Varises adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Varises? Mungkin anda pernah mendengar kata Varises? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, faktor, cara mencegah dan menghilangkanya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Varises adalah

Pengertian Varises

Varises merupakan suatu pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut. Varises ditandai dengan pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau menonjol. Secara umum varises sering terjadi di kaki (terutama betis) karena tekanan yang besar saat kita berdiri atau berjalan. Varises dikaitkan dengan melemahnya katup dan vena pada area yang sakit. Di bagian dalam vena terdapat katup satu arah berukuran kecil yang memungkinkan darah mengalir melewatinya, namun juga berperan untuk mencegah aliran darah berbalik arah. Terkadang, katup-katup ini melemah akibat peregangan yang berlebihan atau penurunan kelenturan, yang menyebabkan kebocoran aliran darah serta darah yang mengalir berbalik arah. Peristiwa ini dapat menyebabkan akumulasi darah pada vena yang membuatnya membengkak dan membesar.


Ciri-Ciri Varises

Berikut adalah beberapa ciri-ciri varises diantaranya yakni:


  • Ditandai dengan pembuluh darah yang terlihat dibawah permukaan kulit, umumnya di daerah kaki, dengan ukuran yg cukup besar berwarna biru atau ungu, dan dapat terbelit
  • Merasakan rasa nyeri pada daerah pembesaran pembuluh darah
  • Kaki terasa kram atau berdenyut, terutama malam hari
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
  • Di bagian yang terkena kulit terasa tipis dan gatal
  • Adanya perubahan warna disekitar bagian yang terkena
Baca Lainnya :  Ekosistem Pantai

Faktor Penyebab Varises

Berikut adalah beberapa faktor penyebab terjadinya varises diantaranya yaitu:


1. Kehamilan

Semakin besar ukuran janin, maka semakin besar tekanan pada vena maternal, terutama pada vena di sekitar daerah pelvis. Selain itu, pertambahan jumlah darah pada tubuh ibu juga meningkatkan tekanan pada pembuluh vena. Peningkatan hormon yang terjadi saat hamil turut menyebabkan relaksasi pada lapisan muskular dinding pembuluh darah. Hal inilah yang menjadi penyebab seringnya terjadi varises pada ibu hamil. Umumnya, varises akan membaik dalam 3-12 bulan setelah persalinan.


2. Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Biasanya orang yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih sangat rentan terkena varises hal ini biasanya dikarnakan peningkatan tekanan pada pembuluh vena, sehingga orang memiliki kondisi tersebut semakin rentan terhadap varises.


3. Kurang Gerak

Terlalu banyak berdiri atau duduk, terutama dengan kaki menekuk atau disilangkan, dapat menjadi penyebab varises. Mempertahankan satu posisi dalam waktu lama memaksa katup vena untuk bekerja lebih keras dalam memompa aliran darah menuju jantung.


4. Riwayat Keluarga

Jika anggota keluarga Anda ada yang mengalami varises, maka besar kemungkinan Anda dapat mengalami varises di kemudian hari. Separuh dari penderita varises memiliki riwayat varises dalam keluarganya.


5. Usia Tua

Serupa dengan organ tubuh lainnya, fungsi katup vena semakin melemah seiring pertambahan usia. Semakin tua seseorang, maka semakin rentan mereka terhadap varises. Pada umumnya terjadi pada usia 50 tahun ke atas.


6. Jenis Kelamin

Perempuan memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita varises dibandingkan pria. Risiko ini dikaitkan dengan perubahan hormonal yang terjadi selama pubertas, kehamilan, dan menopause. Konsumsi dari pil hormonal (pil KB) juga dapat meningkatkan risiko terjadinya varises. Hormon perempuan menyebabkan relaksasi pada dinding pembuluh vena, sehingga katup menjadi lebih lemah.

Baca Lainnya :  Pengertian Guru

Cara Mencegah Varises

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah varises diantaranya yakni:


  • Lakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan kekuatan otot kaki dan melancarkan peredaran darah.
  • Hindari untuk terlalu lama berada pada posisi tertentu seperti berdiri atau duduk yang terlalu lama.
  • Usahakan untuk menghindari penggunaan pakaian sempit atau ketat pada bagian pinggang, paha, dan kaki.
  • Hindari pemakaian sepatu tinggi atau hils.
  • Usahakan untuk mencapai berat badan yang ideal.
  • Kurangi konsumsi garam untuk menghindari pembengkakan.
  • Berolah raga tau latihan fisik tertentu untuk melancarkan aliran darah
  • Tinggikan posisi kaki saat berbaring dengan ganjalan bantal agar aliran darah kembali kejantung
  • Berhenti merokok karena dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah.

Cara Menghilangkan Varises

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan varises antara lain sebagai berikut:


1. Cara Menghilangkan Varises Secara Medis

  • Operasi Laser Jika Anda memiliki varises dalam bentuk yang kecil, maka cara operasi laser dapat menjadi pilihan. Cara menghilangkan varises jenis ini tidak membutuhkan pemotongan vena. Selain nihil luka, operasi laser juga tidak melibatkan suntikan bahan kimia ke dalam tubuh. Yang dibutuhkan hanya cahaya dengan kekuatan tertentu sehingga membuat varises mengecil.
  • Bedah endoskopi vena ini adalah cara menghilangkan varises yang sudah parah dan telah menyebabkan luka. Operasi ini diawali dengan membuat sayatan kecil di dekat vena yang terkena varises. Kemudian dimasukkan tabung kecil dengan kamera di ujungnya. Sementara perangkat bedah untuk menutup luka dan varises, terdapat pada ujung tabung yang lain. Mereka yang menjalani prosedur ini akan bisa beraktivitas seperti sedia kala setelah beberapa minggu.
  • Mikroskleroterapi untuk varises yang sangat kecil atau sedang, maka cara menanganinya bisa dengan teknik mikroskleroterapi. Jarum yang sangat tipis akan disuntikkan ke vena, untuk memasukkan cairan kimia dalam dosis kecil. Cairan kimia tersebut akan menimbulkan jaringan parut dalam pembuluh darah sehingga menutup varises. Cara menghilangkan varises ini mungkin perlu dilakukan beberapa kali hingga mencapai hasil yang diinginkan.

2. Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

  • Kacang hijau ternyata air rebusan kacang hijau juga bermanfaat untuk mengatasi varises. Caranya rebus segenggam kacang hijau dalam dua gelas air, lalu minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari. Lakukan secara teratur agar varises cepat hilang.
  • Es batu Es batu berfungsi untuk mengatasi varises dengan cara membasahi handuk atau kain yang lembut dengan air dingin. Kompres pada area yang terkena varises. Lakuakan setiap hari kira-kira 20 menit. Varises bisa cepat hilang.
  • Jeruk nipis untuk penyembuhan varises dengan jeruk nipis tidak bisa instan. Cara yang dilakukan adalah siapkan 2 butir jeruk nipis, dibelah menjadi dua bagian dan usapkan pada bagian yang terkena varises. Lakukan hal ini setiap pagi dan malam hari.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Varises adalah: Pengertian, Ciri, Faktor, Cara Mencegah Dan Menghilangkanya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya