dengan kecermatan yang maksimum.


3. Dalam Bidang Bisnis Dan Perbankan

Bisa meringankan penyimpan data yang lebih terjaga dan aman. Bisa berfungsi kembali dalam aktivitas bertransaksi.


4. Dalam Bidang Kemiliteran

Bisa sebagai navigasi kapal selam. Bisa mengemudikan pesawat luar angkasa baik dengan mengoperasikan maupun tanpa mengoperasikan.


5. Dalam Bidang Pemerintahan

Bisa mengatur data dan imformasi yang dipenyediakan untuk keinginan masyarakat dan bisa menumbuhkan jalinan antara pemerintahan dan masyarakat.


Dampak Perkembangan Teknologi Informasi

Berikut ini adalah dampak perkembangan teknologi informasi yaitu:

  • Dampak Positif

Berikut ini beberapa hal yang menjadi dampak positif Teknologi Informasi antara lain:

  1. Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang kita butuhkan.
  2. Mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi.
  3. Mempermudah transaksi perusahaan atau perseorangan untuk kepentingan bisnis.
  4. Mempermudah penyelesaian tugas-tugas atau pekerjaan.
  5. Mempermudah proses komunikasi tidak terhalang waktu dan tempat.
  6. Banyaknya penggunaan teknologi informasi membuka lowongan kerja IT atau jenis lowongan pekerjaan baru lainnya.
Baca Lainnya :  Pengertian Rasio Keuangan

  • Dampak Negatif

Sementara itu dampak negatif Teknologi Informasi antara lain:

  • Pornografi menjadi hal yang biasa karena mudah diakses.
  • Kemudahan transaksi memicu munculnya bisnis-bisnis terlarang seperti narkoba dan produk black market atau ilegal.
  • Para penipu dan penjahat bermunculan terutama dalam kasus transaksi online.
  • Munculnya budaya plagiarisme atau penjiplakan hasil karya orang lain.

Keuntungan dan Kerugian Teknologi Informasi

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian teknologi informasi dalam bidang pendidikan yaitu:

1. Keuntungan

  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
  2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.

2. Kerugian

  • Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
  • Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
  • Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).

Peran Teknologi Informasi

Peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari sangat penting. Karena perkembangan teknologi sudah semakin pesat sehingga kebutuhan manusia akan teknologi juga semakin banyak. Salah satu saat ini yang memanfaatkan teknologi informasi adalah perusahaan. Penggunaan IT dalam sebuah organisasi sangatlah penting, untuk menerapkan IT haruslah dilihat karakteristik organisasi tersebut. Apakah dengan IT mampu meningkatkan efisiensi sebuah perusahaan, sehingga dalam penerapan IT dibutuhkan orang yang handal yang dapat berjalan dengan baik. Ada 5 peranan mendasar teknologi informasi di sebuah perusahaan, yaitu:

  • Fungsi Operasional

Akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya olehteknologi informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure.


  • Fungsi Monitoring and Control

Mengandung arti bahwa keberadaan teknologi informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di levelmanajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.

Baca Lainnya :  Word of Mouth

  • Fungsi Planning and Decision

Mengangkat teknologi informasi ke tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya. Tidak jarang perusahaan yang pada akhirnya memilih menempatkan unit teknologi informasi sebagai bagian dari fungsi perencanaan dan/atau pengembangan korporat karena fungsi strategis tersebut di atas.


  • Fungsi Communication

Secara prinsip termasuk ke dalamfirm infrastructure dalam era organisasi moderen dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.


  • Fungsi Interorganisational

Merupakan sebuah peranan yang cukup unik karena dipicu oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain. Konsep kemitraan strategis ataupartnerships berbasis teknologi informasi seperti pada implementasi Supply Chain Management atau Enterprise Resource Planning membuat perusahaan melakukan sejumlah terobosan penting dalam mendesain struktur organisasi unit teknologi informasinya. Bahkan tidak jarang ditemui perusahaan yang cenderung melakukan kegiatan pengalihdayaan atau outsourcing sejumlah proses bisnis terkait dengan manajemen teknologi informasinya ke pihak lain demi kelancaran bisnisnya. Tipe dan fungsi peranan teknologi informasi ini secara langsung akan berpengaruh terhadap rancangan atau desain struktur organisasi perusahaan; dan struktur organisasi departemen, divisi, atau unit terkait dengan sistem informasi, teknologi informasi, dan manajemen informasi.


Prinsip Teknologi Informasi

Berikut ini adalah prinsip teknologi informasi yaitu:

High-Tech-High-Touch

Penjelasan:

High tech adalah pikiran manusia ke depan dengan perantaraan teknologi dengan melupakan tradisi kemanusiaan atau yang sudah dicapai sebelumnya. High touch adalah perkembangan manusia yang mengesampingkan teknologi. Sedangkan High tech high touch adalah merangkul teknologi yang memelihara kemanusiaan kita dan menolak teknologi yang merasuki kemanusiaan kita. Dengan kata lain, High tech high touch adalah usaha sadar memilih, memanfaatkan teknologi tatkala ia menambahkan nilai pada kehidupan manusia. High tech telah mengantarkan manusia pada kehampaan spiritual yang mencemaskan. Bahkan teknologi telah “didewakan” atau “dipertuhankan” untuk kemudian dijadikan indikator kemajuan, penilaian atau pun “nyawa” perilaku manusia.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Teknologi Informasi: Pengertian, Pengertian Menurut Para Ahli, Komponen, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Dampak, Keuntungan, Kerugian, Peran dan Prinsip Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.