Worm Komputer

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Worm Komputer? Mungkin anda pernah mendengar kata Worm Komputer? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, cara kerja, efek, cara mencegah, karakteristik, komponen, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Worm Komputer

PengertianWorm Komputer

Worm Komputer merupakan sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Pada halnya worm komputer juga termasuk dalam program yang berukuran kecil yang dapat berjalan pada sebuah sistem operasi komputer ataupun sistem jaringan komputer, worm komputer memiliki kemampuan untuk mengembangbiakkan dirinya sendiri pada kedua sistem tersebut. Worm Komputer biasanya menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability.

Secara umum worm komputer tumbuh dan menyebar dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan yang dapat merusak berkas, mencuri dokumen, e-mail, download, browsing atau Bluetooth. Atau melakukan hal lainnya yang merusak, atau hanya menjadikan sistem terinfeksi yang sifatnya merusak.


Cara Kerja Worm Komputer

Worm tidak memiliki kemampuan merusak sistem, worm tidak dapat merusak data atau file sistem. Worm bertingkah hanya sebagai parasit yang tidak secara langsung merusak sistem komputer. Ketika worm dibiarkan maka lambat-laun komputer pun akan mengalami penurunan dalam hal kinerja, bahkan karena terus menerus memaksa komputer untuk bekerja ekstra, maka komputer pun akan mengalami kerusakan.

Baca Lainnya :  Majas adalah

Apabila virus butuh campur tangan user untuk menyebar pada sebuah sistem dengan cara menjalankan program atau aplikasi yang sudah terinfeksi/terjangkiti virus, maka worm tidak butuh campur tangan user. Worm hanya memanfaatkan jaringan komputer untuk menyusup ke komputer lain yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Apabila virus dapat menginfeksi berkas atau file-file dalam sebuah sistem komputer, maka worm dapat melakukan itu dengan lebih baik. Selain dapat menyebar dalam sebuah sistem, worm juga menyebar ke banyak sistem melalui jaringan yang terhubung dengan sistem yang sudah terinfeksi. Beberapa worm juga bisa mencakup kode-kode virus yang bisa saja merusak berkas, mencuri dokumen, e-mail atau melakukan yang lain yang sifatnya merusak.


Efek Yang Ditimbulkan Worm Komputer

Biasanya apabila sebuah sistem komputer atau sistem jaringan komputer terinfeksi worm komputer, maka komputer terasa lambat karena seolah komputer sedang melakukan aktivitas berat. Dan jika sebuah sistem jaringan komputer yang disusupi, maka akan terasa lambat konektivitas jaringannya karena worm bekerja memenuhi akses jaringan tersebut.


Cara Mencegah Worm Komputer

Biasanya cara yang efektif untuk mencegah worm komputer masuk ke sistem komputer atau jaringan komputer yaitu dengan cara selalu mengupdate sistem operasi komputer dengan versi terbaru. Dalam mengupdate sistem operasi biasanya sudah tersedia oleh pengembang sistem oerapsi seperti windows atau mac. Dengan cara mengupdate service pack dari sistem operasi otomatis akan menutupi celah-celah keamanan yang berpotensi dimasuki oleh worm komputer. Cara ini adalah cara yang paling ampuh dalam mengatasi atau menangkal masuknya worm komputer.

Jika komputer telah terjangkit program worm maka yang perlu kita lakukan ialah memindainya dengan menggunakan anti-virus yang telah mampu untuk mendeteksi keberadaan worm. Kebanyakan anti-virus saat ini telah mendukung pembasmian worm, contoh anti virus yang bisa menghilangkan worm diantaranya: AVG, Avira, Kaspersky, Symantec dan masih banyak yang lainnya.

Baca Lainnya :  Animasi Adalah

Karakteristik Worm Komputer

Berikut adalah beberapa karakteristik worm komputer antara lain yakni:


1. Kemampuan dalam Mengadakan Manipulasi

Biasanya manipulasi yang dilakukan oleh worm supaya dapat bertahan hidup, worm cenderung mengadakan manipulasi  pada registry agar worm bisa tetap aktif saat komputer dijalankan, bahkan memanipulasi registry milik suatu anti virus agar tidak mengganggu daur hidup worm itu sendiri , namun memungkinkan saja worm bisa mengadakan manipulasi yang terlepas dari tujuan tadi, seperti menyembunyikan partisi hardisk dll.


2. Kemampuan dalam Mendapatkan Informasi

Secara umum worm yang baik harus bisa mendapatkan informasi yang ia butuhkan seperti jenis sistem operasi yang digunakan, derektori root, direktori system, bahkan worm secara umum memeriksa suatu system apakah terpasang antivirus atau tidak, lebih jauh lagi worm akan mengnali anti virus yang terpasang atau tidak.


3. Kemampuan dalam Menyembunyikan Diri

Biasanya worm menyembunyikan diri supaya dapat bertahan pada suatu system,  hal ini biasanya di lakukan dengan tidak menampilkan sesuatu saat wor di esekusi  baik secara audio maupun secara visual bahkan menyembunyikan diri dari taskbar bahkan jendela tasklist.


Komponen Worm Komputer

Adapun beberapa komponen worm komputer antara lain sebagai berikut:


1. Propagation Phase ( Fase Penyebaran)

Biasanya pada fase ini worm akan membuat salinan dirinya sendiri ke suatu tempat baik pada media penyimpanan  tetap  ( Hardisk ) ataupun media penyimpanan yang bisa di pindahkan ( Removable Disk) seperti Flashdisk, Hardisk External, adapun penyebaranya dapat di lakukan melalui system local maupun jaringan, ataupun internet.


2. Dormant Phase  ( Fase istirahat)

Dalam fase ini worm tidaklah aktif , worm tidak aktif pada kondisi tertentu misalnya, tanggal yang ditentukan, kehadiran program lain, dan sebagainya, akan tetapi tidak semua worm melalui tahap ini.

Baca Lainnya :  Pengertian Ekspektasi

3. Trigerring Phase ( Fase Aktif)

Pada Fase Ini worm tersebut aktif dan menetap pada memory, hal ini tergantung dengan metode launcer yang memicu worm itu sendiri.


4. Execution Phase (Fase Eksekusi)

Fase ini worm yang telah aktif akan menjalankan fungsinya seperti menghapus file , menampilkan pesan-pesan dan sebagainya.


Contoh Worm Komputer

Berikut adalah contoh worm komputer antara lain yaitu:


  1. ADMworm
    ADM Worm merupakan jenis worm komputer yang bisa melakukan eksplotitasi terhadap layanan jaringan BIND (Berkeley Internet Name Domain) yaitu dengan melakukan buffer-overflow
  2. Code Red
    Code Red merupakan jenis worm komputer yang bisa melakukan eksploitasi layanan IIS (Internet Information Services) versi 4 dan versi 5 dengan cara yang sama yaitu buffer-overflow
  3. LoveLetter
    LoveLetter merupakan jenis worm komputer yang penyebarannya dengan cara mengirimkan dirinya melalui e-mail kepada semua akun e-mail yang terdaftar dalam buku alamat (addres book) Microsoft Outlook Express/daftar kontak dalam Microsoft Outlook dengan menggunakan kode VBScript (Visual Basic Script)

Demikian Penjelasan Materi Tentang Worm Komputer: Pengertian, Cara Kerja, Efek, Cara Mencegah, Karakteristik, Komponen, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya